Tumbuhan Produktif BHP

Penanaman Tumbuhan Produktif di Hutan Kota BHP

Kawasan rimbun banyak pepohonan besar yang ada di kawasan Perumahan Buki Harapan Permai (BHP) merupakan anugrah Illahi.   Betapa tidak RW 06 Kelurahan Dukuh Kramat Jati Jakarta Timur jaraknya dengan pusat kota hanya sepelemparan batu benar benar kawasan nan sejuk nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

  • Emak emak senam  pakai seragam
  • Diiringi lagu dangdut penyanyi pujaan
  • Bukan menanam sembarang menanam
  • Tanaman produktif menghasilkan buah buahan

Pohon Produktif Durian, Mangga, Rambutan dan Klengkeng siatp ditanam

“Dekat kemana mana”

Demikian testimoni seorang warga yang telah mukim di BHP  sejak dibangun dan dihuni tahun 1985. Dekat dalam artian lima menit keluar dari BHP sudah bertemu pintu jalan tol Jagorawi, TB Simatupang. Soal jalan tol macet itu bukan urusan saya.

Ech ngelantur sedikit sebelum reportase Tumbuhan Produktif dilanjutkan. Perihal kalimat Itu bukan urusan saya akhir akhir ini menjadi viral.  Entah siapa yang memulai. Apakah ini makna lempar batu sembunyi tangan atau lepas tanggung jawab awak tak begitu paham.

 

Cangkul yang Dalam jangan lupa menyiram

Terima kasih banyak disampaikan Ketua RW 06 Bapak Adityawarman kepada Pemerintah Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur. Sumbangan pohon produktif ini bukan saja menambah keteduhan wilayah BHP namun pohon akan menghasilkan buah buahan segar bisa dinikmati setiap warga.

Kepedulian warga terhadap keindahan lingkungan BHP dengan cara menanam kemudian merawat bunga terlihat di RT 05 dan RT 02.  Bli Dewa Banjar di sekitar rumah penuh dengan tanaman yang ditata dengan baik sekali.  Demikian pula bersebelahan ada Pesantren Tahfizd Fahliza.  Cak Sunarto dan Ibu Sarah mengajarkan Santriwati agar mencintai makhluk apakah itu flora ataupun fauna.

 

Ahad, 10 September 2023 Aparat Pemerintah Kecamatan Kramatjati  memberi  sumbangan 30 pohon tanaman produktif. Acara seremonial hanya  sembentar saja. Warga BHP langsung saja melakukan  kegiatan menaman tumbuhan produktif.

Dalam tahun yang sama Pemerintah Walikota Jakarta Timur telah pula menanam 50 pohon Tabebuya di BHP.  Fakta : RW 06 Kelurahan Dukuh lambat laun menjelma menjadi kawasan destinasi wisata.  Bukan saja untuk berolahraga di tempat nan indah dan nyaman disini juga terdapat Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) dijamin ke maknyus an cita rasa.

 

Ibu Megawati mengawasi kinerja PPSU Kelurahan Dukuh

Tumbuhan produktif itu lebih banyak ditanam di Hutan Kota. Alhamdulillah di kawasan BHP terutama di sekitar RT 05 dan RT 02 ditetapkan sebagai Hutan Kota. Patutlah disebut demikian bersebab puluhan pohon besar besar menjulang tinggi ada di sekitar atau sepanjang kali cipinang.

Paru paru alam ada disini. Ketika polusi Ibukota Jakarta sedang menjadi perhatian dunia, InshaAllah Paru paru Warga BHP dilindungi  pepohonan nan sangat subur dan rimbun.

Kawasan Hutan Kota nan Rimbun dan Rindang menjadi Paru Paru BHP

Pak Adityawarman Ketua RW 06, Haji Maman Ketua RT 05 dan warga langsung memegang cangkul. Menaman sumbangan tumbuhan produktif seperti pohon  durian,  pohon mangga, pohon rambutan dan pohon klengkeng di sekitar Taman Kota.  Sementara itu PPSU di pimpin Ibu Megawati Satf Kelurahan Dukuh menyebar tanaman pohon produktif di 6 RT lain.

Musim hujan masih lama,  Oleh karena itu ada kewajiban warga menyiram di musim panas ini.  Paling tidak 2 kali sehari menyiram agar pohon produktif itu bisa tumbuh subur.

 

  • Rusa menjangan bermain di taman
  • Tertidur rebahan dibawah pepohonan
  • Warga jangan lupa menyiram tanaman
  • Agar tumbuhan produktif segera menghasilkan

Ketika nanti pohon durian mangga rambutan sudah berbuah maka emak emak harus lebih siaga. Ya  berjaga jaga bersama Satpam sebelum buah buahan nan manis keduluan dipanen burung ataupun orang jalanan.

  • Salam Literasi
  • BHP 11 September 2023
  • TD

 

Tinggalkan Balasan

2 komentar