Mau Tahu Manfaat Buah Mengkudu?

Mari kita lihat manfaatnya.

Dulu sewaktu saya masih kecil yaitu di zaman Jepang ,sabun untuk cuci baju sangat sulit didapat. Maka buah Mengkudu digunakan untuk menggantikan sabun batang mencuci baju. Buah mengkudu yang sudah ranum sangat cocok dimanfaatkan untuk mencuci pakaian. Karena itu tidak mengherankan bila dihampir setiap rumah,ada ditanam pohon mengkudu.

Disamping juga digunakan untuk anak anak demam diperas airnya lalu diminumkan pada anak yang demam untuk menurunkan panas dan sembuh Daun mengkudu dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung. Caranya daun mengkudu dipanaskan diatas api hingga layu. Kemudian ditempelkan keperut anak yang sakit.

Selain itu kita bisa melihat manfaat buah mengkudu ini .Menurut halodoc.com dan hallosehat.com mengkudu mempunyai manfaat untuk kesehatan antara lain :

Mengobati demam

Mencegah penuaan dini

Mencegah kulit kering

Meningkatkan stamina

Mencegah asam urat

Atasi radang sendi

Menetralisir kolesterol

Mengatsi Demam

Buah mengkudu ini memiliki sifat antivirus sehingga busa menurunkan demam

Mencegah penuaan dini

Buah mengkudu mengandung vitamin C dan selenium yang berguna untuk membantu melawan radikal bebas ,menjaga   elastisitas kulit dan membalikkan efek penuaan.

Mencegah kulit kering

Buah mengkudu sanghat banyak mengandung antioksidan sehingga baik untuk kesehatan kulit. dipakai sebagai lulur untuk melembabkan kulit kering

Meningkatkan stamina

Buah mengkudu sangat tinggi kandungan vitamin C nya sehingga dapat menjadi solusi meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah asam urat

Asam urat adalah radang sendi yang disebabknan penumpukan kristal asam urat di persendian .Buah mengkudu dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah sehingga dapat menurunkan asam urat .

Atasi radang sendi

Buah mengkudu memiliki sifat analgesik,yang dapat mengurangi kerusakan sendi.

Menetralisir kolesterol

Meminum jus Mengkudu dapat menurunkan kolesterol

daftar bacaan ; https://www.alodokter.com

https://hellosehat.com.

Kesimpulan:

Semua manfaat buah mengkudu ini amat baik bagi kesehatan,tetapi harus diketahui juga tidak semua orang akan mendapatkan effek yang sama . Tergantung kondisi tubuh masing masing. Perlu disikapi secara berhati hati. bila mau mendapatkan hasil yang maksimal .Cobalah dulu sedikit kemudian perhatikan reaksi akibat minum jus mengudu .Bila membaik maka diteruskan.Bila tidak jangan diteruskan.

Sebagai contoh: Minum air jeruk nipis sangat baik untuk pereda batuk Tapi bagi orang lain minum air jeruk bisa kambuh maagnya.

Karena itu dalam menghadapi berbagai manfaat yang ditawarkan diberbagai media, hendaknya kita selalu menyikapi secara arif dan bijaksana.

28 Agustus 2023.

Salam saya,

Roselina.

Tinggalkan Balasan