Gregoria Mariska Tunjung Lolos ke 8 Besar Kejuaraan Dunia 2023

Berita, Olahraga0 Dilihat

Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putri Indonesia yang akrab dipanggil Jorji, satu-satunya yang masih bertahan di perempat final ajang BWF World Championships 2023 di Copenhagen Denmark 21-27 Agustus 2023. 

Satu lagi wakil Indonesia di nomor ini, Putri Kusuma Wardani sudah gugur pada babak 32 besar ketika dirinya kalah dari pemain China, He Bing Jiao.

Putri tunduk dalam laga yang sangat ketat melayani pemain kidal China ranking 5 Dunia ini dengan rubber games, 21-18, 19-21 dan 17-21.

Melihat skor akhir tampak terlihat tunggal putri kita ini masih belum bermain dengan stamina prima.

Putri KW menang pada gim pertama ketika staminanya masih segar, tapi pada dua gim berikutnya mulai kedodoran.

Sebelum kalah di babak 32 besar, Putri KW lolos dari hadangan Polina Burova, pemain putri asal Ukraina.

Pada babak 64 besar ini Putri menang dua gim langsung 21-7 dan 23-21. Catatan di gim kedua laga terlihat ketat karena Putri banyak melakukan kesalahan sendiri. Untungnya pada skor-skor penting bisa direbutnya.

Sementara itu Jorji masih bertahan hingga babak 8 besar Kejuaraan Dunia Tahun 2023 ini. Permainannya semakin konsisten penuh percaya diri dalam menghadapi lawan-lawannya.

Setelah mendapatkan bye di babak 64 besar, Jorji berhadapan dengan tunggal putri Singapore, Yeo Jia Min. Mereka bermain rubber games tapi untuk kemenangan Jorji.

Pada gim pertama Jorji unggul mutlak dengan skor 21-10. Namun pada gim kedua Jorji harus kehilangan gim ini dengan skor 22-24.

Hal itu terjadi karena Jorji kehilangan fokus saat dirinya unggul 14-8, tapi kemudian berhasil dikejar oleh Jia Min menjadi 14-14. Bahkan tunggal putri Singapore ini unggul 15-14.

Untungnya pada gim ketiga, Gregoria Mariska Tunjung sudah kembali pada gaya permainannya dan berhasil menutup gim ini dengan skor 21-14.

Dengan kemenangan tersebut, gadis kelahiran Wonogiri berusia 24 tahun ini lolos ke 16 besar.

Jorji menghadapi Han Yue, tunggal putri asal China yang menjadi musuh bebuyutannya sejak masih yunior dulu.

Dalam rekor sejarah 5 pertemuan sebelumnya, Jorji harus mengakui keunggulan Han Yue dengan skor 2-3. Terakhir Han Yue menanga atas Jorji di ajang Indonesia Masters, Jakarta pada bulan Januari 2023 yang lalu.

Pertemuan mereka yang ke-6 ini akhirnya berhasil dimenangkan oleh Jorji dengan rubber games, 13-21, 21-19 dan 21-11.

Pada gim pertama, Jorji tertinggal jauh dalam pengumpulan poin. Bahkan selama gim ini, Jorji tidak mampu menyamakan kedudukan. Han Yue menutup dengan kemenangan 21-13.

Baru pada gim kedua, tunggal putri kita ini mulai menunjukkan permainannya. Langsung unggul dengan 7-2.

Han Yue berhasil mendekati menjadi 6-7, tapi tidak bisa menyamakan kedudukan dan Jorji menutup interval gim ini dengan 11-9.

Setelah interval, Jorji tidak bisa dibendung terus melaju mengumpulkan angka untuk unggul dengan skor 15-9.

Namun masih kerap kali Jorji melakukan kesalahan sendiri sehingg Han Yue sempat menyamakan kedudukan pada 16-16, 17-17, 18-18 dan 19-19.

Untungnya Jorji berhasil meraih 3 angka terkhirnya di gim kedua ini dan menutup dengan kemenangan 21-19. Ini gim yang sangat vital baginya karena jika kalah maka Jorji terpaksa out dari persaingan.

Gim ketiga menjadi milik Jorji sepenuhnya. Sejak skor 2-2, Jorji terus melaju mengumpulkan angka dan sama sekali tidak pernah disamakan oleh Han Yue.

Setelah unggul 11-7 pada interval gim ketiga, Jorji terus berlari meraih skor 19-9. Han Yue hanya mampu meraih 2 angka menjadi 19-11 lalu Jorji menutup gim ketiga ini dengan 21-11.

Dengan kemenangan tersebut, Jorji tunggal putri ranking 8 Dunia ini berhak lolos ke perempat final. Di sana sudah menunggu pemain ranking 2 Dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Pada babak 16 besar pemain dengan tinggi 156 cm ini menang WO atas pemain Thailand, Busanan Ongbamrungpham karena cedera.

Pertemuan Gregoria Mariska Tunjung dan Akane Yamaguchi di babak 8 besar ini adalah pertemuan mereka yang ke-16. Dalam sejarah head to head menghadapi Yamaguchi, baru 4 kali Jorji memenangkan laga.

Terakhir Jorji memenangkan laga atas Yamaguchi di perempat final Japan Open di bulan Juli 2023.  Semoga dalam laga di perempat final Kejuaraan Dunia 2023 ini, kembali Jorji bisa meraih kemenangan. Bravo Merah Putih.

Salam Badminton @hensa17.

Tinggalkan Balasan