Macan Kemayoran Menang Secara Dramatis ..

Selamat pagi sobat,

Semalam (Rabu, 24/08/2022), saya menyaksikan pertandingan antara tuan rumah Persija Jakarta melawan Persita Tangetang  secara live di stasiun TV Indosiar.

Pertandingan penutup pekan ke-6 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga Belasi, berakhir untuk kemenangan tuan rumah Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan yang diraih terbilang dramatis karena satu satunya gol yang diperoleh klub berjuluk Macan Kemayoran ini tercipta di menit injury time (90+2) lewat tendangan penalti yang dilakukan oleh Abdulla Yusuf Helal.

Kemenangan atas Persita Tangetang ini sekaligus mempertahankan rekor Persija Jakarta yang menang terus di dua laga kandang. Di laga kandang sebelumnya, Persija Jakarta mengalahkan Persis Solo dengan skor tipis 2-1.

Secara penampilan, harus diakui Persita Tangetang tampil lebih baik dan mampu menciptakan banyak peluang. Sayangnya, tak satu pun peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Penampilan ciamik dari penjaga gawang Andritany Ardhiyasa dan bek M. Ferarri yang kerap menggagalkan peluang Persita Tangerang menjadi salah satu faktor  yang menyebabkan gawang Persija Jakarta tidak kebobolan.

Ketidakberuntungan memang menimpa klub dari Persita Tangetang karena di menit akhir babak kedua, pemain pengganti Nelson Alom mengganjal Arfiyanto Nico di dalam kotak penalti yang membuat wasit menghukum Persita Tangerang dengan tendangan penalti.

Tendangan penalti yang sukses dilakukan oleh pemain timnas Bahrain, Abdulla Yusuf Helal ini yang membuat kemenangan dramatis Macan Kemayoran.

Tanpa kehadiran pemain asing asal Jerman, Hanno Behrens membuat lini tengah Persija Jakarta tampil kurang maksimal. Braif Fatari yang menggantikan posisi Hanno Behrens tampil kurang greget sehingga lini tengah Persita Tangerang lebih mendominasi permainan.

Sementara striker Persija Jakarta Michael Krmencik masih belum bisa tampil maksimal. Kerap terperangkap offside dan belum “nyetel” dengan Riko Simanjuntak yang tampil apik di laga lawan Persita Tangetang. Pemain timnas Ceko di Piala Eropa tahun 2021 ini nampak masih butuh waktu untuk bisa beradaptasi dengan pemain lokal Persija Jakarta.

Demikian pula Abdulla Yusuf Helal tak beda dengan Michael Krmencik. Pemain timnas Bahrain ini memang sudah mengemas tiga gol (2 gol lewat tendangan penalti) sedangkan Michael Krmencik baru mencetak satu gol.

Bila kedua pemain asing ini sudah “nyetel” dengan pemain lokal Persija Jakarta yang hampir semuanya pernah atau masih menjadi punggawa timnas Indonesia, maka penampilan Macan Kemayoran dipastikan bakal makin garang dan menakutkan.

Yang perlu diperhatikan oleh pelatih Thomas Doll adalah bila para pemain asing yang sewaktu waktu berhalangan main seperti Hanno Behrens di laga melawan Persita Tangetang kali ini maka pemain penggati haruslah mampu memainkan peran yang mendekati permainan para pemain asing tersebut.

Demikian pula bila Syahrian Abimanyu atau M. Ferarri yang sewaktu waktu dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia maka Thomas Doll juga harus siap dengan pemain penggantinya yang setara.

Kedalaman skuad Persija Jakarta harus diakui masih mengkhawatirkan bila dibandingkan dengan Bali United, Persib Bandung atau Arema FC.

Problem yang masih kerap terjadi di Persija Jakarta adalah menurunnya permainan di babak kedua sehingga harus bermain bertahan dengan situasi yang cukup mengkhawatirkan dan kerap membuat geram sang pelatih Thomas Doll dan membuat “sport jantung” suporter The JakMania.

Namun di laga melawan Persita Tangerang, peforma pemain Persija Jakarta di babak kedua sudah lebih baik dan memiliki motivasi dan daya juang untuk bisa meraih kemenangan di laga kandang.

Stamina pemain Persija Jakarta bisa jadi menjadi salah satu faktor menurunnya permainan di babak kedua. Inilah yang harus terus diperbaiki untuk laga laga selanjutnya.

Tentu saja kemenangan atas Persita Tangerang di laga kandang pada pekan ke-6 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 layak disyukuri oleh The JakMania meskipun tampil kurang maksimal.

Semoga di laga pekan ke-7, Persija Jakarta yang bakal bertandang melawan klub kuat Arema FC di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang pada hari Minggu, tanggal 28 Agustus 2022, permainan Macan Kemayoran kembali dalam peforma terbaiknya.

#MacanKemayoran ..

#GuePersija .. 

#PersijaSelamanya ..

#JakartaFullSenyum ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 25 Agustus 2022

Tinggalkan Balasan