Berbicara Tentang Menulis dan Duit

Gaya Hidup, Terbaru12 Dilihat

Majalah Ko-magz
Apakah menulis bisa menghasilkan duit? Tentu saja bisa.
Bagaimana caranya? Ada banyak caranya. Kalian bisa memilihnya nanti setelah menyimak artikel ini baik-baik.

 

Menerbitkan Buku

Oke cara pertama adalah membuat buku dan menjualnya. Dalam membuat buku yang diterbitkan oleh penerbit maka biasanya ada dua sistem pembayaran, dengan royalti dan beli putus. Jika beli putus maka kalian akan mendapat sejumlah nominal, tapi jika buku laris dan terus diproduksi maka kalian tak akan mendapatkan apa-apa.

Apabila menerbitkan buku sendiri maka kalianlah manajer keuangan buku itu sendiri. Kalian bagian promosinya. Buku kalian laku tidaknya juga bergantung pada usaha kalian menjualnya.


Mengirimkan Artikel

Nah selain menerbitkan buku, cara lainnya yaitu mengirimkan artikel ke majalah dan koran. Nominal yang didapat bergantung pada kondisi keuangan media tersebut. Ada yang tak dibayar, hanya mendapat hampers atau semacam merchandise dari media tersebut, tapi tak sedikit yang memberikan nominal cukup tinggi.

Artikel yang umumnya diterima oleh media di antaranya kolom atau opini, cerita pendek, kumpulan puisi, cerita perjalanan, dan juga ulasan buku. Jangan menyerah ketika ditolak. Cobalah untuk memerhatikan gaya artikel yang diterima, gaya bahasanya, cara menulisnya dan sebagainya untuk meningkatkan tulisan kita lolos di meja redaksi.


Menulis di Blog Keroyokan

Menulis di blog keroyokan seperti Kompasiana dan lainnya dibayar per-view-nya. Di Kompasiana namanya K-Rewards. Tulisan yang dihitung jika keseluruhan tulisan si penulis mencapai angka di atas 3.000 tampilan dalam satu bulan. Jika rajin menulis tapi pembacanya sedikit ya bakal tidak mendapat apa-apa. Jadi buat tulisan yang judulnya menarik dan kemudian promosikan agar menjaring pembaca.

Ada juga tulisan advertorial. Misalnya ada bank yang sedang launching produk tertentu. Kita diminta membantu mempromosikan dengan bahasa yang halus atau berdasarkan pengalaman kita. Untuk itu kita pun dibayar dan nominalnya lumayan.

Selain itu sumber duit bisa berasal dari mengikuti lomba blog. Hadiahnya juga lumayan. Ada yang sampai puluhan juta. Kalian cobalah mengikutinya. Siapa tahu suatu saat bisa menang.


Mendapat Keuntungan dari Blog Pribadi

Menulis di blog pribadi juga bisa menghasilkan. Kalian bisa lakukan monetize, tapi untuk ini kalian harus sabar. Atau Kalian juga bisa menerima tulisan advertorial. Nilainya lumayan bisa mulai yang rendah senilai Rp 100 ribu hingga Rp 750 ribu atau lebih per tulisannya.

Cobalah pilih yang sesuai dengan kalian dan tekunlah melakukannya.

Selamat menulis!

Tinggalkan Balasan