Apa Itu Aplikasi e Hac

YPTD0 Dilihat
Pramugari pesawat city link menginformasikan kapada para penumpang agar mengaktifkan aplikasi eHac. Informasi tersebut disampaikan menjelang landing di Bandara Minang Kabau Sumatera Barat.
Awak pikir apa pulak nih aplikasi eHac. Santai saja ketika turun dari pesawat Kamis 5 November 2020 pukul 18.00. Penumpang sore itu tidak penuh, sesuai aturan physical distancing pesawat hanya membawa 2/3 penumpang dari kapasitas 31 row x 6 set.
2 orang penjemput sudah menunggu di lobby bandara. Personil Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar menanyakan aplikasi eHac. Ah rupanya serius protokol kesehatan penerbangan ketika akan meninggalkan bandara.
Untunglah mereka sigap sehingga awak bisa keluar bandara setelah mengggunakan aplikasi di hp Briptu Andri.
” nanti komandan kami instalkan aplikasi eHac”
Ternyata inilah procedure pandemic covid 19 yang diberlakukan kepada semua penumpang guna mendata orang yang masuk ke satu daerah.
Dalam perjalanan menuju kota Padang Angku Bli menginstall aplikasi eHac di Hp awak.
“Ndan, memory penuh harus dihapus data dan beberapa aplikasi agar bisa install”
Betul sekali sodara. Hp awak sesak, penuh data dokumentasi foto dan video. Setiap hari ratusan kiriman informasi masuk tanpa bisa ditolak. Itulah sebabnya hp harus dibersihkan dengan cara menghapus semua data tersebut agar bisa menginstall aplikasi e Hac.
Jamuan makan malam bersama personel Biddokkes Polda Sumbar dan Rumkit Bhayangkara di resto Lamun Ombak. Alhamdulillah salero bagindo terpenuhi bersebab bersua dengan teh talua dan sambal padeh udang satang.
KBP dr Sucipto bercanda ke Waka Rumkit dan segenap personil
” ayo semua yang dihidangkan dihabiskan kalau tidak nanti juru masak marah”
Kami semua tergelak, baru kali ini mendengar kisah juru masak merasa tersinggung karena dianggap olahan masakan tidak maknyoes, hahaha.
Setiba di hotel awak bersih bersih termasuk mendelete aplikasi yang tak perlu di Hp. Aplikasi yang jarang digunakan dan 750 dokumentasi foto dari kamera terpaksa dihapus agar bisa install eHac.
Alhamdulillah kini aplikasi eHac rekaan Kementerian Kesehatan RI sudah tertanam di hp melalui play store. Cara mudah sekali yaitu melakukan registrasi, mengisi email dan password. Sederhana simpel tak banyak pertanyaan.
eHac adalah aplikasi yang didesain Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes berupa Portal Infeksi Emerging.
Sesuai regulasi protokol kesehatan pandemic covid 19 kepada setiap pengguna tranportasi udara wajib punya aplikasi eHac. Tujuan untuk mendeteksi kemungkinan resiko penyebaran virus coroba berdasarkan data passenger.
Yes, nanti sore InshaAllah di Bandara Halim Perdana Kusuma awak tidak tergagap ketika Hp di scan petugas bersebab eHac telah tertanam di memory permanent.
Salam Literasi
Kota Padang 051120
YPTD

Tinggalkan Balasan