Madura United Tundukkan Persija 2-1

Madura United berhasil menaklukkan Persija Jakarta dengan skor tipis 2-1 dalam laga terakhir di Grup B Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda pada hari Selasa (28/06/2022) malam WITA.

Dua gol yang membawa kemenangan tim berjuluk Sape Kerrab ini masing masing dicetak oleh Alberto “Beto” Goncalves pafa menit injury time (45+3) dan Cleberson Martins pafa menit ke-79.

Sedangkan gol balasan dari Persija Jakarta dicetak oleh Frengky Deaner Missa pada menit ke-89.

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Madura United melawan Persija Jakarta :

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, Persija Jakarta terlihat lebih banyak menguasai bola. Peluang pertama tim berjuluk Macan Kemayoran itu hadir  pada menit ke-6 lewat aksi Frengky Deaner Missa yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun arah bola masih melambung di atas mistar gawang Madira United.

Persija Jakarta yang turun dengan sebagian pemain muda memanfaatkan lebar lapangan untuk melancarkan serangan.

Dua wing back muda Rio Fahmi di kanan, dan Firza Andika di kiri, cukup agresif dalam menusuk pertahanan Madura United.

Namun, pergerakan pemain Persija Jakarta kerap terhenti begitu masuk ke pertahanan Madura United yang melakukan pressing ketat.

Sementara itu Madura United terlihat masih kesulitan mengembangkan permainan hingga 15 menit pertama laga. Namun, tim berjuluk Sape Kerrab itu memiliki satu peluang di menit ke-11. Berawal dari kecerdikan pemain gaek Slamet Nurcahyo yang memberikan umpan terbosan ke kotak penalti Persija Jakarta, bola lalu diterima dengan baik oleh Rifaldi Bawuo. Dengan satu kontrol, Rifaldi lalu melepaskan tendangan yang mengarah langsung ke gawang. Sayangnya, bola masih bisa digagalkan penjaga gawang muda Persija Jakarta Risky Sudirman, dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Madura United.

Hingga waktu cooling break di menit ke-30, kedua tim masih sama-sama kesulitan dalam menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-35, Madura United mengancam gawang Persija Jakarta lewat tendangan jarak jauh Lulinha namun bola masih melambung di atas mistar gawang Persija Jakarta.

Hanya berselang satu menit, Persija Jakarta balas menyerang lewat penetrasi punggawa timnas Indonesia U-23 Ilham Rio Fahmi dari sisi kanan, dikahiri dengan shooting Resky Fandi dari luar kotak penalti. Namun, bola juga masih melambung di atas mistar gawang Madura United.

Pada menit ke-45, Persija Jakarta memperoleh peluang lewat tendangan punggawa timnas Indonesia Firza Andika dari luar kotak penalti namun bola masih melenceng dari sasaran.

Memasuki menit injury time (45+3), Madura United berhasil unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Alberto “Beto” Goncalves melalui sundulan setelah menerima umpan silang Lulinha dari sisi kiri.

Madura United unggul 1-0 dan skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, pelatih Persija Jakarta Thomas Doll melakukan pergantian pemain dengan memasukkan dua pemain muda bertipe menyerang, Ricky Cawor dan Ginanjar Wahyu.

Masuknya kedua pemain tersebut membuat serangan Persija Jakarta terlihat lebih agresif. Ricky Cawor dengan kecepatannya kerap merepotkan pemain bertahan Madura United.

Madura United terlihat memepercepat tempo permainan. Hasilnya, beberapa peluang dapat diciptakan pada menit menit awal babak kedua lewat pemain gaek Alberto “Beto” Goncalves. Sayangnya belum bisa berbuah gol.

Pada menit ke-63, Slamet Nurcahyo melakukan gerakan individu untuk merangsek ke dalam kotak penalti Persija Jakarta lalu melepaskan tendangan ke arah gawang namun bola masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Risky Sudirman.

Persija Jakarta pun meningkatkan tempo permainan untuk bisa menyamakan kedudukan. Masuknya Riko Simanjuntak pada menit ke-65 menambah hidup serangan Persija Jakarta.

Pada menit ke-68, Riko Simanjuntak berhasil melepaskan tendangan placing dari dalam kotak penalti, namun bola masih melayang di atas mistar gawang Madura United.

Pada menit ke-79, gawang Persija Jakarta kembali kebobolan lewat gol yang dicetak oleh Cleberson Martins setelah menerima umpan dari sepak pojok. Cleberson Martins melepaskan tendangan first time voli dari dalam kotak penalti yang membuat bola meluncur deras menghujam masuk ke gawang Persija Jakarta.

Madura United unggul 2-0.

Tertinggal dua gol tak membuat Persija Jakarta menyerah. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu terus menggempur pertahanan Madura United. Pada menit ke-84, Persija Jakarta memperoleh peluang lewat tendangan pemain muda Ginanjar Wahyu namun bola masih melambung di atas mistar gawang Madura United

Pada menit ke-89, Persija Jakarta baru berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol yang dicetak oleh Frengky Deaner Missa.

Pemain berusia 18 tahun itu merangsek masuk ke kotak penalti dengan gerakan individu yang apik, lalu melepaskan tendangan yang membuat bola meluncur masuk ke gawang Madura United.

Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Madura United.

Tambahan waktu lima menit tak mampu dimanfaatkan Persija Jakarta untuk bisa menyamakan kedudukan dan hingga babak kedua berakhir, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Madura United.

 

NH

Depok, 28 Juni 2022

Tinggalkan Balasan