Semangat Baru BNN Hidup 100 Persen Sehat Produktif Dan Bahagia

Selama bertahun-tahun kampanye untuk cegah narkoba terus digencarkan di berbagai media untuk melindungi generasi muda dari kerusakan. Pencegahan dan penanganan narkoba saya amati masih belum maksimal karena kasus penyalahgunaan narkoba masih banyak terjadi apalagi di kalangan pekerja seni. 

 

Anak muda yang harusnya jadi contoh hidup sehat malah terjerumus pergaulan negatif dengan memakai dan mengedarkan narkoba. Saya sebagai masyarakat merasa prihatin karena masih banyak peredaran narkoba bahkan di masa pandemi. Pemerintah pun tidak tinggal diam, melalui BNN aparat terus berusaha mencegah masuknya barang haram bahkan bulan Mei Kepolisian berhasil mengungkap peredaran gelap narkoba sebanyak 797 kg Metamfetamin tanggal 22 Mei di Serang Banten. 

 

Kondisi seperti ini tentu harus disikapi dengan serius agar masyarakat bisa hidup sehat. Maka BNN melakukan perubahan slogan menjadi lebih fleksibel menyesuaikan perkembangan generasi milenial dan generasi Z yang aktif. Jika sebelumnya slogan Stop Narkoba memiliki kesan memerintah tanpa solusi kini dengan slogan baru  hidup 100 persen memiliki makna mengajak masyarakat hidup sehat, produktif dan bahagia. 

 

 

 

Slogan baru ini disampaikan dalam acara Forum Diskusi di Hotel Bidakara tanggal 22 Oktober 2020 yang melibatkan media, blogger, dan instansi pemerintahan. Acara diadakan sesuai protokol kesehatan dimana sebelum masuk wajib cuci tangan, rapid test, memakai masker dan duduk dalam jarak yang sudah diatur oleh panitia. 

 

 

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh bapak Drs. Anjan Pramuka Putra S.H, M.Hum selaku Deputi Pencegahan BNN. Bapak Anjan mengatakan Indonesia akan mengalami bonus demografi tahun 2030-2040 sehingga perlu pendekatan yang berbeda agar bisa menghasilkan SDM yang unggul. 

 

Perubahan dilakukan BNN karena dengan bersahabat dengan perubahan bisa merangkul lebih banyak lagi pihak untuk bersama-sama menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani. 

 

Selanjutnya Drs. Purwo Cahyoko M.Si sebagai Direktur Informasi dan Edukasi BNN mengatakan persepsi BNN sebelumnya adalah kaku, otoritatif dan hanya bisa melarang. Sekarang semangat baru hadir memberikan pilihan generasi muda, lebih aspiratif dan fleksibel. 

 

Hal ini sesuai karakter generasi muda yang tidak bisa dilarang namun butuh role model atau panutan supaya bisa memilih untuk hidup sehat. Slogan #hidup100persen dapat dijalankan jika manusia sehat, produktif dan bahagia. Makna sehat antara lain fisik, psikis, dan sosial dapat dicapai dengan olahraga, menghabiskan waktu di alam, mengelola stres, melaksanakan rekreasi dan berkontribusi dengan lingkungan. 

 

Produktif memiliki makna percaya diri, bertanggung jawab, visioner, terampil, berkontribusi positif akan lingkungan. Bahagia berarti berpikir positif atas aktivitas yang dilakukan. Hal ini bisa dirasakan dan diwujudkan semua orang asalkan mau berusaha dan mencari lingkungan yang tepat dalam pergaulan sehari-hari. 

Aktualisasi #hidup100persen sudah dibuktikan oleh Suci Arum Sari pendiri ALODOKTER yang dulu pernah sakit selama berhari-hari hanya bisa berbaring di atas tempat tidur. Saat ini ia merasa informasi yang didapatkan di internet tidak membantu malah membuatnya cemas dan khawatir. Perlahan-lahan ia pun sadar untuk bangkit karena masih memiliki tangan dan otak untuk berpikir. 

Setelah sembuh ia bersama temannya membuat aplikasi ALODOKTER supaya membantu masyarakat mendapatkan informasi kesehatan yang benar bekerja sama dengan puluhan ribu dokter di seluruh Indonesia. Menurut Suci pentingnya #hidup100persen ialah bisa menghargai dan memaknai hidup diri sendiri, menjauhkan diri dari hal negatif seperti narkoba dan ikut berkontribusi dalam lingkungan sosial. 

Pesan dari Suci adalah hidup bisa jadi lebih bermakna tanpa narkoba karena bisa melakukan banyak hal dengan sehat dan bahagia. 

 

Agar konten yang ingin disampaikan oleh BNN bisa diterima dengan baik oleh generasi muda, Amanda Valani Head Of Content Narasi berbagi pengalaman bagaimana saat pandemi bisa mengajak masyarakat untuk diam di rumah sesuai dengan anjuran pemerintah dengan tagar #dirumahsaja. 

 

Dengan konsep konten, komunitas dan kolaborasi bisa menggugah banyak orang untuk berempati juga gotong-royong dalam membantu orang-orang yang terdampak pandemi secara ekonomi. 

 

Harapan saya dengan slogan baru BNN #hidup100persen bisa lebih viral di media sosial dan aktif di kegiatan masyarakat dengan pendekatan yang lebih komunikatif. Selamat untuk BNN semoga bisa lebih banyak bersinergi dengan masyarakat untuk hidup lebih sehat, produktif dan bahagia. 

Tinggalkan Balasan