oleh

PERCAYA DIRI DENGAN BLOG PRIBADI

-Edukasi, Humaniora, Terbaru, YPTD-Telah Dibaca : 379 Orang

Di masa Pembelajaran Jarak Jauh seperti saat ini, blog dapat dibuat sedemikian rupa seperti dialog dengan siswa di kelas. Dialog itu dapat dilanjutkan dengan penayangan video pilihan dari channel Youtube dan memberikan soal latihan atau diskusi dan tanya jawab. Bentuknya soal dan tanya jawab dapat menggunakan fasilitas Google Form.

Blog adalah catatan harian yang diunggah ke internet dalam platform website yg bisa dibaca orang sedunia. Blog dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pelajaran secara menarik kepada siswa.

Berbagai aktifitas belajar dapat didokumentasikan di blog. Para guru dapat menyampaikan materi ajar dan tugas-tugas melalui blog yang dapat diakses oleh siswa. Cara ini dapat menjadi alternatif yang mudah dan murah untuk memfasilitasi pembelajaran yang tidak mengadopsi platform Google Education secara maksimal.

Seorang blogger dan penulis harus siap menjadi “gelas kosong” yang tetap mau untuk belajar. Kepercayaan diri dalam menulis umumnya akan diperoleh rutin menulis selama tiga bulan. Saat ini ada banyak buku pedoman praktis membuat blog jadi menarik di toko buku. Kita juga dapat mencarinya di mesin pencarian Google.

Mengelola Blog

Bagi sebagian pemilik blog atau blogger, mengelola blog  mungkin terasa sulit apalagi tidak memiliki pengetahuan tentang sarana digital yang memadai. Sebagian blogger seringkali merasa tidak percaya diri melihat blog orang lain. Kemudian mulai membandingkannya dengan blog sendiri.

Menghadapi keadaan demikian, para blogger pemula diharapkan tidak merasa minder apalagi sampai mundur. Teruslah menulis dan mempostingnya di blog. Seiring waktu, kunjungan dari pembaca blog akan menunjukkan tren jenis tulisan yang disukai oleh pembaca.

Secara teknis, mengelola blog dapat dilakukan sendiri. Berbagai channel Youtube saat ini sudah banyak menyajikan tutorial yang berkaitan dengan pengelolaan blog mulai dari tahapan pemula hingga yang berpengalaman. Para blogger pemula dapat mempelajarinya secara otodidak dan bertahap. Berkat blognya, orang lain dapat menemukan seorang penulis atau blogger di pencarian google.

Manfaat Blog

Blog hendaknya selalu aktif. Jangan berhenti untuk menulis dan memposting tulisan tersebut di blog. Hal itu akan memungkinkan blog dilihat dan diikuti orang setiap waktu. Tentu saja hal itu akan menambah jumlah pengunjung blog.

Blog dapat menjadi media untuk menaikan kepercayaan diri seseorang. Blog juga dapat menjadi sumber penghasilan, media peninggalan jejak digital. Blog yang baik dapat menjadi tempat mencatat perjalanan hidup kita yang sesaat ini. Disitulah tulisan dan karya kita diletakkan dan memberi manfaat bagi orang lain.

Untuk  membuat blog kita jadi dikenal orang, banyak komentar dan ramai dikunjungi pembaca, seseorang harus banyak menulis, berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan komentar di blog orang lain.

Baca juga: Cara Membuat Blog Pribadi

Berkaitan dengan pemilihan nama blog atau domain yang tepat, tidak ada ketentuan yang mengaturnya. Pemilik blog dan domain bebas menentukan sendiri sesuai keinginannya.

Demikian halnya dengan menulis di blog sendiri yang belum tentu trafiknya bagus dengan menulis di situs lain yang trafiknya sudah banyak dan besar sekali. Semua tergantung keinginan setiap pribadi. Tentu saja, sangat disarankan untuk membesarkan blog atau domain pribadinya sendiri.

Jika penulis ingin membuat buku ajar, penulis disarankan menggunakan kurikulum sebagai acuannya. Bayangkanlah suatu interaksi di kelas untuk membuat pola menulis buku bahan ajar. Dengan demikian, buku ini dapat membuat tugas guru menjadi lebih ringan dan murid dapat lebih mudah mengerti.

