oleh

Ketika Wajah Ketua DPRD Disiram Air Teh, Inilah Cermin Demokrasi Kita ..

-Berita, Peristiwa, Politik, Terbaru, YPTD-Telah Dibaca : 85 Orang

Sumber gambar : okezone.com

Selamat pagi sobat,

Kabar tak sedap datang dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara ketika terjadi kericuhan saat dilangsungkan rapat pembahasan APBD Perubahan 2021 di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Humbahas, Sumatera Utara pada hari Senin (20/09/2021), yang videonya kemudian viral di media sosial, pada hari Selasa (21/09/2019).

Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Humbahas Bantu Tambunan tiba-tiba menyiramkan air teh ke wajah Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumban Gaol saat rapat berlangsung.

Seperti dirilis oleh cnnindonesia.com (21/09/2021) bahwa dalam video yang beredar, suasana rapat mulai memanas ketika Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol mengetuk palu. Salah seorang anggota DPRD lainnya mempertanyakan keputusan yang diambil Ramses Lumban Gaol.

“Kenapa diputuskan, kenapa diputuskan, hei hei… saya ini anggota dewan, kenapa diputuskan,” ujar anggota DPRD yang mengenakan kemeja hitam tersebut.

“Karena ada yang setuju,” ucap Ramses menjawab pertanyaan itu.

Kemudian, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Humbahas Bantu Tambunan yang juga tidak menyetujui keputusan itu langsung menggebrak meja. Dia berdiri dan mendatangi Ramses Kumban Gaol yang duduk di bagian depan.

Bantu lantas mengambil gelas berisi air teh di atas meja dan langsung menyiramkannya ke wajah Ramses Lumban Gaol.

“Kau cabut itu, cabut, cabut !” ujar Bantu.

Bantu Tambunan dan rekannya bahkan mencoba memukul Ramses Lumban Gaol. Anggota DPRD lainnya yang berada di ruangan itu langsung berhamburan untuk melerai perkelahian tersebut.

Masih seperti dirilis oleh cnnindonesia.com (21/09/2021) bahwa Ketua DPD II Partai Golkar Humbang Hasundutan Harry Marbun saat dikonfirmasi mengatakan keributan terjadi karena Ketua DPRD Humbahas memaksakan kehendak tanpa mengindahkan aturan.

“Ada mekanisme yang harus dipenuhi di DPRD itu. Ada penyampaian LKPJ, RPJMD, hingga pembahasan P-APBD. Itu semua ada tahapan dan mekanismenya. Jangan dilanggar,” jelasnya, Selasa (21/09/2021).

Penyiraman air tersebut, tambahnya, lantaran anggota Fraksi Golkar kecewa atas sikap Ketua DPRD Humbahas yang mengabaikan aturan terkait pembahasan Perubahan APBD 2021.

“LKPJ saja belum disampaikan, kenapa kemudian sudah dibahas P-APBD. Ketua DPRD bilang karena mengejar tahun anggaran yang tinggal 3 bulan lagi. Kita menilai lebih baik tidak usah ada P-APBD jika memang pada akhirnya melanggar mekanisme yang ada,” tuturnya.

Harry memastikan partainya akan tetap mengawal agar seluruh mekanisme pembahasan anggaran di DPRD Humbahas selalu berpedoman pada peraturan.

“Hanya saran saya, jangan menimbulkan keributan. Kalau aturan dilanggar harus dipikirkan bahwa itu ada konsekuensi hukum. Golkar tidak boleh melanggar aturan. Sepanjang dipegang aturan maka saya dukung,” tandas dia.

Menurut hemat saya, kericuhan yang terjadi di rapat DPRD Humbahas hingga terjadi penyiraman air teh ke wajah Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumban Gaol oleh Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Humbahas Bantu Tambunan, tidak perlu terjadi bila saja pimpinan rapat dalam hal ini Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumban Gaol bertindak bijaksana dan mau mendengar keberatan dari Anggota DPRD lainnya sebelum mengetuk palu.

Tindakan sepihak inilah yang menyulur emosi dari Anggota DPRD lainnya sehingga muncul aksi penyiraman air teh ke wajah Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumban Gaol yang sesungguhnya juga tak harus dilakukan.

Demokrasi itu kuncinya musyawarah dan berujung mufakat dan bila tidak tercapai mufakat ada cara lain yaitu voting. Demokrasi bukan dilakukan secara menang menangan, mentang mentang mempunyai kuasa mengetuk palu untuk mengesahkan keputusan. Bila hal itu dilakukan maka bukan Demokrasi lagi namanya tapi Otoriter dan tentu akan mendapat reaksi keras bahkan dengan aksi di luar kepatutan.

Yang pasti kericuhan di rapat  DPRD Humbahas hingga terjadi penyiraman air teh ke wajah Ketua DPRD Kabupaten Humbahas Ramses Lumban Gaol oleh Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Humbahas Bantu Tambunan, makin mencoreng wajah demokrasi kita yang tengah carut marut.

Kita patut prihatin ..

Sobat, saatnya saya undur diri ..

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 24 September 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed