Harry Maguire dan Nasibnya di Skuad Manchester United

Berita, Olahraga0 Dilihat

Harry Maguire adalah sosok bek tengah yang datang dari Leicester City oleh upaya pelatih saat itu, Ole Gunnar Solskjaer pada 5 Agustus 2019. 

Menurut data Transfermarkt.com (20/6/23), Harry Maguire adalah pemain top yang memiliki nilai transfer mencapai 80 Juta Euro.

Angka transfer yang sangat fantastis bagi pemain Premier League saat itu, tapi juga sesuai dengan performanya yang masih memiliki level tinggi.

Namun dari catatan nilai pasar di bursa transfer saat ini, nilai transfer Harry Maguire semakin hari semakin menurun dan saat bursa transfer musim panas ini hanya bernilai pasar sebesar 25 Juta Euro.

Hal tersebut sangat wajar. Ibarat hukum alam bahwa nilai pasar seorang pemain di bursa transfer sesuai dengan performanya bersama klub.

Maguire masih memiliki kontrak resmi yang cukup lama dengan skuad Manchester United yaitu sampai dengan 30 Juni 2025.

Berbagai spekulasi dalam berita media di Eropa bahwa manajemen Manchester United berniat melepas sosok bek tengah tersebut.

Hanya saja sejauh ini belum ada satu pun klub baik di Premier League atau di Eropa, yang berminat dan mengajukan penawaran resmi untuk Maguire.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Harry Maguire sudah semakin menurun penampilan terbaiknya bersama skuad Manchester United.

Bahkan sejak Setan Merah dilatih sosok Erik ten Hag, pelatih asal Belanda, Maguire mulai tersisih dari skuad utama Manchester United.

Pemain bertahan asal Inggris berusia 30 tahun itu lebih banyak menghuni bangku cadangan sejak musim kompetisi Premier League tahun 2022/2023.

Maguire juga sering kali melakukan blunder yang fatal di area penalti tanggung jawabnya, yang harus berujung dengan kebobolan gawang Setan Merah.

Erik ten Hag jika kerap kali mendudukkan Maguire di bangku cadangan, maka hal itu sangat wajar dan masuk akal. Kecuali saat Raphael Varane cedera, biasanya Maguire masuk dalam skuad.

Kabar terakhir Harry Maguire telah resmi tidak lagi menjabat sebagai kapten skuad Manchester United setelah berbincang langsung dengan pelatih kepala, Erik ten Hag.

Maguire mengaku kecewa dengan keputusan sang pelatih tersebut. Maguire memang boleh kecewa dengan pencopotan ban kaptennya.

Namun sebaiknya dia harus bisa introspeksi dengan performanya selama ini dan harus menerima keputusan tersebut dengan lapang dada.

Pencopotan ban kapten ini sebenarnya sudah lama rumor beritanya. Saat kompetisi Premier League berlangsung tahun lalu, kabar pencopotan ban kapten Maguire ini sudah terdengar.

Mungkin bagi Ten Hag jauh lebih bijaksana keputusan pencopotan ban kapten dilakukan saat kompetisi sedang libur. Halini agar tidak mengganggu konsentrasi pemain dalam skuad Setan Merah.

Setelah Maguire tidak lagi menjadi kapten Manchester United, Erik ten Hag masih belum mengumumkan secara resmi siapa yang akan menggantikannya.

Namun demikian sejauh yang kita ketahui, ada beberapa kandidat yang sangat pantas menggantikan posisi kapten yang ditinggalkan Harry Maguire.

Sosok-sosok nama yang saat ini bermunculan adalah Bruno Fernandes, Marcus Rashford, Casemiro, dan Raphael Varane. Mereka sangat layak menggantikan Harry Maguire.

Setelah tidak lagi menjadi kapten Manchester United, bagaimana nasib Harry Maguire? Apakah dirinya semakin terpuruk di skuad Setan Merah karena semakin minim menit bermainnya? Ataukah dirinya segera hengkang dari Old Trafford? Kita tunggu saja.

Salam bola @hensa17.

Tinggalkan Balasan