Jadikan Maulid Nabi Muhammad sebagai moment untuk Meneladani Sifat-sifat Mulia Nabi

Jumat 13 Rabiul awal 1445 H atau bertepatan dengan 29 September 2023, SDN Mulusan mengadakan kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara yan di buka dengan mengucap Basmalah dan di lanjutkan dengan pembacaan gema wahyu ilahi yang di baca oleh Ananda Dzaky Kalea peserta lomba MTQ tingkat Kapanewon Paliyan yang mendapatkan juara Satu. Bacaan Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat 21-24 yang begitu menyentuh hati pendengarnya. Sari tilawah yang di baca oleh Ananda Ainun mampu membangkitkan jiwa semangat bagi semua yang mendengarnya.

Acara selanjutnya yaitu tauziah dari Bapak Efa Mardudatun, S.Pd.SD selaku kepala sekolah SDN Mulusan. Beliau memberikan tauziah dengan tema maulid Nabi Muhammad sebagai moment meneladani akhlak mulia Rasul.
Maulid artinya kelahiran. Beliau lahir 12 Rabiul awal tahun gajah. Di karenakan tgl 12 Rabiul awal bertepatan tgl 28 September 2023, maka peringatan di SDN Mulusan dilaksanakan tanggal 29
Firman Alah Al Ahzab : 21

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
Dalam ayat tersebut jelas bahwa dalam diri Rasul terdapat suri tauladan atau uswatun hasanah ( contoh yang baik)
Contoh diantaranya dapat di ambil dari sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, yaitu : amanah, jujur, fatonah dan tablik. Sidiq artinya jujur. Berarti Nabi Muhammad yang kita teladani yang memiliki sifat sidiq yaitu orang yang jujur. Yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengakui Nabi Muhammad Saw sebagai tauladan. Kita maka kita harus mencontoh perilaku beliau. Yaitu kita tidak boleh bohong. Jika kita berbohong pada orang lain artinya kita juga berbohong pada diri kita sendiri.

Yang kedua amanah yaitu dapat di percaya. Jika kita sudah dapat memcontoh sifat Nabi amanah maka kita dapat menerapkanya dengan perilaku dapat di percaya. Misal dalam setiap kelas ada pengurus kelas maka kita harus amanah. Contoh yang lain bila di beri uang orang tua, sebagian untuk infaq dan sebagian jajan. Namun di gunakan untuk jajan.

Yang ketiga fatonah yaitu cerdas.
Bagaimana agar kita cerdas untuk bisa mencontoh sikap Nabi. Yaitu dengan cara sekolah dengan sungguh-dungguh. Belajar dengan rajin dan selalu berusaha melaksanakan tugas sebagai pelajar dengan baik.
Yang Ke-4 Tablik. Artinya menyampaikan.
Di mintai tolong, di perintah maka kita harus melaksanakan.

Dari 4 sifat Nabi jika kita bsa mencontoh, maka alangkah indahnya hidup ini. Mari dari sifat-sifat Nabi Muhammad kita belajar untuk berusaha memperbsiki diri kita masing-masing.
Itulah sedikit tauziah yang di sampaijan oleh Bapak Efa Mardidatun, S.Pd.SD.

Dalam memperingati Msulid Nabi Muhammad SAW, SD Negeri Mulusan juga mengadakan lomba membuat puisi, membuat kaligrafi dan juga menulis kisah Nabi Muhammad SAW bagi kelas 4 sampai dengan kelas 6. Pesera yang mendapatkan juara satu dalam membuat puisi adalah Ananda Afifah kelas 5, juara 1 membuat kaligrafi ananda Tiyan kelas 6 dan juara 1 menulis kisah Nabi Muhammad adalah Ananda Ainun kelas 4.
Sedangkan lomba yang berkelompok berupa grup salawat yang di tampilkan dari kelas satu hingga kelas 3. Dalam lomba ini kekas 3 yang mendapatkan juara 1, kekas 1 mendaoatkan juara 2 sedangkan kelas dua mendapatkan juara 3.

Alhamdulilahirabbil alamin serangkaian kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dapat berjalan lancar. Semoga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini dapat terwujud yaitu meningjatkan ketaqwaan kepada Allah dengan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.
Di akhir acara penyampaian hadiah dan juga penyerahan piala kepada sekolah yang di peroleh siswa yang mengikuti lomba MTQ tingkat Kapanewon Paliyan yaitu :
1. Juara 1 MTQ putra dari Ananda Dzaky Kalea
2. Juara 1 MHQ putra Ananda Naoky
3. Juara MTtq putra dari Ananda Muh Hafiz
4. Juara 1 Pidato putri dari Ananda Haira Atta Putri
5.Juara 2 MTtq putri dari Ananda Afifah
6. Juara Adzan dari Ananda Rosyid

Selamat untuk Pemenang juara satu yang akan maju ke tingkat Kabupaten Gunungkidul. Selat juga untuk siswa yang lain yang bekum mendapatkan juara satu insyaAllah masih ada kesempatan yang lain. Tetap semangat dan jangan menyerah.

Terakhir penyampaian pesan terkait bulliying dari Bapak Abdilah Prajaka, sedikit pesan agar anak-anak berhati-hati dalam berucap dan bertindak agar tidak menyakiti teman lain.

Salam sehat, salam literasi tetap semangat dan terus berkarya.

Gunungkidul, 30 Seotember 2023.

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed