Pramuka: Kenangan Indah di Hari Jadi Pramuka di Taman Mini Indonesia Indah.

Pramuka: Kenangan Indah di Hari Jadi Pramuka di Taman Mini Indonesia Indah.

Cing Ato

#SarapanPagidenganMenulis

 

Senin, 14 Agustus 2023.  Tak biasanya peserta didik dan para pendidik memakai seragam Pramuka pada hari Senin. Biasanya memakai seragam putih-putih bagi peserta didik dan putih hitam bagi para   pendidik.

 

Namun, hari Senin ini memakai seragam Pramuka. Ternyata hari ini jatuh pada tanggal 14 Agustus, di mana setiap tanggal tersebut dijadikan sebagai hari jadinya Pramuka. Untuk tahun ini hari jadi Pramuka ke 62 tahun.

 

Jadi teringat masa-masa masih duduk di bangku sekolah. Penulis sejak MI/SD sudah masuk Pramuka hingga MAN/SMA. Mulai dari Siaga sampai Penegak. Sementara di bangku kuliah sudah tidak tertarik lagi. Penulis lebih tertarik dengan Resimen Mahasiswa (Menwa).

 

Ketika duduk di bangku MA(Aliyah) penulis di samping mengikuti kegiatan Pramuka di Aliyah, penulis juga aktif menggerakkan dan melatih kegiatan Pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Cakung Jakarta Timur. Hingga Madrasah itu mendapatkan gugus depan. Madrasah itu tempat di mana penulis menimba ilmu pertama kali.

 

Ada pengalaman yang tak terlupakan pada saat duduk di Aliyah dan sebagai pelatih di MI Nurul Huda. Penulis mendapatkan undangan untuk mengikuti pelatihan Pramuka gabungan se Jakarta Timur dalam persiapan Gelar Senja Pramuka di Taman Mini Indonesia Indah. Kegiatan itu bertepatan dengan tanggal 14 Agustus, sementara tahunya agak sedikit lupa, apakah tahun 1987 atau 1988.

 

Sebelum mengikuti pelaksanaan gelar senja di Taman Mini Indonesia Indah, terlebih dahulu mengikuti latihan di daerah Bendungan Hilir (Benhil), penulis lupa tempat pastinya, tempat itu luas sekali seperti markas ABRI.

 

Penulis digembleng dan dilatih baris-berbaris untuk persiapan gelar senja Pramuka. Pada kesempatan itu penulis mendapatkan kesempatan untuk membaca sandi ambalan.  Awalnya panitia mengumumkan dan meminta kepada para peserta yang ingin membaca sandi ambalan. Kesempatan itu penulis tidak sia-siakan, sebelum teman Pramuka lain mengangkat tangan dan maju ke depan, penulis langsung maju. Penulis yakin pasti bisa, mengingat penulis sering tampil ketika upacara bendera di sekolah.

 

Pada hari pelaksanaan gelar senja di Taman Mini Indonesia, penulis sudah tidak canggung lagi, dengan lantang penulis membacakan satu persatu sandi ambalan. Kebetulan kegiatan ini di tayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI). Penulis menginformasikan kepada teman -teman di sekolah, kegiatan gelar senja bisa dilihat di televisi. Ramai-ramai para peserta didik yayasan pendidikan Nurul Huda duduk di depan televisinya masing-masing.

 

Masing-masing gugus depan mengutus beberapa regu untuk meramaikan acara gelar senja. Tak ketinggalan gugus depan penulis ikut meramaikan. Mereka melihat beberapa atraksi yang ditampilkan oleh masing-masing utusan. Di antaranya ada marching band dari salah satu peserta yang ikut kegiatan.

 

Ketika yayasan melihat acara marching band, yayasan langsung membeli peralatan marching band. Sejak itulah yayasan pendidikan Islam Nurul Huda mempunyai marching band.

 

Kegiatan Pramuka merupakan kegiatan yang sangat positif. Banyak Pembelajaran yang dapat diambil dari kegiatan tersebut.  Hampir semua kegiatan ekstrakulikuler ada di dalam Pramuka. Seperti, baris berbaris, PMR, UKS, Pencinta Alam, dan lain-lainnya ainnya.

 

Pokoknya masuk Pramuka itu menyenangkan. Apalagi kalau acara perkemahan di alam terbuka, sungguh mengasikkan sekali.

 

Cilincing, 14 Agustus 2023.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed