Remaja Smart Itu… Remaja yang Suka Berorganisasi

REMAJA SMART ITU…

REMAJA YANG SUKA BERORGANISASI

Oleh: Nanang M. Safa

 

Apakah kamu suka berorganisasi?

Jika jawabannya “ya, saya suka berorganisasi”, berarti kamu memang layak menjadi bagian dari remaja smart. Namun jika jawabanmu “saya tidak suka berorganisasi”, berarti kamu perlu merubah cara pandangmu sesegera mungkin sebelum masa remajamu berlalu.

Kamu adalah generasi emas yang akan menggantikan peran para seniormu di masa yang akan datang. Lima belas atau dua puluh tahun yang akan datang, kamulah yang akan melanjutkan sejarah negeri ini. Kejayaan negeri ini di masa yang akan datang sangat bergantung pada ikhtiarmu hari ini. Maka tidak ada tempat bagi para remaja manja dan pemalas. Kamu harus mengambil peranmu mulai sekarang senyampang masih luas kesempatanmu untuk menempa diri. Salah satu caranya adalah dengan aktif berorganisasi. Jangan cuma satu organisasi. Prinsipnya, semakin banyak organisasi yang kamu ikuti akan semakin banyak pula pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang akan kamu dapatkan. Dan semuanya itu akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat untuk masa depanmu.

Organisasi adalah wadah paling baik dan paling efektif untuk mengasah dan mengembangkan bakat dan kemampuanmu, belajar bertanggung jawab, belajar menempa jiwa kepemimpinan, belajar menempa mental dalam menghadapi tekanan, memperluas pergaulan dan koneksi, belajar mengatur waktu, belajar toleransi dan saling menghargai, serta belajar menghadapi masalah sekaligus belajar memecahkan masalah. Organisasi merupakan wadah untuk menggembleng keterampilan, memperluas wawasan, dan mempertajam daya pikir.

Dalam sebuah organisasi sesederhana apapun, semisal paguyuban, klub, asosiasi, komunitas atau perkumpulan, pasti ada aturan sebagai pengikat semua individu yang ada dalam organisasi tersebut sebagai komitmen bersama. Sebuah organisasi pasti memiliki visi dan misi sebagai acuan dalam menyusun program kerja organisasi. Dan pada akhirnya visi dan misi itu menuju pada satu muara yakni untuk mencapai tujuan bersama.

Ada berbagai ragam organisasi dengan visi dan misinya masing-masing. Maka sebelum kamu memutuskan untuk bergabung dalam sebuah organisasi, kamu perlu mengenali terlebih dahulu apa visi dan misi organisasi yang akan kamu ikuti tersebut. Hal ini sangat penting sebagai langkah awal agar kamu tidak sampai salah masuk dalam sebuah organisasi yang pada akhirnya hanya akan membuang waktumu dengan percuma lantaran kamu merasa tidak mendapatkan apa-apa di dalamnya. Atau justru akan membawamu pada pergaulan tidak benar dan pelanggaran hukum.

Remaja seusiamu memang harus ekstra hati-hati. Tidak sedikit perkumpulan atau komunitas yang dijadikan topeng untuk misi tidak baik. Mereka butuh kader militan untuk melancarkan aksi-aksi kejahatan dan terorisme. Mafia narkoba, jaringan terorisme, radikalisme, dan komunisme adalah beberapa gerakan yang harus benar-benar kamu waspadai. Mereka bisa saja mengkamuflase diri dalam banyak ragam organisasi.

Intinya, sebagai remaja smart kamu harus aktif dalam banyak organisasi. Namun di sisi lain kamu juga harus pandai-pandai memilah dan memilih organisasi mana yang akan kamu pilih untuk mengasah dan mengembangkan bakat, kemampuan, dan kreatifitasmu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan