Semarak Bedah Buku NBO Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari

 

Buku Isnpirasi Al Qur’an Sepanjang Hari (2022)Barcode ISBN 978-623-5631-83-7  Nomot Urut Terbit YPTD  : 334

 

Penulis : Isson Khairul & Thamrin Dahlan

  • Komunitas Ngaji Bareng Online teladan
    Dipersuakan dengan sahabat seiman
    Semoga istiqomah menjaga iman
    Saling mendoakan dan mengingatkan

Komunitas Ngaji Bareng Online (NBO) bersilaturahmi secara tatap muka, setelah 2 tahun lebih  online. NBO sekalian launching buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari. Buku setebal 432 halaman itu ditulis oleh 62 penulis anggota NBO. Komunitas ini diprakarsai oleh Dr. Ir. Muhammad Hasanuddin Thoyieb, MM., Wakil Rektor 3 Universitas Dian Nusantara, Jakarta Barat.

Prof Suharyadi Rektor Universitas Dian Nusantara dan Pembina NBO Menyampaikan Ucapan Selamat datang

Rektor Universitas Dian Nusantara Prof. Dr. H. Suharyadi, M.S., Sabtu, 25 Februari 2023 lalu itu, berbaur bersama anggota NBO. Secara struktural, Beliau Pembina NBO.

“Kami mendukung aktivitas komunitas ini, karena secara substansi, apa yang dilakukan oleh NBO sama-sama berada dalam tatanan edukasi dengan Universitas Dian Nusantara,”

ujar Suharyadi di sela-sela diskusi buku tersebut.

Era digital, membuka ruang seluas langit. Itulah yang terjadi pada Sabtu, 25 Februari 2023 lalu. Lebih dari 200 orang dari berbagai lapisan sosial ekonomi, berkumpul dan bersilaturahmi secara tatap muka. Semua langsung akrab, sungguh sangat  meriah. Alangkah indahnya. Padahal, ini adalah tatap muka pertama, setelah 2 tahun lbih jamaah NBO berkumpul dan bersilaturahmi dunia maya secara online melalui perangkat digital.

Kopi Darat Bedah Buku  Menwujudkan Sahabat Dunia Maya Menjadi Sahabat Dunia Nyata

Pertemuan pada Sabtu, 25 Februari 2023 lalu itu, berlangsung di Aula Universitas Dian Nusantara, Kampus Tanjung Duren, Jakarta Barat. Pertemuan  ditandai  peluncuran sekaligus bedah buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari. Buku ini dipersiapkan dengan sungguh-sungguh dan merupakan buku perdana NBO.

Buku tersebut memuat kumpulan tulisan dari 62 penulis semua anggota aktif NBO. Mereka merupakan bagian dari 1.000 umat Islam terhimpun dalam Komunitas NBO. Beragam kisah inspiratif, dengan beragam tema, dikumpulkan dalam buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari, setebal 432 halaman.

Bedah Buku NBO Panitia Profesional Hasil Maksimal

NBO adalah akronim dari Ngaji Bareng Online. Komunitas ini diprakarsai oleh Dr. Ir. Muhammad Hasanuddin Thoyieb, MM., yang merupakan Wakil Rektor 3 Universitas Dian Nusantara. Ngaji Bareng Online tersebut sudah berlangsung dua tahun, digelar 5 kali dalam seminggu, dimulai pukul 05.15 WIB. Fokusnya adalah membahas Al-Quran dan Islam.

Hingga saat ini, Ngaji Bareng Online sudah berlangsung lebih dari 556 episode. Di tiap episode, Komunitas NBO ini mengundang tokoh-tokoh penting dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuan. Dengan demikian, anggota komunitas bisa berinteraksi dengan para tokoh tersebut secara online, melalui perangkat digital.

  • Potonglah kuku rapikan penampilan
    Sebelum berangkat mengikuti pengajian
    Kahadiran buku perekat persahabatan
    Karya Jamaah NBO bukti keberadaan

Para tokoh yang pernah diundang Komunitas NBO ini, antara lain, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Rektor PTIQ/Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Made Dana Tangkas, mantan Direktur Toyota Motor Industry, Dr. Setyanto P. Santosa, Komisaris Independen PT Visi Media Asia Tbk., dan Bari Arijono, Ketua Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI).

Ibu Ibu Jamaah NBO Menyampaikan Asmaul Husna

Anggota Komunitas NBO juga berasal dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuan. Mereka sesungguhnya adalah juga tokoh, sesuai profesi dan keilmuan yang mereka emban. Itu artinya, mereka juga memiliki beragam kisah inspiratif yang relevan untuk di-share kepada khalayak luas.

Buku Inspirasi 62 Penulis

Dari situlah muncul gagasan untuk menuliskan serta membukukan kisah inspiratif anggota Komunitas NBO ke dalam buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari ini. Sebagai langkah awal, tampilnya 62 penulis dalam buku ini, tentulah patut kita apresiasi. Apalagi kisah-kisah yang ditampilkan benar-benar menginspirasi, menggugah kesadaran, dalam konteks menumbuhkan spirit hidup.

  • Perjalanan darat melintas perlahan lahan
    Selalu bershalawat Rasulullah Shalallahi wassalam
    Kopi darat NBO sudah lama diidam harapkan
    Bersua sahabat tersayang bersalam salaman

Mengabadikan Suasana Kopdar Menjadi Kewajiban Jamaah NBO Agar Kenangan Terrekam Abadi

Doktor Memed Gunawan, penasehat NBO, menuturkan, 62 kisah inspiratif tersebut benar-benar merupakan sari pati tesimoni kehidupan. “Bertolak dari realitas kehidupan serta dituliskan dengan sepenuh hati. Karena itulah, tulisan beragam tema tersebut sangat menggugah, menyentuh, serta mencerahkan,” ujar Memed Gunawan, yang menjadi salah seorang editor buku tersebut.

Lebih jauh, Bapak Memed Gunawan menuturkan, yang kita baca dari buku itu sesungguhnya bukan sekadar kata-kata dan alinea, tapi nukilan perjalanan kehidupan banyak manusia. Sebagai pembaca, misalnya, kita mungkin memiliki banyak pertanyaan yang belum kita temukan jawaban serta solusinya. Melalui beragam tulisan yang merupakan nukilan pengalaman hidup banyak orang ini, besar kemungkinan kita menemukan jawaban serta solusi yang dimaksud.

  • Senyum ceria jamaah NBO saling menyapa
  • Prof Suharyadi, Ustazd Hasan dan Panitia semua
    Terima kasih kita berbahagia kini bisa bertatap muka
    Selama ini jamaah sedunia hanya terilihat didunia maya

Lagi pula, bukan kah proses belajar-mengajar di era digital kini, bisa berlangsung di mana saja. Dengan teknologi digital, Ngaji Bareng Online (NBO) bisa menjangkau serta dijangkau publik lebih luas. Bahkan, anggota NBO bukan hanya tersebar di seluruh tanah air, tetapi juga banyak berada di luar negeri.

Oh, ya, isi buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari, secara jenis tulisan bunga rampai (antologi)  Ada yang berupa catatan harian, artikel, bahkan ada yang berbentuk puisi. Keberagaman tema sekaligus keberagaman jenis tulisan tersebut, justru menunjukkan, betapa luas minat para anggota NBO yang berpotensi untuk terus dikembangkan.

Buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari  diterbitkan Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) Jakarta.Barcode ISBN 978-623-5631-83-7  Nomot Urut Terbit YPTD  : 334.  Penerbit YPTD  nirlaba membantu para penulis menerbitkan buku secara gratis. Penerbit YPTD dideklarasikan pada Rabu, 19 Agustus 2020, konsisten menerbitkan buku ber-ISBN (International Standard Book Number).

Hingga kini, sudah lebih dari 363 judul buku diterbitkan di fasilitasi YPTD. Kita tahu, Penerbit YPTD adalah lembaga wakaf keluarga, yang dipimpin oleh Thamrin Dahlan, Kompasianer yang memulai kiprahnya di Kompasiana sejak Jumat, 20 Agustus 2010.

Penyerahan Buku Inspirasi Al Qur’an Sepanjang Hari ke Perpustakaan Nasional  Rabu 18 Januari 2023

Dua eksemplar bukti fisik buku Inspirasi Al-Quran Sepanjang Hari tersebut, sudah diserahkan Penerbit YPTD ke Perpustakaan Nasional, Jalan Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat, pada Rabu, 18 Januari 2023, pukul 10.30 WIB. Hal ini mengacu kepada amanat Undang-Undang No. 13 Tahun 2018 tentang Serah Terima Karya Cetak dan Karya Rekam.

  • Sungguh menawan tutur kata nan indah
    Ibarat pantun nasehat menenangkan jiwa
    Alhamdulillah Bedah Buku NBO Meriah
    IshaAllah segera terbit buku kedua

Sejatinya Kerja Keras Ikhlas Panitia Bedah Buku tidak menghianati hasil. Panitia bekerja kerasama selama 1 bulan mempersiapkan acara akbar kopdar dibawah Arahan Prof Suharyadi dan Ustazd Hasannudin Thoyieb  Semua Panitia berperan aktif produktif.  Lihatlah Ibu Hj. Fadlun Umar  menyediakan sajian makanan.  Demikian pula Ibu Emmy Barokah dan Ibu Susi Rai termasuk Mas Rengga dan Tim Universitas Dian Nusantara. Terbersit rasa puas dan bangga mempu menyajikan moment terbaik untuk syiar Agama Islam.

Rekam Jejak Bedah Buku tersimpan abadi di dunia digital.  Liputan TVRI, Dokumentasi Foto Panitia dan Peserta dan Video Karya Bang Isson Khairul serta posting tulisan di website YPTD terbitkanbukugratisiid di kompasiana.com serta media sosial lain.

Sesungguhnya upaya berbagi kebaikan tidak ada nan sia – sia.  Inilah salah satu warisan Literasi Islami untuk kedigjayaan Umat Islam Dunia.  Tak kalah penting kerja bareng kita ini merupakan wasiat untuk anak cucu di kemudian hari.  InshaAllah bermanfaat.  Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Jakarta, 2 Maret 2o23

Isson Khairul / 087872875655

Duduk Baju batik

Youtubers

Wartawan Senior

Tinggalkan Balasan

5 komentar