Saya bangga menjadi seorang Perawat

Perawat Pasien Covid-19 Rawan Alami Tekanan Psikologis karena Beban Kerja

Alasan kenapa saya memilih menjadi perawat sebagai profesi

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh perkenalkan nama saya Nurul Izzah kelas 1B dengan nomor NIM : 20067, saya disini ingin menceritakan kenapa saya mengambil profesi.

Menjadi perawat tentu bukanlah hal yang mudah, karena di mata banyak orang di Indonesia perawat selalu di pandang sebelah mata oleh mereka. Padahal, aslinya perawat jugalah yang selalu berjuang bersama tenaga medis dalam persoalan masalah kesehatan. Terlebih lagi dalam masa pandemic ini, cukup menyayat hati ketika banyak orang mengatakan perawat hanya memakan gaji buta karena tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

Pada kenyataannya tidak seperti itu, tenaga medis terutama perawat kini sedang bertempur melawan COVID-19 para perawat pun mempunyai batasan, akan tetapi mereka memaksakan diri untuk merawat pasien-pasien dengan kesabaran yang penuh.

Berikut ini merupakan alasan kenapa saya memilih perawat sebagai profesi saya, antara lain sebagai berikut :

 

  • Profesi Yang Mulia

Perawat adalah profesi yang mulia. Sama seperti dokter, perawat juga punya peran untuk merawat orang yang sakit hingga sembuh dan bisa beraktivitas seperti semula. Dalam persoalan agama perawat juga memiliki kedudukan tinggi yang setara dengan ulama. Melakukan tugas sebagai perawat juga di hitung sebagai pahala karena  membantu orang sakit sampai orang atau pasien tersebut pulih. Anda akan dihargai oleh siapa saja, jika mampu memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.

 

  • Membantu Orang Banyak

Ketika  memilih menjadi perawat,  memiliki kesempatan untuk membantu banyak orang. Tidak hanya merawat orang lain yang sakit, tapi  juga bisa merawat keluargamu sendiri. banyak orang yang bisa bantu untuk sembuh dengan memilih karir sebagai perawat. Ini merupakan salah satu keuntungan menjadi perawat.

 

  • Bisa Bekerja Secara Mandiri

Bisa bekerja secara mandiri bisa jadi alasan memilih menjadi perawat. Tidak hanya berkarir di instansi kesehatan seperti rumah sakit, anda  juga bisa membuka praktik kerja sendiri. Contohnya adalah anda bisa membuka praktik perawat untuk luka diabetes. Bahkan ketika teman-teman ahli dalam infuse dan sudah dipercayakan oleh dokter atau tenaga medisnya, anda bisa mengerjakannya secara mandiri.

 

 

  • Dibutuhkan Dimanapun

Keterampilan yang anda miliki tidak hanya berguna ketika anda masuk kerja saja. Tapi juga bisa berguna ketika anda sedang berada di tempat umum dan menemukan seseorang yang membutuhkan pertolongan medis. Tak hanya di Indonesia perawat dibutuhkan, tetapi di luar negeri perawat sangat dibutuhkan. Karena alasan ini saya memilih profesi keperawatan, karena di masa depan nanti saya ingin menjadi perawat yang professional di Jepang nanti. (Aamiin Allahumma Aamiin).

  • Mengasah Ketrampilan

Menjadi perawat juga bisa mengasah ketrampilan. Ketika menangani orang sakit, anda akan menemukan persoalan yang berbeda, sehingga treatment yang diberikan juga berbeda. Mengasah keterampilan juga sangat diperlukan dalam profesi perawat ini, karena semakin perawat terampil semakin perawat dapat dipercaya oleh Rumah sakit bahkan oleh pasien dan keluarga pasien.

  • Waktu Fleksibel

Perawat memiliki jam kerja yang fleksibel. Apalagi buat anda  yang menjadi perawat di rumah sakit. Perawat di rumah sakit bekerja dengan sistem shift. Anda bisa mendapat jadwal masuk pagi hari atau bisa juga jam masuk pas jaga malam. Jadi, disaat anda mendapati shift pagi anda bisa beristirahat pada siang harinya meskipun akan ada teleponan dari pihak rumah sakit. Setidaknya ada waktu luang untuk melakukan “Me Time” setelah melakukan aktivitas.

So much from me, thanks~

Wassalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan