Juru Bicara Debat Membenar – benarkan

 

  • Hang Tuah sanak saudara Hang Jebat
  • Panglima Melayu membela kebenaran
  • Diskusi Para Jubir Paslon paska debat
  • Lebih seru semangat bela komandan

Kalau saya melihat ini pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik ini makanannya Pak Anies semua,” ujar Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas Amin), Bestari Barus, kepada wartawan, Sabtu (6/1/2024).  https://news.detik.com/pemilu/d-7128363/jubir-sebut-anies-kuasai-tema-debat-paslon-lain-perlu-keluarkan-energi-ekstra.

Tontonan paska debat di tv paling menyebalkan ketika menyaksikan juru bicara saling membela jagoan. Lebih seru dari debat Paslon karena pakai jurus  ngotot melotot.

Harap maklum jubir menggunakan senjata sakti pamungkas yaitu  membenar benarkan.  Apakah membenar benarkan ini termasuk upaya justifikasi atau malah klarifikasi bisa ditanyakan kepada ahli bahasa.

Tidak Peduli ungkapan pak boss ANEH / tidak masuk akal,  selalu saja ADA pembenar benaran. Mungkin sikap ini merupakan salah satu  tangung jawab moral. Atau boleh juga di tafsirkan sebagai Tupoksi seorang jubir.

Perasaan sebal penyiar tv terungkap ketika menyaksikan samangat si jubir tidak mau berhenti bicara. Berebutan saling sangkal tangkal.  Padahal kita paham terkadang apa nan mereka ucapkan  sebenarnya tidak selalu sesuai hati nurani. Pada dasarnya para jubir itu warga negara intelektual dan cerdas

Termasuk para Panelis ikut ikuatan sebal menyaksikan cara bicara para jubir berada di tingkat emosional tinggi.  Bisa jadi tertular oleh Pak Boss. Tak pelak diskusi di TV paska debat terjadi  saling ledek meledek. Nyaris off side

Sedihnya awak dan para  pemirsa tak bisa melerai perkelahian.  Entah dimana akal sehatnya Rocky Gerung bersembunyi di – arena debat kusir itu.

Apa boleh buat awak dan mungkin anda cuma bisa mengatakan

“Tampaknya anda para jubir lebih cocok tampil di acara debat KPU”

hahahahaha

Melihat wajah jubir terkadang timbul  rasa iba dan kasihan Kog sampai begitu nya bela belain komandan. Sobat perusuh lebih paham apa makna membela yang benar atau membela yang ba…..kar

Awak paham bagaimana suasana hati nurani sang jubir. Sehari sebelum Debat ke  4 nanti mereka khusyu berdoa

” Semoga Pak Boss tidak terlalu banyak menyampaikan materi debat  aneh aneh, sehingga  kami para Jubir tidak terlalu sulit melakukan perlawanan mem bela belain  juga membenar benarkan ”

Amin

  • Salam salaman
  • Salam Leiterasi

Tinggalkan Balasan

4 komentar