Anies Baswedan Dan Persija

Selamat siang sobat,

Rasanya belum terlambat saya membuat sebuah tulisan yang berkaitan dengan sosok Anies Baswedan dan klub kebanggaan warga Jakarta, Persija Jakarta.

Sejak dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 16 Oktober 2017, Anies Baswedan yang saat itu masih didampingi oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uno mempertegas janinya kepada suporter Persija Jakarta, The JakMania untuk membangun sebuah Stadion bertaraf internasional di taman BMW Jakarta Utara. Saat itu Anies minta waktu untuk lebih dulu mempercepat proses penyelesaian sengketa tanah di taman BMW tersebut.

Entah kebetulan entah tidak, saat Anies Baswedan mulai menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Persija Jakarta mampu menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan. Di akhir kompetisi Liga 1 2017, klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut menduduki peringkat ke-4 klasemen dan oleh karena sang Juara Bhayangkara FC dan peringkat ketiga klasemen PSM Makassar tidak memperoleh lisensi AFC maka peringkat kedua klasemen Bali United dan peringkat keempat klasemen Persija Jakarta berhak tampil di Piala AFC tahun 2018.

Persija Jakarta kembali ke pentas sepakbola Asia.

Prestasi Persija Jakarta terus berlanjut ketika di bulan Januari 2018 keluar sebagai Juara di turnamen Boost Sports Super Fix Cup 2018 yang berlangsung di Malaysia.

Selanjutnya di bulan Februari 2018, Persija Jakarta keluar sebagai Juara di turnamen Piala Presiden 2018 meskipun saat penyerahan Piala oleh Presiden RI, Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dilarang paspampres untuk turut mendampingi Presiden. Anies Baswedan hanya bisa melihat penyerahan Piala Presiden kepada kapten tim Persija Jakarta wak haji Ismet Sofyan dari tribun VIP Stadion GBK.

Tim Persija Jakarta pun diarak keliling jalan utama kota Jakarta dan berakhir di Balai Kota Jakarta dan langsung disambut oleh Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno dan selanjutnya beramah ramah di Balai Kota. Sebelumnya, Anies Baswedan sempat diangkat beramai ramai oleh puluhan suporter The JakMania sebagai pertanda keberhasilan Persija Jakarta tak lepas dari dorongan dan motivasi dari seorang Anies Baswedan.

Di acara ramah tamah tersebut, Anies Baswedan kembali menegaskan untuk membangun Stadion yang nantinya bakal menjadi home base Persija Jakarta.

Prestasi Persija Jakarta terus berlanjut, tim ibu kota keluar sebagai Juara Grup G Piala AFC 2018 setelah sempat membantai Juara Liga Super Malaysia Johor Darul Takzim dengan skor telak 4-0. Sayangnya, langkah Persija Jakarta terhenti di babak Semi Final zona ASEAN setelah kalah dari klub Singapura Home United.

Prestasi Persija Jakarta tak berhenti sampai disitu. Di akhir bulan November 2018, Persija Jakarta keluar sebagai Juara kompetisi Liga 1 2018 dan otomatis kembali tampil di Piala AFC tahun 2019.

Sebelum laga di pekan terakhir (Pekan ke-34) melawan Mitra Kukar, Persija Jakarta sempat mendapat kesulitan untuk bisa bermain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta. Anies Baswedan pun turun tangan dengan memanggil pengelola Stadion GBK dan memastikan Persija Jakarta bisa menuntaskan laga terakhirnya di Stadion GBK. Anies Baswedan ingin Persija Jakarta dan The JakMania merayakan gelar Juara Liga 1 di Jakarta.

Tim Persija Jakarta kembali  diarak keliling jalan utama kota Jakarta dan berakhir di Balai Kota Jakarta dan langsung disambut oleh Gubernur Anies Baswedan  dan selanjutnya beramah ramah di Balai Kota.

Di acara ramah tamah tersebut, Anies Baswedan menyatakan bahwa pembangunan Stadion untuk menjadi home base Persija Jakarta akan dimulai bulan Maret tahun 2019.

Namun di tahun 2019, prestasi Persija Jakarta agak meredup. Persija Jakarta gagal total di penyisihan grup H Piala AFC 2019, gagal lolos di penyisihan grup turnamen Piala Presiden 2019 dan selanjutnya hanya menduduki peringkat 10 klasemen di kompetisi Liga 1 2019. Namun Persija Jakarta sedikit terhibur dengan keluar sebagai Runner-up di Piala Indonesia 2018-2019 setelah kalah di Final dari PSM Makassar dengan agregat 1-2 (1-0, 0-2).

Di tahun 2020, adanya pandemi COVID-19, kegiatan sepakbola nasional berhenti total selama satu tahun dan mulai kembali bergulir dengan diadakan turnamen pra musim Piala Menpora 2021 di bulan Maret-April 2021. Turnamen pra musim tersebut digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dilakukan tanpa kehadiran penonton di Stadion.

Di turnamen pra musim tersebut, Persija Jakarta kembali unjuk gigi ketika keluar sebagai Juara dengan mengalahkan rival abadinya, Persib Bandung di babak Final dengan agregat 4-1 (2-0, 2-1).

Tim Persija Jakarta lagi lagi diarak keliling jalan utama kota Jakarta dan berakhir di Balai Kota Jakarta dan langsung disambut oleh Gubernur Anies Baswedan dan selanjutnya beramah ramah di Balai Kota.

Di acara ramah tamah tersebut, Anies Baswedan menyatakan bahwa pembangunan Stadion untuk menjadi home base Persija Jakarta sudah hampir rampung.

Stadion yang diberi nama Jakarta International Stadium (JIS,) berkapasitas 82 ribu single seat dengan atap stadion yang bisa buka tutup seperti Stadion Tottenham Hotspur di Inggris.

Selanjutnya di tahun 2021 dan 2022, Persija Jakarta menorehkan prestasi yang kurang memuaskan setelah hanya menduduki peringkat 8 klasemen kompetisi Liga 1 2021-2022 dan gagal lolos di penyisihan grup turnamen Piala Presiden 2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya melaksanakan grand launching Jakarta International Stadium (JIS) pada hari Minggu, 24 Juli 2022.

Pada kesempatan itu, Anies Baswedan menyebut Stadion JIS merupakan bukti dari salah satu janjinya yang sudah dituntaskan ketika mulai menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada bulan Oktober 2017 lalu.

“Di tempat ini telah lama dicanangkan, telah lama dijanjikan, dan hari ini janji itu dibayar tunai. Di sini bukan saja kita menyaksikan sebuah bangunan mahakarya, tapi tempat ini membuktikan bahwa mimpi itu bisa dicapai,” kata Anies Baswedan (sindonews.com, 24/07/2022).

Special show dan seremoni grand launching JIS dimulai pukul 16.30 WIB, Minggu (24/7/2022). Kemudian, International Friendly Match antara Persija Jakarta melawan klub Liga 1 Thailand Chonburi FC pada pukul 18.45 WIB.

Dalam laga yang ditonton oleh sekitar 60 ribu suporter The JakMania, Persija Jakarta turun dengan sebagian besar pemain U-20 mampu menahan imbang Chonburi FC dengan skor 3-3.

Tanggal 16 Oktober 2022, Anies Baswedan mengakhiri tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta dan bagi The JakMania, Anies Baswedan telah berhasil mewujudkan impian The JakMania untuk memiliki sebuah Stadion megah bertaraf internasional sebagai home base klub berjuluk Macan Kemayoran.

Terima kasih Anies Baswedan dari kami, The JakMania ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 27 Oktober 2022

Tinggalkan Balasan