KMAC 40. Rahasia Menjadi Guru Hebat di Era Society 5.0

KMAC 40. Rahasia Menjadi Guru Hebat di Era Society 5.0
Penulis : Theresia Martini, S.Ag., M.M

Di tulisan terakhir tantangan ini, penulis hanya ingin menyampaikan hal-hal yang perlu digaris bawahi bahwa menjadi seorang guru bukanlah suatu profesi yang mudah, karena yang dihadapi guru bukanlah kertas atau barang, melainkan seorang pribadi yang tumbuh dan berkembang seperti pribadi guru itu sendiri.

Dalam proses perjalanan penulis untuk menyandang status guru, juga tidak mudah dalam meraihnya, hingga penulis rela meninggalkan kedua orangtua dan saudara demi sebuah cita-cita.

Perjalanan yang berliku telah menjadikan penulis sebagai pribadi yang tidak pernah mengenal kata putus asa atau menyerah sebelum bertanding.

Demikian pula dalam penyusunan buku yang berjudul “Rahasia Menjadi Guru Hebat di Era Society 5.0,” yang dilalui oleh penulis dengan perjuangan yang tidak sedikit.

Pro dan kontra dari beberapa teman yang melihat kelelahan yang begitu terlihat pada diri penulis, telah memberikan simpati begitu dalam dari para sahabat dan rekan guru di sekolah.

Hingga akhirnya penulis mampu menyelesaikan tantangan menulis meski tidak dapat melakukannya dengan konsisten seperti sahabat lainnya, karena banyaknya aktivitas yang menjadi tanggung jawab penulis untuk diselesaikan.

Akhir kata penulis, sedikit ingin memberikan catatan bahwa untuk menjadi guru yang berkualitas di era society, para rekan guru perlu memperhatikan beberapa hal seperti:

  1. Guru perlu memahami perubahan era dan menyesuaikan diri dengan era Society 5.0 yang menuntut penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
  2. Guru harus memiliki kemampuan interpersonal dan kepribadian yang baik untuk dapat memotivasi dan membantu siswa mengatasi kesulitan dalam belajar.
  3. Guru harus memiliki kompetensi profesional yang kuat dalam bidangnya dan terus meningkatkan kualitas dirinya.
  4. Era Society 5.0 menuntut guru untuk meningkatkan kemampuan teknologi yang baik agar dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik untuk siswa.
  5. Guru harus memahami dan menguasai teknologi yang dapat digunakan untuk memudahkan akses guru melakukan tugas dan tanggung jawabnya sekaligus dapat memperkaya pengalaman dalam proses pembelajaran.
  6. Guru perlu mengembangkan keterampilan interpersonal dan kepribadian yang baik agar mampu memotivasi dan membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar, sehingga mereka dapat menjadi peserta didik yang lebih baik dan bertanggung jawab.
  7. Menyadarkan betapa pentingnya peran guru mengembangkan karakter peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan ramah anak.

Secara keseluruhan, buku ini memberikan panduan praktis dan inspiratif bagi guru untuk menjadi lebih baik dan berkontribusi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas di era Society 5.0 yang semakin kompleks. Semoga bermanfaat.

 

Pangkalpinang, 22 Maret 2023.

Tinggalkan Balasan