Salam Literasi Uda

Salam Literasi Uda.  Itulah sapaan hangat Inspektur Jendral Polisi (Purn) dr Arthur Tampi setiap berjumpa.  Bisa jadi ini salam spesial kepada Anggota Paguyuban Purnawirawan Kesehatan Polri (P2KP) Kombes Pol (P) Thamrin Dahlan seorang Pegiat Literasi.  Makna sapaan Jendral Bintang 2 ini sebagai bentuk aspirasi dan kepedulian terhadap rekam jejak digital terkait bidang jurnalistik.

Literasi era modern tidak terbatas pada sekedar  membaca, menulis dan menerbitkan buku. Maraknya kegiatan Literasi merupakan indikator kecerdasan kehidupan bangsa ketika produktivitas masyarakat semakin meningkat seiring kemampuan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

 

Bersama kompak membentuk jari jempol dan telunjuk menjadi huruf L itulah sapaan Literasi Nasional.  Dokpri

Bukan suatu kebetulan Selasa 4 juni 2024 bejumpa Kapusdokkes Polri (Periode 2015- 2022) di Rumah Sakit Polri Kramatjati. Dr Arthur mengenakan seragam P2KP sehubungan menyampaikan Testimoni Hari Bhkati Sosial Kesehatan Polri 2024. Beliau tampak tetap gagah, segar tidak ada perubahan sikap walaupun sudah purna. Semangat dan senyum khas Menado itulah yang menebarkan enerji positif bagi teman bicara.

Saya bersilaturahmi menyampaikan sumbangan 4 judul buku untuk Koleksi Pustaka Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tk 1 RS Sukanto Brigadir Jendral Polisi dr Haryanto, Sp. PD.

 

4 Buku Karya Thamrin Dahlan dari 52 Judul Buku telah diterbitkan  / Dokpri
Prabowo Presidenku (2013)
Polisi Juga Manusia versi Tede (2016)
Kumpulan Pantun (2017)
Thamrin Dahlan 70 Tahun Rekam Jejak Literasi YPTD (2022)

Rekam jejak Digital Irpen Pol (P) dr Arthur Tampi / Dok Google.com

Rekam jejak digitas Liputan Media  terkait kegiatan Kapusdokes Polri / Dok google.com
Berbincang di ruang kerja  Kepala Rumah Sakit Polri ditemani Kabid DVI Ro Dokpol Pusdokkes Polri KBP drg Ahmad Fauzi, MM, GDFO, Sp. OF, Subsp. IOF (K) lebih kepada berbagi pengalaman dalam pelaksanaan tugas.  Menurut Dr Arthur berdasarkan pengalaman puluhan tahun mengabdi bahwa kepintaran seseorang itu hanya terpakai 35 Persen.  Justru kemampuan bekerja sama dalam tim pada lintas sektoral itulah yang sangat menunjang keberhasilan tugas.

Dedikasi dan loyalitas pada tugas nol toleransi. Menghadap komandan  modal 2 kosa kata saja. Mohon Arahan dan Siap Laksanakan. Siapapun komandan pasti atensi ke anak buah yang bertanggung jawab, menyelesaikan tugas cepat dan inshaAllah bonus cepat naik pangkat.  Demikian pesan Komamdan

Benar saja coba search rekam jejak di google.com nama dr Arthur Tampi.  Terdokumentasi begitu banyak kegiatan baik berupa dokumentasi gambar maupun reportase kegiatan operasional Kapusdokkes Polri pada masanya dari media pers.  Diantara rekam jejak digial  ada beberapa tulisan saya  posting di website kompasiana.com dan website Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) terbitkanbukugratis.id. dan Facebook.

https://www.kompasiana.com/thamrindahlan/5d7f93fe0d823053f8270623/jangan-sampai-ada-celah-sedikitpun-kalau-tak-ingin-tercela?page=2

Patut di syukuri generasi penerus Pusdokkes Polri dan jajaran telah memanfaatkan Teknologi Informasi. Saya terkesan kebijakan Dr Haryanto membuat Program Pod Cast.  Bidang Humas Rumah Sakit Polri Kramatjati di optimal kan sehingga seluruh kegiatan terdokumentasi. Ada baiknya meng abadikan  dokumentasi kegiatan ke website dan share ke domain internet yang memiliki extension .com, go.id dan .id.  Tidak ada salahnya share juga ke Facebook Devisi Humas Polri sehingga seluruh kegiatan terpantau Mabes Polri.

Catatan penting dari pertemuan antara senior dan junior Dokkes Polri bidang literasi  adalah upaya mendokumentasi setiap kegiatan jajaran Pusdokkes Polri.  Dokumentasi berbentuk  Laporan kegiatan, Seminar, Kunjungan, Kinerja Rumah Sakit Bhayangkara hendaknya di share ke media sosial. Begitu besarnya dampak positif media sosial di era modern ini.  Informasi semakin luas di akses mesyarakat bagaimana kirah Polri dalam menjalankan tukagas melayani mengayomi masyarakat.

Pesan Literasi

Bacallah buku agar anda mengenal dunia
Menulislah agar anda di kenal dunia
Terbitkan buku agar anda di kenang dunia
Tak terasa perbincangan 35 menit manambah waswasan dan membuka cakrawala bahwa kita semakin menyadari kebenaran petuah pujangga  Semakin banyak anda tahu maka semakin banyak anda tidak tahu.  Betapa besarnya kekuasaan Tuhan Yang Maha Kuasa tinggal bagaimana manusia peka kemudian mampu mengaplikasikan kebaikan dan kebajikan dalam kehidupan sehari hari ditengah lingkungan.

Sebelum berpisah Dr Haryanto berharap ada kaderisasi penulis di bidang literasi.  Saya termenung sejenak sembari melirik KBP Drg  Ahmad Fauzi.   Kaderisasi itu sudah ada hanya tinggal bagaimana adik adik generasi penerus Dokkes Polri memanfaatkan teknologi informasi.  Kegiatan sederhana yaitu mencatat kemudian membuat laporan setiap kegiatan dan kemudian men share di media sosial.  Rumus reportase semua sudah paham 5 W 1 H.

https://www.kompasiana.com/thamrindahlan/5c74ba366ddcae1ba30133d3/untung-ada-organisasi-wadah-pensiuan

Dalam kakasitas sebagai Ketua Umum P2KP , Dr Arthur lanjut ke acara rekaman testimoni di Kantor P2KP Kawasan Apartemen RS Polri.  Karumkit Polri  mempersiapkan Seminar Internasional Rabu 5 Juni 2024 key note Speaker Menteri Kesehatan RI dan Arahan Kapusdokkes Polri Irjen Pol Dr dr Asep Hendradiana, Sp. An KIC., M. Kes

Saya lanjut mengikuti pembahasan revisi Anggaran Rumah Tangga P2KP bersma BJPP Dr Aidy rawas, BJPP dr Lenny,   KBPP dr Lukman Hakim,  KBPP Sri Sundari dan Mbak Indri serta Mas Pras di ruang kerja Kantor P2KP. Alhamdulillah Konsep draft ART tuntas dibaha dan siap  di plenokan pada Musyawarah P2KP.

Tinggal di tangsi daerah Slipi
Perumahan dekat rel kereta api
Salam Literasi Jendral Arthur Tampi
Memberi motivasi pekerjaan terpuji
Salam Literasi
BHP, 6 Juni 2024
TD

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Irjen Pol (P) dr Arthur Tampi : Salam Literasi”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/thamrindahlan/6661156734777c64002c4a64/irjen-pol-p-dr-arthur-tampi-salam-literasi?page=all#section1

Kreator: Thamrin Dahlan

 

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tinggalkan Balasan