oleh

Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara (Saya Cinta Indonesia)

-Terbaru-Telah Dibaca : 356 Orang

Halo para pembaca!

Dalam tulisan ini saya akan menulis mengenai tanggung jawab kita sebagai warga negara. sebelum membahas lebih lanjut mengenai tanggung jawab kita harus tahu dulu definisi dari warga negara.

Apa sih yang dimaksud dengan warga negara?

Warga negara adalah anggota dari sekelompok manusia yang hidup dan tinggal di suatu wilayah hukum tertentu.Warga negara harus patuh dan taat pada peraturan yang berlaku di negaranya dengan melaksanakan aturan dengan baik dan bertanggung jawab.

Apa itu tanggung jawab?

Pengertian tanggung jawab menurut :

  1. Ridwan Halim ( 1998 ) tanggung jawab sebagai suatu akibat lebih lanjut dari pelaksanaan peranan, baik peranan itu merupakan hak maupun kewajiban ataupun kekuasaan.
  2. Purbacaraka ( 1998 ) tanggung jawab lahir atas penggunaan fasilitas dalam penerapan kemampuan tiap orang untuk menggunakan hak dan melaksanakan kewajibannya.

Sebagai warga negara Indonesia kita mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipatuhi dan dilaksanakan. Hak yang diperoleh ini merupakan akibat dari terpenuhinya kewajiban oleh seorang warga negara, sementara itu kewajiban warga negara secara sederhana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang warga negara dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.  Hak dan kewajiban warga negara itu sebagai berikut :

8 Kewajiban warga negara Indonesia :

  1. Mematuhi peraturan perundangan
  2. Menghargai hak orang lain
  3. Memiliki informasi dan perhatian terhadap kebutuhan–kebutuhan masyarakatnya
  4. Melakukan kontrol terhadap para pemimpin dalam melakukan tugas–tugasnya
  5. Melakukan komuniksai dengan para wakil di sekolah, pemerintah lokal dan pemerintah nasional
  6. Membayar pajak
  7. Menjadi saksi di pengadilan
  8. Bersedia untuk mengikuti wajib militer dan lain–lain.

 Hak Warga Negara Indonesia, anatara lain :

  1. Hak untuk menjadi warga negara (pasal 26)
  2. Hak atas kedudukan yang sama dalam hukum (pasal 27 ayat 1)
  3. Hak atas persamaan kedudukan dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1)
  4. Hak atas penghidupan yang layak (pasal 27 ayat 2)
  5. Hak bela negara (pasal 27 ayat 3)
  6. Hak untuk hidup (pasal 28 A)
  7. Hak membentuk keluarga (pasal 28 B ayat 1)
  8. Hak atas kelangsungan hidup dan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi bagi anak (pasal 28 B ayat 2)
  9. Hak pemenuhan kebutuhan dasar (pasal 28 C ayat 1)
  10. Hak untuk memajukan diri (pasal 28 C ayat 2)

Selain memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara, kita juga memiliki tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Ada ungkapan sederhana namun sarat dengan makna, yaitu“Maju mundurnya suatu bangsa sangat tergantung kepada tanggung jawab warga negaranya. Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya dilaksanakan dengan cara mengaktualisasikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara sebagaimana dituangkan dalam Undang – Undang Dasar 1945.

Bentuk-bentuk sikap dan perilaku warga negara yang mencerminkan perwujudan tanggung jawab terhadap negara dan bangsa yaitu sebagai berikut :

  1. Memahami dan mengamalkan ideologi nasional kita, yakni Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang kehiudpan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.
  2. Menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat.
  3. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif.
  4. Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia.
  5. Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara.

Selain hal-hal umum seperti diatas, ada juga lho hal-hal kecil yang dapat kita lakukan yang mencerminkan sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Apa sajakah itu?

  1. Membuang sampah pada tempatnya, dengan kita membuang sampah pada tempatnya, itu berarti kita telah berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Saat ini banyak orang yang beranggapan bahwa sampah itu adalah masalah sepele padahal sampah itu pengaruhnya besar sekali terhadap lingkungan. Jika lingkungan kotor akan menimbulkan penyakit dan masalah-masalah besar, contohnya : banjir. Dalam menjaga kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi menjaga kebersihan lingkungan adalah tugas kita bersama. Lingkungan yang bersih akan menjadikan masyarakatnya lebih sehat.
  2. Tertib berlalu lintas. Dengan kita tertib berlalu lintas kita akan menekan angka kecelakaan lhoo. Tertib berkendara bukan hanya untuk melindungi diri kita sendiri melainkan juga melindungi pengendara lainnya. Sebagian besar penyebab angka kecelakaan karena karena pengemudi yang tidak tertib, contohnya : pengemudi yang mengantuk dan mabuk saat mengemudi. untuk itu dengan kita tertib berlalu lintas telah mencermikan kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab.
  3. Melestarikan budaya, Indonesia dikenal akan keanekaragaman budaya, adat, bahasa, dan kesenian. Jika bukan kita yang akan melestarikannya lalu siapa lagi? Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya kita agar anak cucu kita kelak dapat mengenal dan juga mempelajari budaya bangsanya.

Masa depan bangsa Indonesia sangatlah di tentukan oleh para generasi muda bangsa ini. Oleh karena itu masa depan bangsa ini sangat tergantung dari pemuda nya, jika para pemuda Indonesia tumbuh dan berkembang dengan baik maka bangsa Indonesia ini kelak akan menjadi bangsa yang maju dan melahirkan generasi generasi penerus bangsa yang baik pula, sebaliknya pun begitu.

Pemuda Indonesia adalah masa depan bangsa ini atau yang sering kita dengar dalam perayaan sumpah pemuda yaitu “Pemuda adalah tulang punggung negara”. Karena itu setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya, mereka semua merupakan faktor yang sangat penting yang dapat diandalkan oleh bangsa Indonesia sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, dan dapat mewujudkan cita cita bangsa.

Sekian, terimakasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan