Merdeka Belajar, Merdeka Berkarya dan Berimajinasi

Terbaru26 Dilihat

Materi pembelajaran IPA  kelas VIII semester genap KD 7.1. tentang Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari dibagi menjadi subbab yaitu a) Tekanan pada zat padat, b) Tekanan pada zat cair c) Tekanan pada zat gas d) Tekanan pada tumbuhan e) Tekanan darah manusia. Pada materi ini penilaian ketrampilan bisa kita ambil berupa penilaian praktik, penugasan,  sekaligus portofolio dari laporan siswa.

Materi KD 7.1. kita upload di dalam forum Google Classroom (menggunakan akun belajar.id) dimana pada Forum tersebut kita menuliskan skenario pembelajaran secara runtut, petunjuk pelaksanaan pembelajaran daring mulai menyapa siswa lewat maya, penyampaian materi, petunjuk mengerjakan tugas, dan petunjuk mengerjakan soal atau kuis.

Materi dan Kuis. Pada Tugas Kelas, kita menyampaikan materi, bisa menggunakan power point, video pembelajaran, atau siswa diminta untuk membaca buku pegangan yang dimiliki. Materi yang kita sampaikan sedikit saja, berupa poin-poinnya,  siswa digiring untuk membaca dan memahami materi di buku pegangan yang selanjutnya siswa membuat rangkuman di buku catatan menurut pemahaman mereka. Tugas kita adalah memotivasi siswa untuk mau membaca dan mengeksplor pengetahuan yang terdapat pada materi.

Agar siswa aktif dan mau membaca, kita pancing dengan pertanyaan yang jawabannya ada di modul atau buku pegangan siswa. Pertanyaan atau kuis kita buat di platform Google Formulir yang kita intergrasikan dalam Google Classroom. Usahakan kuis bukan berupa multiple choice atau pilihan ganda tapi soal esai singkat atau esai jawaban panjang. Hal ini akan mendorong siswa mau tidak mau untuk membaca materi tersebut dan memahaminya. Kuis kita beri skor penilaian dengan rentang nilai karena jawaban siswa relatif. Penilaian seperti ini disebut penilaian kualitatif, karena yang dinilai adalah partisipasi siswa dalam mengerjakan kuis bukan benar dan salahnya.

Project : Alat peraga sederhana. Di Tugas Kelas kita tuliskan juga tugas membuat alat peraga sederhana yaitu alat untuk percobaan mengukur besarnya tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis. Pada bagian ini kita upolad video tentang cara membuat dan mempraktekan alat peraga sederhana yang dapat dibuat sendiri oleh siswa dan dipraktekan, sekaligus perobaan atau prakteknya didokumentasikan berupa video. Video diberi narasi atau penjelasan, tentang tujuan dan penggunaaan alat tersebut. Hasil video siswa diupload di Tugas Kelas di Google Classroom atau bisa dibuatkan link dan akan tersimpan di drive.

Penilaian Ketrampilan. Pada KD ini kita bisa melakukan  penilaian  ketrampilan yaitu : 1) penilain produk dari alat peraga yang dikumpulkan, 2) unjuk kerja yang berupa rekaman video dari percobaan siswa,  3) portofolio berupa Laporan Praktikum yang dikumpulkan. Format Laporan Praktikum sebelumnya sudah ditentukan yang berisi : judul praktikum, tujuan praktikum, alat dan bahan yang digunakan, cara kerja, hasil pengamatan (dalam bentuk tabel), kesimpulan. Bisa ditambahkan satu atau dua pertanyaan yang terkait dengan praktikum. Rubrik penilaian ketrampilan bisa kita buat dalam bentuk tabel dan dilengkapi dengan pedoman penskoran dan pedoman penilaian.

Nah, teman-teman guru pembelajar hebat, di era merdeka belajar, adalah kesempatan bagi kita untuk merdeka dalam mengajar, siswa bebas berkarya, berkreasi dan berimajinasi. Biarkan siswa kita menuang dan mengekspresikan ide yang mereka miliki. Tugas kita memotivasi, mendorong dan mengajak mereka untuk menciptakan karya, serta memberi apresiasi terhadap karya mereka. Selamat berkarya!

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Blog PGRI hari ke-23

Tinggalkan Balasan