oleh

PENGALAMAN PEMBELAJARAN SECARA ONLINE

Nama     : Resti Putri Pratiwi

Nim       : 21044

Tingkat  : 1- A

 

PENGALAMAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

 

12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis! | SMK Negeri 2 SekayuAssalamualaikum Wr.Wb

Semua dimulai pada awal tahun 2020 dimana terjadinya masa Pandemi Covid-19, sehingga berdampak pada pembelajaran di Indonesia atau bahkan hampir diseluruh dunia. Adapun gangguan yang dialami seluruh negara, mulai dari gangguan teknis pembelajaran sampai gangguan pada psikologis guru dan peserta didik. Sehinga gangguan-gangguan juga menimbulkan permasalahan yang baru dalam kehidupan terutama dalam negara itu sendiri.

Pada masa pandemi Covid-19 atau lebih dikenal dengan Corona, menyebabkan terjadinya pembelajaran secara dalam jaringan (daring/online).

Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi ini. Sehingga berbagai instansi pendidikan telah menyepakatinya untuk menerapkan pembelajaran system online (daring).

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya pada masa pembelajaran secara online (daring), saya berpendapat dimana pembelajaran secara daraing tidak begitu efektif bagi seluruh Siswa ataupun Mahasiswa. Pada saat melakukan pembelajaran secara daring yang dimana rata-rata pelajar atau bahkan karyawan perkantoran akan melakukan daring melalui beberapa situs contohnya melalui, zoom, google meet atau situs lain berbagainya.

Melalui situs tersebut dimana kita diharuskan menggunakan Internet, sehingga mau tidak mau kita harus mengandalkan kuota internet dan jaringan internet.

Menurut pengalaman saya kenapa beberapa orang mengatakan bahwa melalui pembelajaran daring tidak begitu efektif, karena kita terlalu mengandalkan jaringan internet sehingga sesekali pasti terjadi kendala jaringan yang tidak setabil sehingga mengakibatkannkeluar nya dari situs pembelajaran daring secara tiba-tiba. Hal tersebut pasti sangat berdampak pada pemahaman materi yang sedang dijelaskan.

Salah satunya dimana saya sedang melakukan kelas mata kuliah yang dilakukan melalui situs zoom sehingga mengharuskan menggunakan data internet/wifi, pada saat di menit dan sampai 3 jam mulainya pembelajaran semua baik baik saja tetapi hingga pada saat 4 sampai 5 jam berikutnya terjadi kendala yaitu tidak stabilnya jaringan wifi yang saya punya sehingga situs zoom yang saya gunakan keluar secara tiba tiba. Dimana popada saat tersebut dosen saya sedang menerangkan beberapa bagian materi penting yang akan keluat pada saat UTS hal itu membuat saya menjadi kesal sendiri karena situs zoom tersebut keluar secara tiba-tiba.

Metode Penilaian Asesmen Menjadi Solusi Pemberian Nilai dalam Pembelajaran Daring

Selain itu dampak merugikan bagi saya dalam pengalaman pembelajaran secara online (daring) yaitu, pada saat PKKMB yang mengharuskan laptop saya harus on/menyala dalam kurun waktu 4 jam sehingga pada saat ditengah kegiatan acara daring tersebut mengahruskan saya keluar dari situs daring dikarenakan laptop saya yang eror akibat terlalu panas.

Tetapi akibat dari beberapa pengalaman kurang mengenakkan yang saya lalui malalui pembelajaran secara daring, juga berdampak positif bagi saya sendiri. Dimana karena hal tersebut kepribadian saya saat ini jauh lebih sabar dari sebelumnya.

Sekian pengalaman dalam pembelajaran secara daring yang saya ceritakan, mungkin terdapat hal positif yang bisa diambil dari cerita tersebut.

 

Wasalammuallaikum Wr.Wb || Terimakasih

AKPER POLRI – XXVIII

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed