oleh

Final Piala AFF U-16 : Libas Vietnam 1-0, Indonesia Keluar Sebagai Juara !

-Berita, Hiburan, Olahraga, Peristiwa-Telah Dibaca : 173 Orang

Selamat pagi sobat,

Semalam (Jum’at, 12/08/2022) saya menyaksikan secara live di Stasiun TV Indosiar, pertandingan babak Final Piala AFF U-16 antara Indonesia melawan Vietnam.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman mulai pukul 20.00 WIB, berakhir untuk kemenangan Indonesia  dengan skor tipis 1-0 dan sekaligus menghantarkan Indonesia tampil sebagai Juara Piala AFF U-16 tahun 2022.

Satu satunya gol yang membawa Indonesia tampil sebagai Juara di Piala AFF U-16 ini dicetak oleh Kafiatur Rizky di menit injury time (45+1) babak pertama.

Gol ini bermula ketika Kafiatur Rizky menerima umpan di dalam kotak penalti kemudian dia mampu mengecih satu pemain Vietnam sebelum melepaskan tendangan keras yang membuat bola meluncur deras masuk dan bersarang di pojok kanan atas gawang Vietnam. Sebuah gol yang begitu berkelas ! 

Pertandingan sudah berjalan begitu sengit sejak menit menit awal babak pertama. Indonesia berusaha melancarkan serangan dan memperoleh peluang pada menit ketiga lewat tendangan bebas Kafiatur Rizky yang mengarahkan bola ke kotak penalti Vietnam, tetapi sundulanan Arkhan Kaka belum berhasil mengarah ke gawang Vietnam.

Pada menit ke-5, Indonesia kembali memperoleh peluang ketika umpan terobosan ke kotak penalti namun Rifki Afrisal kalah cepat dan bola lebih dulu diamankan penjaga gawang Pham Dinh Hai.

Pada menit ke-7, Indonesia mendapat peluang dari tendangan bebas yang dilakukan Nabil Asyura. Bola mengarah langsung ke gawang Vietnam. Namun penjaga gawang Pham Dinh Hai masih bisa menepis bola.

Pada menit ke-13, Figo Dennis melakukan tendangan spekulasi dari jarak jauh namun arah bola  masih terlalu jauh dari gawang Vietnam.

Pada menit ke-14, Vietnam nemperoleh peluang pertama lewat sundulan Phan Thanh Duc Thien setelah mendapat umpan dari tendangan bebas. Namun penjaga gawang Andrika Fathir Rachman berhasil menepis bola yang sudah mengarah ke gawangnya.

Pada menit ke-28, Riski Afrisal melepaskan shot on target dari skema tendangan bebas. Namun, penjaga gawang Pham Dinh Hai dengan mudah menangkap bola.

Pada menit ke-34. giliran Vietnam memperoleh peluang ketika Bui Hoang Song yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong, tetapi dia justru gagal mengontrol bola dan bola dapat direbut pemain Indonesia.

Pada menit ke-40. Arkhan Kaka yang berada di dalam kotak penalti berusaha menyepak bola ke gawang Vietnam. Namun kawalan ketat dua pemain Vietnam membuat ruang Arkhan terbatas sehingga gagal memaksimalkan peluang tersebut menjadi gol.

Pada menit injury time (45+1), Indonesia berhasil membuka keunggulan lewat tendangan Kafiatur Rizky.

Gol ini bermula ketika Kafiatur Rizky menerima umpan di dalam kotak penalti kemudian dia mampu mengecih satu pemain Vietnam sebelum melepaskan tendangan keras yang membuat bola meluncur deras masuk dan bersarang di pojok kanan atas gawang Vietnam.

Indonesia pun unggul 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Vietnam lebih dulu melakukan tekanan ke pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-50, Vietnam memperoleh peluang lewat tendangan Bui Hoang Song namun bola masih bisa diantisipasi penjaga gawang Andrika Fathir Rachman.

Pada menit ke-53, giliran Indonesia memperoleh peluang lewat tendangan Riski Afrisal yang berada di depan gawang Vietnam. Namun bola masih melambung di atas gawang Vietnam.

Pada menit ke-59, Nabil Asyura mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti Vietnam ke arah Arkhan Kaka. Namun, penjaga gawang Pham Dinh Hai lebih dulu dapat menangkap bola.

Pada menit ke-65, Habil Abdillah memberikan umpan ke dalam kotak penalti Vietnam namun lagi lagi penjaga gawang Pham Dinh Hai lebih dulu dapat menangkap bola.

Pada menit krusial yakni menit ke-89, Vietnam memperoleh peluang apik lewat tendangan Phan Thanh Duc. Beruntung penjaga gawang Andrika Fathir Rachman berhasil menyelamatkan gawang  Indonesia dari kebobolan.

Lima menit tambahan waktu yang diberikan wasit, terasa lama bagi Indonesia namun terasa singkat bagi Vietnam.

Stadion Maguwoharjo pun bergemuruh ketika wasit yang memimpin pertandingan membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua dan sekaligus memastikan Indonesia tampil sebagai Juara Piala AFF U-16.

Selamat buat seluruh pemain dan official Indonesia ..

Selamat buat sang kapten Muhammad Iqbal Gwijangge yang terpilih sebagai pemain terbaik di ajang Piala AFF U-16 tahun 2022 ..

Selamat buat PSSI ..

Maju terus sepakbola Indonesia …

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 13 Agustus 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan