Haornas

Peringatan Hari Olahraga Nasional dirayakan setiap tanggal 9 September.  Tahun 2023 jatuh pada hari Sabtu yang merupakan hari libur. Week end waktunya berolahraga

Kali ini awak tak ingin memberitakan bagaimana pemerintah menyambut Haornas. Izinkan membahas sepintas makna olahraga bagi seorang lanjut usia.

Anda semua sudah sering mendengar istilah mensana in coorposana. Dalam raga yang sehat terdapat jiwa sehat. Bisa juga dibalik dalam jiwa sehat terdapat raga sehat.

Bagi awak lansia, kegiatan olah raga boleh dikatakan sebagai life style. Gaya hidup dimaknai sebagai kegiatan keseharian yang sudah menjadi kewajiban.  Kewajiban didorong karena pemahaman bahwa gerak badan sudah merupakan kebutuhan.

Menjaga kebugaran tubuh sangat  berkaitan dengan kualitas kesehatan. Secara rutin dan teratur tubuh ini wajib di panaskan

Artinya berolahraga diupayakan sampai di titik zona latihan. Indikator panas itu sangat sederhana. Baju kaos anda basah. Berkeringat itulah tanda gerak badan memiliki nilai bermakna untuk  kebugaran tubuh.

Tentu saja sesuai kaedah olahraga yang benar  mulai warning up 5-10 menit. Masuk zona latihan sampai berkeringat 30 menit. Akhirnya gerak badan calling down atau pendinginan.

Berjalan kaki 3 x dalam sepekan, bermain tenis lapangan dan pimpong 2 x seminggu. Itulah cara awak menjaga kebugaran.

Bukan lagi mencari prestasi namun yang didapatkan adalah suasana kegembiraan. Silaturahmi bagi lansia merupakan life style.

  • Salam Olahraga
  • Bhp 9923
  • Tede

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. Wah Pak Haji luar biasa makanya selalu tampak sehat dan bugar. Hobi saya sama dengan Pak Haji setiap sore saya selalu latihan tenis meja. Walaupun sudah tua tapi saya tetap semangat untuk main tenis meja tidak hanya menyehatkan juga menghibur dan bisa menjadi tali silahturahmi dengan karyawan dan teman.