Pembibitan Bunga Bogenvil

Bersyukur kehadirat Allah SWT atas nikmat tak terhingga.  Salah satu nikmat itu berupa tanaman bogenvil dihalaman depan rumah bunga berbunga.  Beberapa tetangga dan warga melintas didepan rumah banyak terkesima menyaksikan keindahan si bunga rimbun berwarna merah meriah.

Bunga bogenvil ditanam dihalaman namun sang bunga menyeruak keluar membatasi pagar. Ketinggian si bunga sampai mencapai kabel kabel sehingga memberikan nikmat pemandangan para pelintas.  Terus berbunga walaupun bunga yang gugur cukup banyak.  Inilah tanda kehidupan makhluk flora yang memberikan kenyaman dalam pandangan mata.

Alhamdulillah, kesuburan tanaman ini bersebab ketekunan keluarga memberi pupuk dan menyiram.  Dimusim kemarau beberapa bulan ini mengharuskan menyiram tanaman yang ada di sekitar kehidupan.

Paling tidak satu kali sehari kami bergantian menyiram tanaman berbunga atau tidak.  Bisa pagi atau sore hari menyiram di halaman depan, belakang di diatas rumah.  Slang panjang disediakan sehingga hampir semua bunga terjangkau tersiram sampai berbasah basahan.

3 hari lalu Pak Rasiman dan Mas Demak merapikan jalan didepan rumah.  Membangun tempat menanam bunga.  Tempat menanam tumbuhan itu berukuran 12.5 m x 60 cm  di sepanjang jalan Bumi Pratama VIII Blok A 23. Tempat ini berfungsui juga sebagai pembatas jalan. Pembatas di cat merah dan kuning sejajar sesuai dengan warna rambu pembatas jalan.

Setelah pekerjaan Rak Rasiman selesai lanjut dipanggil Mas Rian si tangan dingin menanam tambahan pepohonan. Pak RT 05 Haji Maman Rusmana  dan Prof Zulkifli ketika menyaksikan proses bercocok tanam berharap bunga bogenvil bisa di tanam juga di lingkungan sekitar BHP.

Bersebab permintaan itulah Mas Rian Jum’at 29 September 2023 kosentrasi melakukan stek bogenvil.  Ternyata sang ahli merawat tanam tanaman ini memang boleh diandalkan.  Setelah pohon bogenvil distek dipotong ukuran 15 cm seraya melapazkan Bismillah diringi  Shalawat Rasulullah Nabi Muhammad SAW satu persatu stek itu ditanam.

Kemudian setelah 100 lebih stek bogenvil tertanam dilakukan penyiraman  atau tepatnya diawur pupuk .  Oh ya sebelumnya menanam media tanam Mas Rian menyiram tanah sampai basah benar benar basah.  Tujuan  melembutkan menyuburkan tanah.

Pesan sitangan dingin flora

“nanti jangan lupa menyiran pagi dan sore , InshaAllah  dari 100 stek bibit bogenvile ini tumbuh sekitar 75 persen”

Wikipedia. Bunga kertas atau bugenvil (pengucapan bahasa Inggris: [ˌbuːɡɨnˈvɪliə][3] cf. bougainville; nama ilmiah: Bougainvillea, terutama B. glabra) adalah tanaman hias populer. Bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang. Seludang ini mengandung zat yang baik untuk kesehatan. Adib Nurdiyanto, warga Bojonegoro mengolah seludang bunga Bougenville ini menjadi minuman herbal.

Bunga kertas mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, bunga kertas menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.

Mohon doa dan semangat merawat flora.  Semoga proses pembibitan bogenvil berhasil  sesuai dengan niat berbagi.  Biasanya dalam waktu 7 pekan stek itu sudah bisa dipindahkan ke pot pot untuk kita wakaf kan kepada para tetangga.  Khususnya warga RT 05 RW 06 Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Kelurahan Dukuh KeramatJati Jakarta Timur.  Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Demikian berita harian kehidupan keseharian seorang pensiunan.  Kini waktu lebih banyak di rumah selain menulis dn menerbitkan buku.  Kegiatan merawat flora dan fauna sesama makhluk diniatkan untuk berbagi kebaikan. Disamping olahraga tenis meja dan jalan kaki terus  diupayakan agar kebugaran tubuh  terutama sendi lutut terjaga agar tetap bisa beraktivitas.

  • Salam Flora
  • BHP, 30 September 2023
  • TD

Tinggalkan Balasan

2 komentar