HUT Pertama YPTD Diperingati Lewat Webinar

Selamat pagi sobat,

Di pagi hari yang cerah ini saya mengangkat topik di rubrik NGETEH MORNING tentang HUT Pertama YPTD Diperingati Lewat Webinar.

Semalam (Kamis, 19/08/2021) Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) memperingati Hari Ulang Tahun Pertama dengan menggelar Webinar yang diikuti oleh para penulis yang tergabung dalam YPTD.

Acara dibuka oleh moderator mbak Muthia Alhasany kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Tatat Kurniawan dari Perpustakaan Nasional. Beliau menyampaikan apresiasi kepada YPTD yang baru setahun usianya mampu mencatat prestasi yang cukup signifikan utamanya dalam jumlah menerbitkan buku.

Setelah sambutan dari ibu Tatat yang menjabat sebagai Koordinator Substansi Pengelolaan Koleksi Hasil SSKCKR/Deposit Perpustakaan Nasional, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua sekaligus pendiri Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) bapak Haji Thamrin Dahlan yang menyampaikan kilas balik dari pendirian YPTD setahun yang lalu.

Setelah sambutan pak TD, sapaan akrab saya untuk bapak Haji Thamrin Dahlan, mbak Muthia kemudian mempersilakan tiga nara sumber untuk menyampaikan sekapur sirih untuk HUT Pertama YPTD secara bergantian sekitar 10 menit.

Nara sumber pertama yang berbicara adalah bang Ajinatha yang menyampaikan kesan dan pesannya untuk YPTD dan para penulis. Kemudian giliran nara sumber kedua ibu Nani Kusmiyati, seperti halnya bang Ajinatha, memberikan kesan dan masukan kepada YPTD untuk ke depannya. Dan terakhir, Omjay alias kang Wijaya Kusumah dengan gaya kocaknya blogger kesohor ini juga menyampaikan kesan dan pesannya terutama penulis yang menulis di website YPTD : terbitkanbikugratis.id.

Setelah nara sumber berbicara, mbak Muthia mempersilahkan Dewan Juri Lomba Menulis HUT Pertama YPTD yang diwakili oleh bapak Erdonis Erdwan mengumumkan Pemenang Lomba Menulis setelah menguraikan sekilas proses dari penjurian. Pemenang terdiri dari Pemenang pertama, pemenang kedua dan pemenang ketiga. Kemudian ada pemenang keempat, pemenang kelima dan pemenang keenam. Pemenang pertama memperoleh hadiah sebesar 1 Juta rupiah, pemenang kedua memperoleh hadiah sebesar 750 ribu rupiah dan pemenang ketida memperoleh hadiah sebesar 500 ribu rupiah. Sedangkan pemenang keempat, pemenang kelima dan pemenang keenam masing masing memperoleh hadiah sebesar 250 ribu rupiah.

Adapun para pemenang adalah sebagai berikut :

Pemenang pertama : Bapak Andy Khafila

Pemenang kedua : Ibu Dewi Puspasari

Pemenang ketiga : Ibu Noralia.

Kemudian pemenang keempat, kelima dan keenam berturut turut adalah Ahmad Fikri Sabiq, Chrisma Juita Nainggolan dan Toa Isbani.

Setelah pengumuman Lomba Menulus, mbak Muthia mempersilahkan pak Haji Thamrin Dahlan menyampaikan pengumuman dua penghargaan dari YPTD yaitu penulis yang paling banyak menerbitkan buku di YPTD dan penulis yang paling rajin mempublikasikan tulisannya di website YPTD : terbitkanbukugratis.id.

Adapun penulis yang paling banyak menerbitkan buku di YPTD adalah saya (Nurwendo) yang selama setahun YPTD berkiprah sebagai penerbit telah menerbitkan sebanyak 23 buku.

Kemudian penulis yang paling rajin mempublikasikan tulisannya di website YPTD : terbitkanbukugratis.id ada empat orang yaitu : Omjay, ibu Siti Nurbaya, bapak Rasyid Nur dan ibu Tung Widut.

Pada penerima dua penghargaan YPTD di atas mendapatkan dana pembinaan literasi dari YPTD.

Setelah pengumuman penghargaan dari pak TD, mbak Muthia kemudian mempersilakan para peserta Webinar yang ingin menyampaikan kesan dan pesannya kepada YPTD di HUTnya yang pertama ini.

Acara Webinar memperingati HUT Pertama YPTD ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh bapak Rasyid Nur.

Saya mengucap syukur kehadirat Allah Subhannahu Wa Ta’ala atas penghargaan yang diberikan YPTD kepada saya sebagai penulis yang paling banyak menerbitkan buku di YPTD. Tentu saja penghargaan ini akan lebih memacu motivasi saya untuk lebih giat menulis dan menerbitkan buku demi meningkatkan kualitas dan kuantitas literasi di Indonesia.

Akhirnya, sekali lagi saya menyampaikan Selamat ulang tahun pertama YPTD, semoga lebih sukses dalam melaksanakan program programnya di masa mendatang ..

Aamiin Ya Robbal Alamin ..

Saya sudahi tulisan ini dengan sebuah pantun :

Si Eno Tengah Bersihkan Sampah Yang Berserakan

Halaman Bersih Hatipun Senang

Pemenang Lomba Menulis YPTD Telah diumumkan

Selamat Bagi Para Pemenang

Sobat, saatnya saya undur diri dan mari kita nikmati secangkir teh hangat di pagi hari ini ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH
Depok, 20 Agustus 2021

Tinggalkan Balasan

2 komentar