Pasuruan Tak Hanya Prigen dan Tretes

KMAB, Terbaru, Wisata104 Dilihat



Pasuruan adalah daerah di Jawa Timur yang luas dan terbagi menjadi dua, kabupaten dan kota. Daerah ini dikenal kaya akan obyek wisata. Dan bukan hanya Prigen dan Tretes yang merupakan obyek wisata di Pasuruan, masih banyak lagi.

Pasuruan didominasi oleh dataran tinggi dan dikelilingi pegunungan. Namun daerah ini juga memiliki pantai dan pelabuhan.

Obyek wisata yang paling populer di Pasuruan adalah berpusat di daerah Prigen dan Tretes. Di kedua tempat tersebut ada Taman Safari Prigen dan Air Terjun Kakek Bodo. Kedua daerah ini juga sejuk sehingga banyak penginapan di sini.

Nah selain kedua tempat tersebut, Pasuruan juga memiliki Kebun Raya Purwodadi. Luasan dan koleksinya tak kalah dengan Kebun Raya di Bogor.

Jika suka naik gunung, di Pasuruan juga salah satu pintu untuk menuju ke Gunung Bromo dan Gunung Bathok. Di sini ada Puncak Penanjakan yang biasa menjadi tempat menyaksikan panorama Gunung Bromo. Gunung Arjuna dan Gunung Welirang juga banyak menjadi jujugan para pendaki.

Pantai pasuruan
Pasuruan juga punya pantai (sumber: Radar Bromo)

Taman Safari sudah beken sejak lama (sumber: Kompas)

Selain dataran tinggi, Pasuruan juga punya pelabuhan dan pantai. Ada Pantai Panggung, Pantai Karang Hitam, dan Pantai Lekok. Jadinya wisatanya komplit, ada dataran tinggi dan pesisir.

Kelepon dan bipang adalah jajan yang biasa dijumpai di Pasuruan. Di daerah ini juga banyak tersedia rawon dan juga sate komoh.

 

Gambar sate komoh dari Kompas

Tinggalkan Balasan