Darwin Nunez Bawa Liverpool Menang Dramatis atas Newcastle

Darwin Nunez, baru turun bertanding dari bangku cadangan, tapi dirinya berhasil membawa 10 pemain Liverpool untuk meraih kemenangan sensasional 2-1 atas Newcastle United di St. James’ Park, Newcastle, Minggu (27/8/23) malam WIB.

Liverpool malam itu seakan menampilkan pertunjukan yang sangat terlambat ketika harus bermain dengan 10 pemain karena Virgil van Dijk mendapatkan kartu merah hanya 3 menit setelah kebobolan dari gol Newcastle United.

Gol cepat The Magpies lahir pada menit ke-28 berkat kinerja winger mereka, Anthony Gordon. Keunggulan Newcastle ini bertahan hingga turun minum.

Bahkan para suporter menganggap kemenangan tim kesayangan mereka tinggal menunggu waktu habis karena hingga menit ke-81 Newcastle United masih unggul 1-0.

Sebenarnya ini adalah kesempatan terbaik karena The Magpies yang belum pernah mengalahkan Liverpool di Liga Premier selama hampir delapan tahun.

Mereka pasti akan melihat ini sebagai kesempatan yang terbuang untuk mengakhiri rekor kekalahan tersebut. Gegara Nunez kemenangan The Magpies harus sirna.

Padahal kesempatan menang ada di depan mata ketika Van Dijk dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran terhadap Alexander Isak di babak pertama.

Tetiba aksi Darwin Nunez yang baru masuk pada menit ke-77 sebagai pemain pengganti, berhasil mencetak gol penyama kedudukan hanya butuh waktu 4 menit kemudian.

The Reds berhasil memanfaatkan keberuntungan itu, ketika Nunez memanfaatkan kesalahan bek tengah Newcastle, Botman untuk melepaskan tembakan melewati kiper Newcastle, Nick Pope hanya 9 menit sebelum laga berakhir.

Gol Nunez ini membuat kaget semua suporter The Magpies sehingga membuat kedudukan 1-1 sekaligus menggagalkan poin penuh dari tuan rumah.

Bukan tu saja secara sensasional Nunez kembali mencetak gol kemenangan pada injury time berkat umpan Mohamed Salah untuk keunggulan Liverpool 2-1 atas Newcastle United.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp usai laga tersebut menyambut kemenangan ini dengan suka cita dengan memberikan pernyataan yang dirilis situs resmi Premierleague.com (27/8/23):

” Darwin jelas bersemangat karena tidak memulai laga dari awal. Dia mengerahkan seluruh energinya untuk dua tembakan ini.

“Bagi tim, sangat penting dia mendapatkan sesuatu seperti itu. Bagi sebuah tim, ini sangat penting memilikinya.

“Di babak pertama kami mengatakan jika kami bisa mengubah laga dengan  kemenangan, ini adalah sesuatu yang harus kami sampaikan kepada cucu-cucu kami. Saya menyukai pertarungan yang ditunjukkan para pemain.”

Demikian Klopp sangat emosional menyambut kemenangan sensasional ini. Wajar pelatih asal Jerman tersebut sangat bahagia dengan meraih 3 poin penuh dari kandang Newcastle United.

Dengan kemenangan tersebut Liverpool langsung bertengger di papan atas pada posisi ke-4 dengan 7 poin dari 3 laga yang tidak terkalahakan yaitu sekali imbang dan dua kali menang. 

Dengan mengusung formasi 4-3-3 Klopp menurunkan gelandang asal Jepang yang baru mereka rekrut, Wataru Endo untuk menggantikan Diogo Jota sebagai gelandang yang melakukan start pertamanya.

Sementara itu Joel Matip turun sebgaia starter dalam laga malam itu untuk menggantikan Ibrahima Konate yang cedera.

Sepanjang laga setelah gol cepat Newcastle United dan kartu merahnya Van Dijk adalah saat-saat penderitaan bagi skuad The Reds.

Mereka benar-benar dibombardir serangan gencar pasukan asuhan pelatih Eddie Howe ini sepanjang laga.

Namun hanya kecemerlangan Alisson yang mencegah Newcastle menggandakan keunggulan mereka sembilan menit sebelum turun minum.

Saat itu kiper asal Brasil, Alisson berhasil menepis tendangan voli Almiron yang membentur bagian bawah mistar gawang.

Klopp harus kembali menata barisan pertahanannya setelah Van Dijk terkena kartu merah. Joe Gomez masuk menggantikan salah satu penyerang yaitu Luis Diaz.

Strategi ini masih cukup berhasil untuk menetralisir kebobolan lebih lanjut walaupun kini hanya dengan dua penyerang.

Meskipun demikian semangat skuad Liverpool berhasil meraih kemenangan hanya dalam waktu 13 menit akhir.

Benar-benar laga tersebut adalah laga yang penuh drama selama 90 menit. Drama yang berakhir  dengan kebahagiaan bagi Juergen Klopp dan pasukannya. Selamat untuk Liverpool.

Salam bola @hensa17.

#Nunez

#Van Dijk

Tinggalkan Balasan