Istilah dalam Blog    

Dalam dunia blog, dikenal istilah niche blog. Niche adalah suatu kata yang dikhususkan bagi sesuatu yang penting untuk mencapai target marketing. Seberapa penting niche blog terhadap bagus/tidaknya suatu blog tidak terlalu penting. Penulis cukup menuliskan apa saja yang menjadi passion penulis dalam membuat suatu tulisan. Pasar akan datang dengan sendirinya menuju blog dengan bantuan mesin pencari..

Nilai otoritas seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) merupakan ukuran untuk mengetahui tingkat kualitasi dari sebuah situs blog maupun website, entah itu tingkat ranking suatu domain ataupun halaman yang muncul pada mesin pencarian search engine. Cara yang dapat dilakukan untuk menikkan kualitas suatu blog, pemilik blog harus mempelajari statistik blognya. Statistik blog akan menunjukkan tulisan yang memiliki banyak pengunjung.

Mengatur Waktu Menulis

Tidak dipungkiri, aktivitas utama sebagai guru sangat menyita waktu. Namun, hal itu tidak menjadi kendala jika memiliki manajemen waktu yangbaik. Seorang blogger dapat menyisihkan waktu khusus untuk mem-posting tulisannya. Anda dapat menyisihkan waktu sekitar 30 menit dalam sehari atau lebih setiap hari untuk menulis minimal satu artikel dalam seminggu.

Jika waktu Anda cukup banyak tersedia, maka Anda dapat menghasilkan beberapa tulisan. Anda dapat membuat jadwal khusus untuk menulis agar tulisan Anda dapat terbit seminggu sekali. Website dan blog yang update sebulan sekali itu tergolong sebagai web atau blog yang aktif.

Untuk menghasilkan tulisan yang menarik di blog, maka tulisan yang dibuat sebaiknya merupakan tulisan tentang hal-hal yang dikuasai dan bermanfaat bagi banyak orang. Pada dasarnya, tidak tak ada rumus yang “cespleng” untuk menulis artikel yang menarik. Semua itu membutuhkan “jam terbang”. Hal ini berarti bahwa, semakin sering menulis, maka penulis akan semakin terbiasa untuk menulis sehingga tulisan menjadi semakin baik dan menarik.

Mengetahui Keterlibatan/Keaktifan Siswa Melalui Blog

Fasilitas pada platform Google menyediakan menu Google Form yang dapat digunakan dalam berbagai fungsi. Salah satunya adalah fungsi penggunaannya adalah pembuatan presensi kehadiran siswa dan soal-soal test.

Dalam Google Form, hasil pengisisan daftar hadir dan jawaban test menjadi instrument yang menunjukkan persentase tingkat partisipasi siswa. Kontra partisipasi atas instrument itu biasanya disebabkan oleh ketidaksiapan siswa menyediakan paket internet, kendala jaringan dan faktor kesehatan siswa. kendala paket data atau kesehatan murid.

Mengantisipasi Copas Isi Blog

Isi blog memang berpotensi untuk di ambil oleh orang lain. Penulis dapat mengingatkan para pembaca untuk mencantumkan referensi blog. Namun, bagi sebagian orang, kondisi tidak terlalu dihiraukan dan menganggapnya sebagai “donasi”. Namun, jika tulisan kita di blog sering di-copas orang, maka akan berpengaruh dengan kinerja web kita di mata Google.

Inspirasi Penulis

Bapak Dedi Dwitagama, seorang pemateri, blogger dan guru di Matematika di SMKN 50 Jakarta, merupakan orang pertama sekaligus Kepala Sekolah yang mengenalkan blog kepada Omjay, Perintis Kelas Belajar Menulis. Biodatanya dapat dilihat pada tautan berikut.  Berikut ini adalah contoh pengelolaan blog oleh  Dedi Dwitagama dalam tautan blog pribadinya. Ia membuat presensi kehadiran siswa seperti contoh yang ditunjukkan dalam tautan ini.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed