Selamat Jalan, Ayahanda!

Pagi hari Jumat saatnya anak-anak kelas satu hingga kelas enam berkumpul di halaman sekolah. Anak-anak mengisi kegiatan Jumat pagi dengan membaca sepotong surah Al-Qur’an, menyampaikan kultum, dan bersalawat. Kegiatan diakhiri dengan memberi infaq di kotak infaq yang dibawa oleh petugas. Uang infaq dikembalikan lagi kepada anak-anak dalam bentuk kegiatan keagamaan yang secara rutin atau insidentil dilaksanakan.

Kultum (Dok. Pribadi)

Kultum Jumat Pagi
Kultum (Dok. Pribadi)

Selesai anak-anak melaksanakan kegiatan rutin, kepala sekolah memberi pengumuman.

“Hari ini tanggal 31 Maret 2023 adalah tanggal ulang tahun Bapak Y. Sutikno. Beliau genap berusia 60 tahun. Oleh karena itu, Bapak Y. Sutikno memasuki usia pensiun. Jadi, besok pagi tanggal 1 April 2023 beliau tidak lagi melaksanakan tugas. Untuk itu, mohon kiranya Bapak Sutikno menyampaikan sepatah dua patah kata,” ucap kepala sekolah.

Pak Guru bernama Y. Sutikno pun menyampaikan pesan, kesan, dan kata-kata berpamitan serta ucapan maaf. Ada nada haru di dalamnya. Dengan terbata-bata menahan tangis, Pak Guru Sutik menyampaikan sambutannya. Selesai beliau menyampaikan sambutan, kami melanjutkannya dengan memberikan salam dan ucapan selamat jalan. Rasa haru anak-anak dan Pak Sutik tidak tertahankan lagi.

Anak-anak memberi ucapan selamat jalan (Dok. Pribadi)

Rasa haru Pak Guru (Dok. Pribadi)

Sebagai tanda cinta, anak-anak kelas enam saya minta membuat puisi untuk beliau.

Salam Blogger Pembelajar
PakDSus
#KMAC-05

Tinggalkan Balasan

3 komentar

  1. Ada haru dihati saya ketika membaca tulisan ini, karena bertepatan di hari yang sama rekan kami Ibu Guru Agama juga akan memasuki masa purna tugas.

    Selamat menikmati masa purna tugas Ayahanda Y Sutikno
    Semua jasa dan pengorbananmu akan tercatat sebagai amal kebaikan

    Titip salam untuk Ayahanda hebat, Pak D.

    Sehat selalu Pak D