Celoteh Anak Pesisir Pulau “KEMSAR PRAMUKA”

KEMSAR (Kemah Besar ) Kwaran Meral Tahun 2023

Pada tanggal 2023 seluruh Pangkalan Pramuka mengikuti kegiatan KEMSAR tingkat Kwaran Kundur Barat,sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Pramauka ke-62

tahun 2023 di lapangan Kantor Camat Kundur Barat. Kegiatan Kemsar di Bumi Perkemahan Kundur Barat diikuti beberapa pangkalan yang berada di Kwaran Kundur Barat diantaranya :

  • Pangkalan Tingkat Penegak SMA/SMK/MA
  • Pangkalan Tingkat Penggalang SMP/MTS
  • Pangkalan Tingkat Penggalang SD/MI

Di setiap pangkalan mengirimkan peserta dua regu PA dan PI terdiri dari 10 siswa/i setiap regunya.Acara KEMSAR tingkat KWARAN Kundur Barat dibuka oleh Kwarcab Pramuka Karimun yaitu Kakak H.Anwar Hasyim, S.Ag, M.Si selaku Wakil Bupati Kabupaten Karimun. Dan diacara penutupan ditutup oleh Kakak Muhammad Markam,S.Pd selaku Kamabigus Pangkalan SD Negeri 005 Kundur Barat. Kemsar yang dilaksanakan untuk memperingati Ulang Tahun Pramuka ke- 62 tahun dan dilanjutkan dengan seleksi untuk setiap pangkalan sebagai utusan dari Kwaran Kundur Barat untuk mengikuti kegiatan Kemsar di tingkat Kwarcab Karimun. Disaat seleksi tingkat Kwaran Kundur Barat,Penggalang Pangkalan SD Negeri 010 Kundur Barat menjadi utusan atau perwakilan dari Kwaran Kundur Barat. Karena Pangkalan kami SD Negeri 010 Kundur Barat mendapat juara umum di seleksi Kemsar tingkat Kwaran Kundur Barat.

Tanggal 21,22, dan 23 September 2023,kegiatan Kemsar tingkat Kwarcab dilaksanakan di Kwaran Meral sebagai panitia.Acara Kemsar ini juga memperingati ulang tahun pramuka yang ke-62 tahun.Kemsar dilaksanakan di lapangan bola kaki Parit Benut.

Untuk Kwaran Kundur Barat mengutuskan 48 pesera baik dari penegak,penggalang SMP maupun penggalang SD. Sebelum berangkat di bumi perkemahan pada tanggal 21 September 2023 pangkalan SD Negeri 010 Kundur Barat terus berupaya mempersiapkan diri. Latihan terus dilakukan setiap hari oleh Kak Wiwik ,Kak Amarul ,dan Kak Jul agar adek-adek penggalang siap tempur meraih kemenangan. Semua persiapan Kemsar dibantu oleh orang tua hebat adek-adek penggalang dan juga Kakak pembina lainya. Melihat dari kekuatan,kesiapan,dorongan dari orang tua adek-adek penggalang maka kami sebagai Kamabigus dan Kakak pembina bekerja keras sampai larut malam mempersiapkan apa-apa saja yang menjadi kebutuhan adek-adek di Kemsar.

Penutupan KEMSAR pada tanggal 23 September 2023,langsung ditutup oleh Bupati Kabupaten Karimun DR.H.AUNUR RAFIQ,M.Si sekaligus penyematan lencana bagi kakak dan adek-adek gerakan pramuka.

Dari hasil kerja keras dan dukungan orang tua hebat,kakak pembina dan lainnya ,rasa penat adek-adek sudah dibuktikan dengan keberhasilannya di Kemsar tingkat Kwaran Meral. Kami juga yakin bahwa tanpa dukungan penuh orang tua hebat adek-adek maka kegiatan ini takkan terlaksana dengan baik. Maka dari itu kami selalu melakukan kerjasama yang solid bersama orang tua hebat,kakak pembina dan warga sekolah,yang mana terus peduli terhadap potensi,minat,dan bakat anak-anaknya.

