Animasi Tertua Kanada, “The Man Who Woke Up”, Rilis tahun 1919

Film animasi berjudul The Man Who Woke Up” merupakan animasi tertua di Kanada. Animasi ini dirilis pada tahun 1919 oleh Jack Norling.

Cerita animasi yang masih berformat hitam putih ini juga masih dalam era film bisu, tidak ada dialog. Animasi yang naskahnya ditulis oleh Jack Norling bersama William Ganson ini diangkat dari salah satu kisah Charles Dickens. Ia hanya berdurasi dua menitan.

Ceritanya adalah seorang pria pelit yang enggan memberikan donasi. Hingga saat malam dan tertidur ia bermimpi buruk karena sifat kikirnya tersebut.

Meski masih hitam putih, gambarnya terbilang bagus. Pesannya juga tersampaikan.

Industri animasi kemudian sempat vakum hingga kembali bersinar mulai akhir tahun 1960-an dengan “Robin Hood”. Lalu sepanjang tahun 1970-an hadir animasi “The Undersea Adventures of Captain Nemo” dan  “The Toothbrush Family”.

Selanjutnya animator dan rumah produksi Kanada kerap bekerja sama dengan rumah produksi lainnya seperti Korea dan Amerika Serikat. Animasi bekerja sama dengan Amrik yang terkenal adalah “The Care Bear Movie” yang memiliki beberapa sekuel.

Film franchise animasi”The Care Bear” ini favoritku. Aku ingat dulu nonton animasi ini di kaset video berulang kali. Beruang-beruangnya menggemaskan. Dalam perut mereka ada gambar di mana merupakan kekuatan mereka. Misalnya ada yang perutnya gambar pelangi maka ia bisa memunculkan pelangi. Ada juga yang perutnya gambar es krim dan matahari. 

Animasi “The Care Bear” memang ditujukan untuk anak-anak. Ceritanya mudah dicerna, umumnya tentang persahabatan dan keluarga. Namun orang dewasa juga akan menyukainya. Film ini dirilis pada pertengahan tahun 80-an.

Animasi buatan Kanada lainnya tahun 90-an dan 2000-an adalah “Arthur”, “Barbie”, “”Little Bear”, dan “The Berenstain Bears”. Tema-tema beruang rupanya umum dan banyak digunakan di animasi Kanada. Mungkin karena di sana masih banyak hutan dan beruang.

Gambar dari cartoon research

Tinggalkan Balasan

News Feed