Bawang Merah dan Masakan Indonesia

sate maranggi

Sepertinya juru masak itu menahan air matanya untuk mengalir dari sudut matanya. Aku tahu itu, karena aku sendiri juga kurang tahan menghadapi bawang merah. Ia seorang juru masak yang teguh, sama seperti ibu-ibu yang memasak tiap harinya untuk keluarganya. Dari beberapa siung bawang merah itu ia menyiapkan sesuatu yang istimewa. Sambal dabu-dabu yang sedap.

Bawang merah. Ia sering menjadi lakon cerita bawang merah dan bawang putih. Ia jarang absen di masakan nusantara. Cobalah kosongan bawang merah di dapur, lemari, atau di kulkas, pasti ibumu marah-marah, karena ia sulit memikirkan masakan tanpa bawang merah.

Apa kabar bawang merah? Meski kehadirannya nampak sepele, harganya kerap bikin pusing para kaum wanita. Tapi aku yakin mereka akan membelinya juga, karena mereka paham rahasia dari sang bawang merah.

Bawang merah ahli bikin sambal jadi sedap. Iris tipis-tipis bawang merah, cabe merah, lalu lumat dengan kecap manis, jadilah teman cocolan yang enak untuk telur mata sapi ataupun sate kambing.

Goreng irisan bawang merah dan taburkan di atas wadah berisikan soto Betawi, semangkuk bakso, ataupun mie goreng. Rasanya akan jauh lebih nikmat.

bawang merah

Masih lapar malam ini? Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Lalu tumis hingga harum dan masukkan nasi, garam, dan aduk-aduk hingga merata. Hidangkan dengan telur dadar atau telur mata sapi. oooh sedapnya.

Bawang merah juga manjur untuk pertolongan pertama dan meringankan sakit pilek, sariawan, sembelit, sakit perut, dan sakit kepala.

Bawang merah…bawang merah, engkau kecil tapi sungguh bermakna. Kamu berhasil mengubah bahan-bahan masakan menjadi sesuatu santapan yang nikmat.

Tinggalkan Balasan