Akhlak Supir BBG

Tertib dan disiplinya seseorang dalam berlalu lintas, dalam antrian, dan taat pada aturan, adalah manifestasi dari sikap dan perilaku, dan juga cerminan ‘akhlak’ yang dimiliki.

Hal seperti itu tidak dimiliki oleh setiap orang, namun setiap orang bisa di bentuk untuk bersikap seperti itu, oleh sebuah aturan yang di tegakkan secara tegas.

Tapi fitrah manusia itu berakhlak yang baik, bagi umat Islam, Allah sudah siapkan sarananya, berakhlak yang baik. Mulai dari kewajiban sholat, mau pun puasa, kalau dua hal ini di jalankan dengan benar, maka manusia yang menjalankannya akan berakhlak yang baik.

Dalam tulisan ini saya mau illustrasikan Akhlak yang baik dari seorang supir BBG, yang kebetulan saya lupa tanya apa agamanya. Tapi Akhlak yang baik itu bukanlan monopoli umat muslim, umat agama lain juga banyak yang berakhlak yang baik.

Sepulang dari Buring Digital Printing, saya naik commuter line, dan turun di stasiun Manggarai yang terus berbenah diri. Dari stasiun Manggarai, saya naik BBG (sejenis Bajaj yang berbahan bakar gas) berwarna biru. Saya merasa supir BBG nya sangat tertib dan disiplin, dan tidak grasak grusu.

Itu saya rasakan sejak dari mulai naik, dari mulai membuka pintu, sampai menutup pintu, bahkan saat dia mulai menjalankan BBG nya.

Sebelum keluar dari parkiran, dia melihat kebelakang terlebih dahulu, kuatir ada kendaraan lain yang melintas. Sehingga saya merasakan kalau supir BBG ini sangat tertib dan disiplin.

Sampailah saat kami menyusuri jalan Slamet Riyadi, dia tetap tertib aturan, tidak ada yang dia buru, sehingga dia merasa tidak perlu buru-buru.

Sampailah di lampu merah Matraman, kebetulan pas lampu merah yang menyala, dia tetap patuh menunggu sampai lampu hijau menyala.

Padahal saat bersamaan, ada mikrolet dan beberapa motor, yang nenerobos lampu merah, supir BBG itu tidak terpengaruh Sama sekali.

Bagitu juga saat sampai di Kramat Raya, begitu mau berbalik arah, dan melintasi jalur Busway, dia kembali menahan diri untuk memotong jalur Busway, meskipun Busway nya masih jauh. Saya merasa supir BBG itu sangat tertib dan disiplin, saya langsung menduga kalau supir BBG itu mempunyai Akhlak yang baik.

Memang ternyata orang-orang yang terbiasa tertib dan disiplin, sangat di pengaruhi oleh Akhlak dan perilaku yang baik.

Sayangnya saya lupa menanyakan ke supir BBG nya, agamanya apa? Yang jelas saya sangat terkesan dengan Akhlak dan perilaku supir BBG tersebut, karena sangat tertib dan disiplin.#RevolusiAkhlak

Tinggalkan Balasan