Salamsalaman Paska Debat

Beberapa teman khawatir debat capres pamungkas akan berlangsung seru, tegang mendebarkan. Betapa tidak, merujuk debat sebelumnya aura panas sangat terasa.  Bahkan keseruan itu terus berlangsung digaungkan paska debat di arena kampanye.

Apakah sedeemikian membekas dihati akibat debat Anies Baswedan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.  Anda perhatikan terkadang sampai sampai Capres  lupa memyampaikan program  justru mengulamg ulang kekisruhan perdebatan itu di depan rakyatnya.

Saya mengikuti debat dalam kondisi prasaan was was.  Berdoa semoga Capres bisa mengendalikan diri seperti yang saya tulis di posting Debat Bermartabat.

Alhamdulillah pada sessi menjawab pertanyaan Panelis yang dilanjutkan tanya jawab suasana debat adem. Tampaknya Capres sangat  menyadari bahwa rakyat menonton langsung banyak berharap.  Dambaan rakyat  Calon Presiden memiliki kepribadian kepemimpinan tenang, berwibawa tidak emosi dan fokus.

Kemudian rasa was was itu mengumpal lagi ketika masuk sessi terakhir.  Sessi ketika Capres langsung bertanya satu sama lain.  Tak terduga suasna kembali adem.  Tidak ada hentakan perntanyaan yang saling menyudutkan.  Perhatikan ketika Anies Baswedan menyapa

” Bapak Prabowo yang saya rormati”

Luar biasa.  Inilah cara seorang pemimpin memberi contoh.  Mendawamkan kaedah : ketika anda ingin di hormati dan dimuliakan maka wajib huklumnya terlebih dahulu menghormati siapa saja.

Satu lagi ungkapan terbaik ketika menjawab.  Anies Baswedan mengatakan :

” Pak Prabowo saya setuju dan izin melengkapi pendapat Bapak”

Sekali lagi penonton merasa lega menyaksikan ke rendahan hati dan adab para calon pemimpin.  Kita semakin bernapas lega ketika Pak Prabowo memuji Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan terbaik. Kata penutup meminta maaf dan saling memaafkan patut diacungkan jempol.

Demikian sekelumit tanggapan menyaksikan debat pamungkas Capres. Satu hal yang bisa dipetik dari suasana damai tersebut akan ada pengaruh  sangat besar untuk mendinginkan suasana panas para pendukung  menjelang pencoblosan.

Sungguh sangat bijak para calon pemimpin kita lebih mengedepankan persatuan. Pilihan rakyat boleh berbeda sesuai keyakinan karena itulah hak demokrasi. Persahabatan dan kekeluargaan sebagai sesama anak bangsa dalam koridor persatuan  jangan sampai kita terbelah terpecah.

Siklus 5 tahunan menentukan Pemimpin terbaik menuju perubahan ada ditangan anda semua. Perubahan bermakna bagaimana  menghilangkan ketimpangan dengan mengedepankan azas keadilan, Membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar. Memastikan negara hadir dalam mendistribusikan kesetaraan kesempatan.

Sesungguhnya Salamsalaman Capres memberikan energi positif di pesta demokrasi 2024. Inilah cara cerdas dalam memberikan contoh teladan berupa pendewasaan cara berpikir, bertindak dan pengambilan keputusan menuju kedamaian dalam Pesta Demokrasi Kontestasi Pilpres 2024.

Sebagai warga negara kita patut bersyukur. Mari kita berdoa semoga Prosesi Pilpres berjalan damai aman dan tertib.  Para petugas  mendapat amanah sebagai petugas KPPS dalam lingkup Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja Profesional, Luber dan Jujur serta Adil.

  • Salamsalaman
  • BHP, 5 Februari 2024
  • TD

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar