Workshop Pengembangan Guru

Terbaru8 Dilihat

Selamat malam sahabat literasi, semoga sahabat dimanapun berada senantiasa di berikan kesehatan, dilancarkan segala urusan. Aamiin.
Dalam kesempatan ini saya akan sedikit sampaikan tentang kegiatan yang saya ikuti pada hari Selasa, 21 Maret 2023. Saya beserta 106 guru jenjang SD menghadiri undangan workshop yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan penerbit Andi Yogyakarta. Kegiatan ini sudah diawali dari jenjang Paud dan SMP yaitu pada tanggal 18 dan 20. Terakhir yaitu dari jfnjang SD. Untuk jenjang SMP pendaftaran di lakukan dengan mengidi google form dan ternyata oeserta yang daftar melebihi kuota yang di butuhkan. Untuk itu yang dari jenjang SD peserta di pilih dengan by nane atau di tentukan dari setiap kapanewon di batasi. Artinya kedeian bisa diadakan dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi karena banyaknya minat guru dalam mengikuti workshop menulis. Sehingga Dinas Pendidikan dan penerbit Andi bisa menfasilitasi jumlah sesuai kiita yang sudah disediakan. Kedeoan harapan kegiatan ini akan mendatangkan banyak manfaat insyaAlkah sepanjang hayat.
Dalam samburanya Bp Taufik Amirudin sebagai Sekertaris Dinas Pendidikan yang newakik Kepala Dinas msnyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan baru yang akan dikembangkan dinas untuk menawarkan kerjasama yang pada awalnya bertemu di BBGP( Balai Besar Guru Pdnggerak). Dengan niat baik untuk berkembang hingga mendapat keputusan untuk mengadakan workshop.
Workshop ini penting karena di dunia pendidikan kita literasi masih sangat rendah. Untuk mencukupi kebutuhan buku selama ini setiap tahun dinas mengadakan buku yang sudah diterbitkan oleh kementrian. Untuk itu sebenarkan kita masih membutuhkan buku pendamping. Dinas mengharapkn di dalam kegiatan ini akan menghasilkan karya-karya dari para guru sehingga dapat bermanfaat untuk siswa-sisanya, serta dapat meningkatkan budaya menulis.
Direktur Andi Offset Bapak Joko Irawan Mumpuni, memberikan gambaran dan juga motivasi agar para guru-guru di Gunungkidul untuk menulis. Beliau memberikan informasi terkait royalty yang akan di terima penulis saat tulisan atau buku hasil karya guru dapat terjual.
Dalam kesempatan ini Beliau juga menyampaikan bagaimana menulis dan bekerjasama dengan penerbit. Beliau juga menyampaikan bagaimana alur penulisan buku sampai pada proses layout dan juga cetak.

Di sini saat guru bisa menulis sebenarnya banyak mendatangkan keuntungan.
Secara finansial penulis akan mendapatkan royalti, diskon pembelian langsung. Selain itu penulis dapat meningkatkan karir serta kepuasan batin.

Bapak Joko juga menyampaikan terkait naskah seperti apa yang menarik dan dapat di terbitkan. Biasanya penerbit mencari tena yang saat ini baru trending. Untuk buku puisi dan ceroen kurang di minati pasar. Tulis buku dengan tema populer yang saat ini baru banyak diperbincangkan. Penulis tidak perlu kwatir bagaimana mendesain buku dan bagaimana memberi gambar-gambar pada buku karena penerbit sudah bekerjasama dengan ilustrator dan juga editor. Guru tinggal menulis saja.

Alhamdulilah Bpk / ibu Guru jenjang SD sangat terbantu dengan kegiatan worshop ini. Dalam acara Pengembangan Profesi melalui Penulisan buku pendamping Kurikulum Merdeka ini di sesi terakhir sudah di bentuk grup-grup di bagi per mapel yang ada di kurikulum SD. Ahamdulilah acara bisa berjalan sesuai harapan dengan keberhasilan 95%, kerjasama masih berjalan karena bpk/ibu guru dalam proses penulisan buku pendamping ini akan di kawal oleh penerbit Andi agar menjadi hasil yang maksimal untuk bahan ajar anak didik khususnya di kabupaten Gunungkidul.

Sekali lagi terimakasih Penerbit Andi yang telah menfasilitasi kegiatan menulis buku pendamping kurikukum ini.

Untuk info dalam pengawalan berjalannya penulisan bisa melalui group WA yang sudah dibentuk.

” Jika kau bukan anak raja dan juga bukan anak ulama maka menulislah” (Imam Al Ghizali)

Demikian yang dapat saya sampaikan ada kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih salam sehat, tetap semangat dan terus berkarya, salam literasi.

KMACyptd

Day 18

Gunungkidul, 22 Maret 2023

Tinggalkan Balasan