Sumber gambar :https://solusik.com/
Tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi digital saat ini telah berkembang sangat pesat. Saat ini kita kenal sebagai era revolusi 4.0, di mana kebiasaan manusia secara umum telah mengalami pergeseran ke arah yang serba digital serta tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia, tidak hanya untuk urusan formal dalam dunia kerja, tetapi juga sudah merasuk ke dalam urusan yang sifatnya kebutuhan pribadi setiap orang.
Percepatan penggunaan Teknologi informasi di dunia pendidikan mengalami momentumnya tatkala Indonesia memasuki masa pandemi Covid-19 sekitar bulan Maret 2020 yang lalu. Sejak saat itu, mau tidak mau, siap tidak siap seluruh stake holder pendidikan dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan Teknologi Informasi untuk menunjang berlangsungnya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR).
Sebagaian besar guru menggunakan metode pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) untuk menyampaikan Kompetensi Dasar mata pelajaran yang diampunya. Walaupun adakalanya dipadukan pula dengan metode pembelajaran offline atau luar jaringan (luring), demi menjaga ritme pembelajaran agar tetap menyenangkan dan tidak membosankan bagi semua siswa maupun guru.
Salah satu efek dari pembelajaran online yang mendominasi kegiatan siswa dan guru adalah makin gandrungnya para siswa, bahkan sejak Taman Kanak-Kanak (TK) sampai SMA/SMK/MA dalam penggunaan hand phone. Penggunaan hand phone ternyata didominasi bukan untuk menunjang pembelajaran, namun untuk hal-hal lain yang sifatnya hiburan dan permainan (games). Hal ini sebenarnya butuh perhatian serius dan pendampingan, khususnya dari orang tua di rumah. Sebuah hand phone diibaratkan seperti sebuah hutan belantara yang sangat lebat. Di dalamnya banyak aneka pohon, buah-buahan, dan juga udara segar yang sangat bermanfaat. Namun, di dalamnya juga banyak binatang buas dan berbisa serta jalan-jalan yang terjal yang sangat membahayakan.
Sebagai orang tua, kita harus bijak dalam menyikapi perubahan dan kemajuan Teknologi Informasi ini. Khususnya yang berkaitan dengan pola kembang anak dan kemajuan tingkat berpikir mereka. Kita tidak bisa melarang mereka untuk menggunakan hand phone secara frontal, karena kekhawatiran akan terjerumus kepada konten-konten kekerasaan, pornografi, atau konten lainnya yang tidak pantas dan berbahaya. Begitupun sebaliknya, kita juga tidak boleh memberikan kebebasan sebebas-bebasnya kepada mereka dalam mengakses internet melalui hand phone atau gawai, hanya karena kesibukan kita atau sudah putus asa terhadap prilaku mereka selama ini.
Tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing dan mengarahkan agar anak-anak kita tidak salah arah dan tersesat jalannya. Ini adalah zaman mereka, dan didiklah mereka sesuai dengan zamannya. Kalau ada anak kita yang ingin jadi YouTuber atau gamer, kita jangan melarangnya tanpa alasan, atau sebaliknya memberinya ijin tanpa syarat.
Berdasarkan pengalaman saya pribadi, selama berlangsung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi, anak-anak saya dirumah menjadi sedikit lebih akrab dengan hand phone dibanding dengan sebelum pandemi. Setelah mereka merampungkan tugas-tugas sekolahnya, mereka mengisi waktunya dengan bermain games melalui hand phone. Melihat hal ini, saya dan istri tidak lantas melarangnya secara tiba-tiba dan tanpa alasan, atau dengan alasan menurut sudut pandang orang tua , yang terkadang tidak dipahami oleh mereka. Kami tetap membolehkan mereka bermain games dengan syarat semua tugas sekolah tidak terbengkalai, sholat lima waktu dan membaca Al Qur’an tidak ditinggalkan, dan tentunya bernilai manfaat dan produktif buat mereka.
Berbicara manfaat dan bernilai produktif terhadap kesenangan anak di bidang Teknologi Informasi, maka saya mengarahkan anak saya untuk membuat konten di Youtube, syukur-syukur kalau pada akhirnya menjadi Youtuber. Akhirnya pada medio November yang lalu, anak ketiga saya membuat konten di Youtube dengan nama channel loly lilo yang beralamat di https://www.youtube.com/channel/UCgqdMlepQAok1utEmGCLRPQ/videos . Channel ini sementara berisikan ulasan-ulasan mengenai game #SakuraSchoolSimulator, #AmongUs, dan #GhacaLife. Salah satu kontennya bisa anda lihat di https://www.youtube.com/watch?v=lm0iseNbkv4 . Baru sebulan setengah berjalan, channel ini sudah memiliki 3.820 subsriber, dengan 49 jam tayang. Sejak Oktober 2020, YouTube menetapkan jumlah minimal subsriber sebanyak 1.000 subscriber dan minimal 4.000 jam tayang untuk sebuah channel mendapatkan monetisasi.
Alhamdulillah, pada saat pengambilan raport secara virtual pada 18 Desember 2020 yang lalu, peringkat kelas anak saya mengalami kenaikan dibandingkan semester genap yang lalu. Pelaksanaan ibadahpun masih dikerjakan secara lancar, dan tugas-tugas lainnya tidak terbengkalai.
Kesimpulannya adalah, kita sebagai orang tua harus hadir dalam setiap tahap perkembangan anak. Tidak terlalu mengekang mereka atau terlalu membebaskan mereka. Anak seperti kuda pacu, yang kita biarkan berlari sekencang-kencangnya, namun tetap ada tali kekang sebagai kendalinya.***