Tiga Kunci Sukses Dunia

Silaturahim Keluarga Besar Peto Kayo Sabtu 9 September 2023 di Rumah Gadang  Taman Cimanggu Bogor. Ustazd Ramadhan menyampaikan Tausyah singkat.

Tausyah bernuansa Tabligh 3 Kunci Hidup Bahagia dan Sukses di dunia.

1. Bertakwa, yakni melaksanakan perintah Allah Ta’ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Bertakwa ini disertai dengan tawakal.

Allah Ta’ala berfirman surat Ath Thalaq ayat 2-3:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.”

Dalam Tafsir Al Qurtubi 18: 159, Ibnu ‘Abbas, salah seorang sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menafsirkan ayat tersebut dengan, “Allah akan mengadakan baginya jalan keluar” yaitu dengan takwa, Allah akan menyelamatkannya dari kesulitan di dunia dan akhirat.

2. Berbakti Kepada Orang Tua

Kunci kedua untuk meraih kesuksesan menurut Islam bisa diraih dengan berbakti kepada orang tua. Sebab, dengan berbakti kepada orang tua, maka Allah Ta’ala akan memudahkan dan memberi jalan menuju kesuksesan di dunia dan di akhirat.

Hal ini sesuai dengan suatu hadits. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).”

3. Rajin Berdoa

Doa adalah senjata umat muslim. Dengan Allah yang Maha Mendengar, atas izin-Nya, Dia akan mengabulkan doa-doa yang disampaikan oleh hamba-Nya.

Dan dengan berdoa segala urusan dan kesuksesan mudah diraih. Anjuran untuk memperbanyak doa ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal:

1. Allah akan segera mengabulkan doanya;
2. Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan;
3. Allah akan menghindarkan (dirinya) dari kejelekan yang semisal.

Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allahu aktsari (biar Allah yang memperbanyak).” (HR. Ahmad )

Terdapat bacaan doa yang dapat dihafal dan dibacakan untuk dimudahkan dalam setiap urusan. Berikut doa tersebut

Allahumma laa sahlaa illa maa ja’altahu sahlaa wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Wallahualam Bissawab

 

Salam Takziem

  • BHP, 10 September 2023
  • YPTD

Tinggalkan Balasan

1 komentar