KMAC 18. Mimpi Seorang Guru yang Bijak
Penulis : Theresia Martini, S.Ag., M.M
Di senja hari yang sejuk, sesaat setelah bangun dari istirahat sore harinya, penulis kembali menekuni satu tulisan yang akan di krim di YPTD.
Rasa lelah yang begitu membungkus tubuh penulis, seakan sirna ketika penulis mendapatkan kesempatan untuk kembali bercengkerama menarikan jemari di laptop kesayangannya.
Bersama sang senja yang begitu sejuk penulis ingin menumpahkan isi bejana cita dalam lukisan aksara dan menguak serta mewujudkan semua mimpinya sebagai guru yang bijak dan merata.
Melalui konsep pembelajaran dan pengalaman yang dialami, penulis berharap semakin mampu mewujudkan mimpi besarnya sebagai guru.
Konsep pembelajaran tentunya akan dialami dan didapatkan penulis dan rekan guru lainnya, pada saat melaksanakan proses pembelajaran.
Konsep pembelajaran yang dimaksud di sini mengacu pada proses di mana seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai atau sikap, yang dapat diperoleh dengan melalui pengalaman, latihan dan pemahaman konsep-konsep baru.
Konsep pembelajaran biasanya melibatkan proses pengajaran dan pembelajaran, ketika seorang guru bertanggung jawab untuk membimbing peserta didiknya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.
Dalam melaksanakan konsep pembelajaran, guru dapat melakukannya dengan bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor, seperti metode pengajaran yang digunakan, karakteristik peserta didik, dan lingkungan pembelajaran.
Seorang guru diharapkan dapat melakukan dan menyesuaikan metode pengajaran, mengidentifikasi kebutuhan peserta didik, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilaksanakan secara teratur untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.
Hal yang penulis maksudkan di atas adalah sebagai berikut:
- Seorang guru harus dapat memilih metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran. Berupaya menyesuaikan metode pengajaran tentu saja merupakan upaya terbaik yang harus dilakukan oleh seorang guru, karena dengan upaya tersebut sangat membantu mereka memahami dan menerapkan konsep pembelajaran secara efektif.
- Memahami bahwa setiap peserta didik memiliki kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Agar guru dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan seorang peserta didik, guru tentu harus melakukan tindakan mengidentifikasi kebutuhan siswa dan memberikan bimbingan yang sesuai. Sehingga peserta didik dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.
- Membantu menciptakan lingkungan pembelajaran kondusif akan sangat membantu peserta didik sehingga akan termotivasi untuk mempelajari materi baru dan diharapkan dapat lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
- Melakukan evaluasi pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pembelajaran. Seorang guru harus dapat mengevaluasi hasil belajar peserta didik secara teratur untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dan memberikan umpan balik yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman mereka.
Lebih lanjut penulis ingin menyampaikan hal-hal tersebut di atas secara lengkap dan terperinci pada ulasan yang menyangkut tentang:
- Metode Pengajaran.
Metode pengajaran adalah cara atau teknik yang digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi dan membantu peserta didik mempelajari konsep atau keterampilan baru. Ada beberapa metode pengajaran yang dimungkinkan dapat dilaksanakan atau pada umumnya digunakan seperti:
- Ceramah, metode pengajaran ini melibatkan penyampaian informasi secara lisan oleh guru kepada peserta didik. Metode yang mengharuskan guru lebih akif daripada peserta didik
- Diskusi, metode pengajaran ini melibatkan guru dengan peserta didik dan juga peserta didik dengan peserta didik lainnya. Metode yang membutuhkan interkasi untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang suatu topik dan belajar dari sudut pandang yang berbeda dari siswa lainnya.
- Demonstrasi, metode pengajaran ini melibatkan penggunaan contoh atau model untuk membantu peserta didik untuk memahami suatu konsep atau keterampilan. Metode ini menuntut keteladanan guru memberikan demonstrasi tentang cara melakukan sesuatu, dan peserta didik mengamati atau mencoba sendiri..
- Proyek, metode pengajaran ini menuntut peserta didik untuk menciptakan produk, hasil atau karya, baik secara individu maupun berkelompok untuk mempelajari konsep dan keterampilan melalui proses menciptakan sesuatu.
- Simulasi, metode pengajaran ini melibatkan penggunaan lingkungan atau situasi yang mirip dengan situasi asli dan mengharuskan peserta didik berpartisipasi didalamna.
Demikian beberapa contoh metode pengajaran yang umum digunakan dalam proses pembelajaran. Seorang guru yang baik hendaknya pandai dalam memilih dan menentukan metode pengajaran yang tepat untuk membantu peserta didik agar lebih mudah memahami konsep atau keterampilan yang sedang dipelajari.
- Memahami Karakteristik Peserta Didik
Untuk mengetahui karakteristik peserta didik, seorang guru dapat melakukan beberapa cara seperti; mengamati, berbicara atau melakukan pengamatan dengan menggunakan instrumen penilaian.
Dengan mengetahui karakteristik peserta didik, seorang guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dan efektif sehingga dapat membantu mereka mencapai tujuan belajar.
- Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif
Lingkungan pembelajaran yang mendukung konsep pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik dapat membantu meningkatkan hasil belajar mereka. Beberapa karakteristik dari lingkungan pembelajaran yang mendukung konsep pembelajaran yang efektif adalah:
- Interaktif dan kolaboratif, yaitu lingkungan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif membantu peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam lingkungan ini, peserta diajak untuk saling berinteraksi dan bekerja sama dalam memecahkan masalah, berdiskusi dan berbagi ide, sehingga memperkuat kemampuan berpikir kritis dan kreativitas mereka.
- Menyenangkan dan menarik, lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik dapat membantu peserta didik terlibat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dicapai dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan beragam, seperti video, gambar, musik, dan permainan interaktif yang relevan dengan materi yang dipelajari
- Ramah lingkungan: Lingkungan pembelajaran yang ramah dapat menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi peserta didik. Hal ini dapat dicapai dengan lingkungan yang bersih, teratur, dan nyaman untuk belajar, serta memberikan dukungan dan perhatian yang memadai kepada peserta didik.
- Inklusif: Lingkungan pembelajaran yang inklusif dapat mendukung kebutuhan dan perbedaan peserta didik. Hal ini dapat dicapai dengan memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik untuk belajar, serta memperhatikan perbedaan individual dalam gaya belajar dan kebutuhan pembelajaran.
- Mendukung pengembangan keterampilan sosial dan emosional, Lingkungan pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan sosial dan emosional dapat membantu peserta didik untuk belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, mengelola emosi, dan membangun hubungan sosial yang sehat.
Demikian mimpi besar penulis sebagai guru dan rekan guru lainnya. Mewujudkan mimpi bukan sekadar menyandang identitas sebagai guru dan memiliki sertifikat serta segudang penghargaan di atas kertas.
Mewujudkan mimpi harus sungguh-sungguh mau bergerak melakukan perubahan dan berupaya untuk menyesuaikan diri dengan segala tuntutan yang ada saat ini.
“Semangat Bapak – Ibu Guru, Semua Baktimu akan Terukir di Hati Anak Didikmu”
Pangkalpinang, 28 Februari 2023
Terimakasih Bu there..sangat bermnfaat.
Terima kasih Mbak Atik ,telah berkenan berkunjung dan memberika supportnya
Pokoknya tulisannya sangat berbobot, sudah bisa dirangkum menjadi buku mba.
Terima kasih Bu Nani yg selalu memberikan support utk saya
Tetpujilah wahai engkau ibu guru, namamu akan terukir di dalam hati para siswa. Keren tulisannya bunda…
Terima kasih Cing utk supportnya
Salam semangat utk inspiratorku
terima kasih atas informasinya untuk menjadi guru tangguh berhati cahaya
Menjadi guru yang luar biasa, hebat, bijak pula. Mantap.
Salaman Bu There
Terima kasih yang tanpa batas untuk Mas Katedra yg selalu setia menjadi sahabatku
Wah, berbobot sekali, Ibu Tere.
Terima sekali sudah mengingatkan materi ini.
Salam literasi dari Bogor.
Sama2 Bu Erry, tulisan ibu juga keren2 bingit …