oleh

Liga 1 Is Back !

-Berita, BUKU, Literasi, Olahraga, Peristiwa, Terbaru, YPTD-Telah Dibaca : 84 Orang

Selamat pagi sobat,

Kabar gembira bagi penggenar sepakbola di tanah air terutama penggemar kompetisi Liga 1 bahwa pihak kepolisian telah mengeluarkan surat ijin untuk penyelenggaraan lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023 yang rencananya akan mulai bergulir pada tanggal 5 Desember 2022.

Seperti diketahui bahwa kompetisi Liga 1 2022-2023 harus dihentikan sementara setelah terjadi tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang pada tanggal 1 Oktober 2022 yang menyebabkan 135 orang meninggal dunia.

Beruntung, Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA tidak menjatuhkan sanksi untuk Indonesia. Namun FIFA meminta Federasi Sepakbola Indonesia atau PSSI untuk melakukan pembenahan secara total dalam penyelenggaraan kompetisi sepakbola di Indonesia khususnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Adapun pelaksanaan kompetisi Liga 1 2022-2023 ini untuk sementara tidak menggunakan sistem Home and Away namun menggunakan sistem Bubble dimana tempat pertandingan berada dalam satu wilayah di provinsi Jawa Tengah dan provinsi DI Yogyakarta.

PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku operator Liga 1 telah menetapkan 5 Stadion untuk tempat pertandingan yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi. Kelima Stadion tersebut yaitu Stadion Jatidiri Semarang, Stadion Moch Soebroto Magelang, Stadion Manahan Solo, Stadion Sultan Agung Bantul dan Stadion Maguwoharjo Sleman.

Selain itu, pertandingan bakal digelar tanpa kehadiran penonton di dalam Stadion. Sedangkan pertandingan yang tidak lagi start terlalu malam bakal tetap disiarkan secara live atau  langsung oleh stasiun TV Indosiar, Vidio dan live streaming.

Peraturan tanpa kehadiran penonton di dalam Stadion ini pernah digunakan pada kompetisi Liga 1 2021-2022 yang ketika itu pandemi COVID-19 masih sangat tinggi dan pemberian vaksin masih dalam tahap awal.

Tentu saja kita berharap bahwa lanjutan kompetisi Liga 1 2022-2023 ini dapat berjalan sesuai rencana, aman dan lancar hingga berakhirnya putaran pertama. Kabarnya, bila putaran pertama ini dapat berjalan baik maka pada putaran kedua dapat kembali pada sistem Home and Away dan adanya penonton di dalam Stadion.

Bagi saya yang sejak tahun 2017 selalu mengulas kompetisi Liga 1, tentu saja hal ini saya sambut dengan gembira karena keinginan saya untuk mengabadikan kompetisi Liga 1 2022-2023 dalam 10 buku dapat direalisasikan. Sampai dengan pekan ke-11 yang kemudian terhenti, saya sudah mengabadikannya dalam 3 buah buku ber-QRCBN.

Namun demikian, bergulirnya kompetisi Liga 1 pada tanggal 5 Desember 2022 membuat saya harus benar benar bisa membagi waktu karena saat ini saya tengah disibukkan mengulas event Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar yang sampai pada hari ini sudah memasuki babak 8 Besar. Syukurlah untuk babak penyisihan Grup yang saya rencanakan menjadi sebuah buku Seri 1 telah memasuki tahap finalisasi menjadi draft sebuah buku. Sedangkan untuk babak 16 besar, babak 8 besar, babak Semi Final dan babak Final, saya rencanakan menjadi buku Seri 2. Insya Allah, tanggal 25 Desember 2022 mendatang, kedua buku tersebut sudah mendapatkan lisensi QRCBN.

Semoga Allah Subhannahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan nikmat sehat kepada diri saya sehingga saya dapat mengulas event Piala Dunia 2022 dan kompetisi Liga 1 2022-2023 secara bersamaan tanpa ada kendala.

Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamiin ..

Sobat, saatnya saya undur diri.

Selamat beraktivitas ..

Salam sehat ..

 

NH

Depok, 4 Desember 2022

Komentar

Tinggalkan Balasan