Kami kelurga besar pangkalan SD Negeri 010 Kundur Barat ikut bangga atas kerja sama yang baik dari orang tua hebat,kakak pembina hebat,teman-teman,adek-adek penggalang yang giat,tekun dalam berlatih. Rasa letih,keringat yang adek-adek cucurkan telah terbayarkan atas prestasi yang adek-adek raih.

Adapu hasil dari pengumpulan poin regu lili dan elang dari pangkalan SD Negeri 010 Kundur Barat di KEMSAR Kabupaten Karimun (Kwaran Meral) sebagai berikut :

  • Juara 1 pioneering putri
  • Juara 3 pioneering putra
  • Juara 2 yel-yel putra
  • Juara 2 yel-yel putri
  • Juara 3 LKBB putra
  • Juara 3 pensi putri
  • Juara 3 Korve tenda putra
  • Juara 3 Korve tenda putri
  • Juara 3 heking putra
  • Juara 1 dan 2 hastakarya putra dan putri

Itulah hasil dari kesungguhan adek-adek penggalang dalam berlatih di sekolah yang di asah,asuh oleh Kak Wiwik dan Kak Jul. Saya sebagai Kamabigus untuk memberikan motivasi dan semangat kepada adek-adek penggalang dan orang tua hebat yang peduli pada kegiatan anaanaknya,saya pulang kerumah terkadang malam hari dengan perjalanan yang cukup sepi. Namun demi kebersamaan,kekompakan dan kerjasama yang baik tetap saya jalani dengan sepenuh hati. Disaat adek-adek latihan saya sering sampaikan bahwa kita pasti menang jika adek-adek bersunguh-sunguh dalam latihan dan disiplin. Apa yang kita cita-citakan haruslah kita raih dengan niat,tekat yang kuat,semangat dang bahagia,tentunya semua ini tak terlepas dari peran orang tua untuk terus mendukung kegiatan anak-anaknya.

Kebanggaan yang kita miliki sudah pasi bahagia,karena kita sudah memetik hasil dari perjuangan kita bersama-sama dan doa. Kalah atau menang itu hal yang biasa saja,akan tetapi kita harus optimis bahwa kita akan menang ketika kita hendak bertarung. Karena kita utusan dari Kwaran Kundur Barat untuk tingkat penggalang SD,maka dari itu adek-adek harus semangat,disiplin dan gigih dalam latihan.

Kami kelurga besar SD Negeri 010 Kundur Barat mengucapakan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya pada orang tua hebat yang terus peduli terhadap potensi anak-anaknya,dan sama-sama bekerja keras,berpikir untuk memberikan penguatan juga semangat. Pikiran,tenaga dari awal kegiatan sampai akhir terus menerus ibu bapak berikan. Apa yang telah ibu bapak lakukan untuk anak-anak dan nama SD Negeri 010 Kundur Barat akan mendapatkan ganjaran,balasan yang mulia dari Allah SWT.

Terima kasih juga pada Kak wiwik, Kak Ijul,Kak Amarul,Kak Asrul,Kak Tomi,Kak Fery,Kak Fitriani,Kak Fitriawati,Kak Ina,Kak Naya,Kak Ibunda Mariana,Kak Hendra dan semua Kakak pangkalan SD Negeri 010 Kundur Barat yang terus peduli dan bekerja dengan hati yang tulus. Kemenangan ini adalah milik kita semuanya warga SD Negeri 010 Kundur Barat.

Terima kasih untuk semuanya. Dan mari kita bersama-sama terus merefleksi dari semua kegiatan yang kita lakukan agar kita terus dapat melebar sayapnya.

 

Gemuruh,27 Sepetember 2023

Celoteh Anak Pesisir Pulau

 

Tinggalkan Balasan

News Feed