Selamat Hari Literasi Internasional

Setiap tanggal 8 September para penulis dan penerbit  diseluruh dunia merayakan hari literasi internasional.

8 September 2023 diperingati sebagai Hari Literasi Internasional atau International Literacy Day (ILD). Peringatan yang juga disebut sebagai Hari Aksara Internasional ini diperingati setiap tahunnya  .

Hari ini diproklamasikan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada tahun 1967 dan dirayakan setiap tahun. Untuk tahun ini, UNESCO telah merilis Tema Hari Literasi Internasional 2023.

Tema Hari Literasi Internasional 2023
Seperti dilansir laman resminya, UNESCO mengusung Tema Hari Literasi Internasional 2023 dengan slogan

Promoting literacy for a world in transition: Building the foundation for sustainable and peaceful societies’

‘Mempromosikan literasi untuk dunia dalam transisi: Membangun fondasi untuk masyarakat yang berkelanjutan dan damai’.

Dengan tema tersebut, Hari Literasi Internasional 2023 akan dirayakan di tingkat global, regional, negara, dan lokal di seluruh dunia. Di tingkat global, konferensi akan diselenggarakan secara langsung dan online pada hari Jumat, 8 September 2023, di Paris, Prancis. Perayaan global ini akan mencakup upacara penghargaan UNESCO International Literacy Prizes untuk mengumumkan program pemenang hadiah yang luar biasa tahun ini.

Hari Literasi Internasional 2023 juga akan menjadi kesempatan untuk bergabung dalam upaya mempercepat kemajuan menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 (SDG4) tentang pendidikan dan pembelajaran seumur hidup dan untuk merefleksikan peran literasi dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif, damai, adil, dan berkelanjutan.

Jakarta ikut merayakan Hari Literasi Internasional atau dikenal juga sebagai Hari Aksara Nasional yang jatuh pada 8 September 2023. Perayaan dikemas dalam Festival Literasi Jakarta 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta Firmansyah, Jumat (8/9/2023), dalam pembukaan Festival Literasi Jakarta 2023 di Galeri Emiria Soenassa dan Galeri S Soedjono, Taman Ismail Marzuki, mengatakan, indeks literasi Jakarta saat ini ada di angka 72,73.

Sejumlah upaya sudah dilakukan untuk mempertahankan indeks literasi Jakarta. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta menyediakan 40 mobil perpustakaan keliling yang tersebar di lima wilayah kota administrasi di Jakarta.

”Upaya itu untuk menumbuhkembangkan dan mempertahankan budaya dan minat membaca di semua kalangan di DKI Jakarta,” ucap Firmansyah.

Penerbit YPTD sebagai salah satu pegiat literasi Indonesia fokus dalam upaya menerbitkan buku. Sejak berdiri 19 Agustus 2020  sampai Agustus 2023 YPTD telah menerbitkan 380 Judul Buku karya 300 orang Pengarang.

Buku ber lisensi ISBN sudah diserah simpankan Penerbit YPTD di Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Provinsi Daerah Khusus Jakarta. Kewajiban Penerbit tertuang dalam UU No 13 Tahun 2018 berupa serah simpan karya cetak (buku) sebanyak 2 exp untuk setiap judul buku yang telah mendapatkan Barcode ISBN.

Semangat Literasi terhimpun dalam website YPTD terbitkanbukugratis.id dan WAG sebagai wadah komunikasi, informasi dan edukasi literasi.

  • Salam Literasi
  • BHP 8 September 2023
  • YPTD

Tinggalkan Balasan