Babe TD Patahkan Rekor Buruk Macan Kemayoran Di Kandang Barito Putera

Selamat siang sobat,

Semalam (Minggu, 11/09/2022) saya menyaksikan secara live di Stasiun TV Indosiar, pertandingan antara tuan rumah Barito Putera melawan Persija Jakarta.

Pertandingan di pekan ke-9 kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Demang Lehman, Martapura berakhir untuk kemenangan tim tamu Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0.

Satu satunya gol yang membawa kemenangan klub berjuluk Macan Kemayoran ini dicetak oleh Michael Krmencik pada menit ke-69.

Berawal dari umpan satu dua Ricky Cawor dan Michael Krmencik lalu akselerasi apik Ricky Cawor masuk ke dalam kotak penalti dan diakhiri dengan umpan pendek ke tengah kotak penalti.

Umpan Ricky sempat terpantul  mengenai pemain belakang Barito Putera. Bola lalu mengarah ke kaki Michael Krmencik yang tanpa kawalan dan pemain timnas Republik Ceko di Piala Eropa tahun 2021 itu langsung melepaskan tendangan keras yang membuat bola melesat masuk ke gawang Barito Putera tanpa bisa dihalau penjaga gawang  Adhitya Harlan.

Kemenangan di kandang Barito Putera ini mampu memutus rekor buruk Persija Jakarta yang tak pernah menang di kandang Barito Putera sejak tahun 2014. Kala itu, Persija Jakarta menang tipis 2-1 atas Barito Putera lewat gol yang dicetak Rohit Chand dan Ramdani Lestaluhu.

Sebelumnya di pekan ke-7, kemenangan Persija Jakarta di kandang Arema FC dengan skor tipis 1-0 juga mampu memutus catatan buruk selama 19 tahun tak pernah menang di Malang. Kemenangan terakhir Persija Jakarta atas Arema FC di Stadion Kanjuruhan terjadi pada tahun 2003. Kala itu, Persija Jakarta mengalahkan Arema FC dengan skor telak 4-1 lewat hattrick sang legend Bambang Pamungkas dan satu gol lainnya dicetak Alex Pulalo.

Kemenangan atas Barito Putera ini juga menjadi kemenangan kelima Persija Jakarta secara berturut turut. Empat laga sebelumnya, Persija Jakarta mengalahkan RANS Nusantara FC (3-0), Persita Tangerang (1-0), Arema FC (1-0) dan Bhayangkara FC (2-1).

Meskipun tanpa diperkuat dua pemain pilarnya yakni pemain timnas Bahrain Abdullah Yusuf Helal yang masih cedera lalu Muhammad Ferarri yang mengikuti pelatnas timnas Indonesia U-19. Namun permainan Persija Jakarta tetap tampil apik saat menghadapi Barito Putera.

Pelatih Thomas Doll menempatkan Hanif Syaybandi di posisi bek tengah menggantikan Muhammad Ferarri dan nemainian oemain myda Rezkt Fandi dan Ilham Rio Fahmi. Ketiganya tampil tak mengecewakan.

Empat pemain lokal yang direkrut di musim kompetisi 2022-2023 yakni Firza Andika, Hansamu Yama Pranata, Hanif Syahbandi dan Ricky Cawor tampil semakin apik dan menjadi perekrutan yang terbilang sukses.

Sayangnya, saat melawan Barito Putera semalam banyak peluang yang diperoleh terutama di babak pertama namun tak satu pun yang dapat dijadikan gol. Salah satu penyebabnya adalah tampil gemilangnya penjaga gawang Barito Putera Adhitya Harlan dan bek Renan Alves.

Berikut peluang berbahaya Persija Jakarta yang diperoleh di babak pertama :

Laga baru berjalan satu menit, klub berjuluk Macan Kemayoran itu langsung menebar ancaman ke gawang Barito Putera lewat pemain asing asal Republik Ceko Michael Krmencik yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Adhitya Harlan. Beruntung Adhitya Harlan masih mampu menghalau bola dari tendangan Krmencik.

Pada menit ke-18, Michael Krmencik kembali mengancam gawang Barito Putera saat  menyambut umpan dari Firza Andika. Namun bola dari tendangannya  masih melenceng tipis ke sisi kanan tiang gawang Barito Putera

Tujuh menit berselang,  Persija Jakarta mampu menciptakan tiga ancaman sekaligus.

Pertama di menit ke-25, tendangan keras Rio Fahmi masih bisa ditepis penjaga gawang Adhitya Harlan. Bola yang dihalau itu mengarah ke Riko Simanjuntak.

Kemudian, tendangan keras Riko Simanjuntak kembali mampu ditepis penjaga gawang Adhitya Harlan sambil terbang dan hanya berujung sepak pojok.

Pada menit ke-26, dari sepak pojok Syahrian Abimanyu, bola disambut dengan sundulan Hanno Behrens namun masih bisa diblok Renan Alves setelah penjaga gawang Adhitya Harlan sudah out of position.

Persija Jakarta terus menggempur pertahanan Barito Putera dan memaksa klub berjuluk Laskar Antasari untuk bermain bertahan.

Pada menit ke-33, Persija Jakarta memperoleh peluang lewat sundulan Michael Krmencik. Namun bola masih mampu diantisipasi penjaga gawang Adhitya Harlan.

Pada menit ke-39, Michael Krmencik kembali mengancam gawang Barito Putera. Namun bola dari tendangannya masih bisa diblok Renan Alves setelah penjaga gawang Adhitya Harlan sudah mati langkah.

Pelatih asal Jerman Thomas Doll yang oleh The JakMania kerap disapa Babe Doll atau Babe TD telah membawa Macan Kemayoran mampu mematahkan beberapa catatan buruk dan lebih dari itu manpu membawa Persija Jakarta memasuki babak baru menjadi klub yang berkelas Eropa ..

To The Next Level ..

Insya Allah ..

Selamat buat Macan Kemayoran dan The JakMania ..

Respek buat Barito Putera ..

#MacanKemayoran ..

#GuePersija .. 

#PersijaSelamanya ..

#JakartaFullSenyum ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 12 September 2022

Tinggalkan Balasan