Otentikasi Setiap Awal Bulan

Selamat pagi sobat,

Pensiunan macam saya ini setiap awal bulan harus melakukan Otentikasi.

PT TASPEN dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan/program bagi para pensiunan ASN maupun pensiunan pejabat tinggi negara, mengeluarkan sebuah program Digitalisasi Layanan TASPEN yang mengintegrasikan informasi data peserta, keluarga peserta, mutasi dan hitungan pembayaran secara digital.

Salah satu layanan digital unggulan PT TASPEN, yakni berupa aplikasi Taspen Otentikasi yang memudahkan bagi para pensiunan untuk melakukan pembuktian fisik pembayaran hak pensiunnya hanya dengan mengarahkan kamera smarphone pada wajah peserta, tanpa harus datang ke kantor mitra bayar dari PT TASPEN.

Aplikasi Taspen Otentikasi memanfaatkan data biometric peserta yang berifat unik untuk setiap individu sehingga pembayaran hak pensiun terhindar dari kekeliruan.

Semalam, saya baru ingat belum melakukan otentikasi untuk bulan November 2022 pada aplikasi Otentikasi yang ada dalam handphone saya.

Kemudian saya buka aplikasi Otentikasi tersebut lalu memasukan nomor NOTAS dan selanjutnya saya mengikuti instruksi pada aplikasi. Instruksi tersebut berturut turut meminta saya untuk mengarahkan wajah ke dalam lingkaran lalu saya dininta untuk menganggukkan kepala, mengedipkan mata, menggelengkan kepala dan mengucapkan huruf A.

Otentikasi akan berhasil bila wajah kita sesuai dengan data biometrik yang sudah terekam dalam aplikasi.

Tak butuh waktu lama, saya berhasil melakukan otentikasi untuk bulan November 2022 ini. Alhamdulillah ..

Seperti yang pernah saya baca di www.taspen.co.id (12/07/2021) bahwa dengan melakukan otentikasi melalui aplikasi, pensiunan dapat mengambil uang/gaji pensiun melalui ATM.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan otentikasi :

1.    Penerima yang akan melakukan otentikasi harus sudah melakukan enrollment atau perekaman data biometric di kantor cabang TASPEN atau mitra bayar terdekat.

2.    Penerima pensiun harus melakukan otentikasi secara berkala sesuai dengan kriteria di bawah ini:
a.    1 bulan sekali bagi Penerima Tunjangan Veteran dan Dana Kehormatan.
b.    2 bulan sekali bagi Penerima Pensiun yang tidak mempunyai ahli waris tertunjang.
c.    3 bulan sekali bagi Penerima Pensiun yang masih mempunyai ahli waris tertunjang.

3.    Bagi Pensiunan yang tidak melakukan otentikasi, pembayaran uang pensiun akan dihentikan sementara sejak 3 bulan dari waktu otentikasi.

4.    Bagi Pensiunan yang telah meninggal, atau anak tertunjang yang telah dewasa /menikah/bekerja namun tidak melaporkan ke Mitra Bayar atau Kantor Cabang TASPEN, maka akan ditagih dari kelebihan bayar yang terjadi.

5.    Jika mengelami kegagalan saat melakukan otentikasi, maka peserta dapat mengecek jaringan (sinyal) pada smartphone, mengecek pencahayaan, atau dapat menghubungi kantor bayar terdekat.

Dengan program digitalisasi layanan yang diberikan oleh PT TASPEN ini merupakan salah satu langkah cerdas untuk terus menjadikan perusahaan ini menjadi perusahaan yang handal bagi para pensiunan sebagai peserta TASPEN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mudah mudahan PT TASPEN dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pensiunan ASN maupun pensiunan pejabat tinggi negara.

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 6 November 2022

Tinggalkan Balasan