Pelayanan prima memang sudah menjadi tuntutan masyarakat. Sentra pelayanan publik seperti Rumah Sakit wajib menyediakan kualitas pelayanan profesional.
Pelayanan Prima
Penampilan Brigadir Jendral Polisi (Purnawirawan) Drs Djunet dalam usia kepala enam tampak masih bugar. Diawal bulan Juni 2015 saya bertemu dengan beliau di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Bhayangkara Tk1 RS Sukanto. Rasanya sudah lebih 5 tahun tidak bersua Jendral asal Aceh ini namun masih memiliki daya ingat luar biasa.
“ Assalamualaikum Pak Thamrin apa kabar”
Beliau menjabat erat tangan sekeras memegang grip raket tennis.
” Siap Jendral, Alhamdulillah sehat walafiat, baik baik saja sesuai umur”
Ketika masih sama sama bertugas di Mabes Polri, setiap hari Jumat pagi kami latihan tennis. Olahraga pemacu adrenalin ini memang asyiek masyuk di jadikan hobby sehingga ketika masa purna tiba maka porsi latihan bertambah menjadi 3 kali seminggu. ” Ada apa rupanya Pak Djunet berada di Poliklinik ini, tampaknya sehat sehat saja” Sembari tertawa renya Jendral yang terakhir tugas di Inspektorat Pengawasan Umum Polri mengatakan ” saya hanya chek up kesehatan rutin saja”
Pemeriksaan kesehatan rutin memang harus terjadual setiap tahun bagi sesiapa saja tidak memandang umur dan kondisi kesehatan. Jargon kesehatan yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati ada benarnya. Penyakit itu sebenarnya berbaik hati, jarang dia datang tiba tiba. Selalu saja ada sinyal awal sebelum seorang manusia menderita suatu penyakit, Gejala awal tentu saja dimulai dengan “kurang enak badan” Perasaan kurang enak badan itu harus segera ditindak lanjuti dengan memeriksakan diri ke dokter.
Pemeriksaan kesehatan rutin itulah yang wajib dilakukan secara teratur agar kondisi tubuh tetap bisa beraktivitas secara normal dan wajar. Terkait dengan pemeriksaan kesehatan bagi Anggota Polri dan masyarakat umum, Rumah Sakit Polri Bhayangkara Tk I RS Sukanto menyediakan pelayanan rawat jalan yang lebih di kenal dengan nama Poliklinik. Terdapat 3 buah Poliklinik Rumah Sakit Polri untuk melayani warga. Poliklinik Gawat Darurat buka 24 jam berada di bagian depan rumah sakit yang bisa ditempuh melalui pintu akses tol jagorawi. Poliklinik lainnya terletak di bagian luar gedung utama, melayani warga selama jam kerja, Demikian pula Poliklinik Eksekutif berlokasi di lantai satu gedung utama di peruntukkan bagi anggota Polri yang super sibuk.
Kualitas Pelayanan Setara Untuk Semua Pasien
Sesuai dengan arahan Karumkit Briogjen Pol dr Didi Agus Mintadi Sp Jp DFM kepada setiap medis, paramedis dan non medis yang bertugas di lapis layanan terdepan maka kualitas pelayanan tidak boleh dibedakan. Artinya dokter, perawat, petugas loket dan petugas lainnya yang langsung berhadapan dengan pasien harus memberikan pelayanan prima. Pelayanan prima di definisikan sebagai pelayanan yang di berikan secara berlebih baik dalam sikap maupun dalam bentuk pelayanan rujukan.
Berdasarkan pertimbangan itulah Dr Didi Agus Mintadi mendirikan Poliklinik Eksekutif. Poliklinik ini memang khusus di sediakan untuk melayanai Anggota Polri berpangkat Komisaris Besar keatas. Menyadari bahwa para anggota aktif tersebut sangat sibuk dalam melaksanaklan tugas pelayanan kepada masyarakat, maka di berikan pelayanan khusus agar mereka bisa dilayani secara cepat pada satu atap. Pejabat tersebut tidak harus menunggu terlalu lama di Poliklinik Umum apalagi harus antri ditengah berjubelnya pasien setiap hari.
Polklinik Eksekutif juga di peruntukan bagi para purnawairawan Jendral Polri. Pelayanan istimewa diberikan sebagai bentuk terima kasih Dinas atas pengabdian mereka selama bertugas melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat. Demikian pula untuk keluarga purnawirawan bisa memeriksakan kesehatan di Poliklinik yang di desain interior ruang nan ditata apik sehingga terasa teduh dan sejuk sehingga terasa nyaman.
Poliklinik Eksekutif memberikan pelayanan satu atap. Setelah pasien mendaftarkan diri kemudian perawat mengatur pemeriksaan dokter. Para dokter spesialis melakukan pemeriksaan langsung di Poliklinik Eksekutif. Pemeriksaan penunjangpun dilakukan di poliklinik ini secara mandiri apatah berbentuk pemeriksaan laboratorium dan physiotherapy serta pemeriksaan lainnya. Artinya pasien tetap berada di ruang poliklinik, tidak usah mondar mandir ketempat lain. Demikian pula dengan pemberian obat disediakan apotik khusus.
Kepuasan Pasien Adalah Segalanya
Kalaupun ada pasien poliklinik eksekutif harus diperiksakan di bagian luar, maka dengan ramah dan sigap perawat mengantar pasien tersebut sampai selesai proses pemeriksaan. Pelayanan prima terpenuhi ketika patugas menjalankan tugas secara profesional yang menyangkut science, skill dan attitude, Apabila performance pelayanan telah mencapai titik kepuasan konsumen maka bisa dikatakan bahwa tingkat klaim dengan sendirinya menurun.
Saya penasaran darimana Brigjen Djunet mendapat informasi terkait keberadaan Poliklinik Eksekutif. Beliau menjelaskan mendapatkan informasi tersebut dari Dr Aidy Rawas teman sesama bermain tenis di lapangan Graha Purna. Benar saja sejak di bukanya Polklinik ini maka semakin banyak pejabat dan mantan pejabat Polri yang datang memeriksakan kesehatan. Pelayanan satu atap memberikan kemudahan dan rasa nyaman bagi mereka.
Kesan selama ini terbangun bahwa pelayanan publik dilaksanakan birokrat sangat buruk dan menyebalkan. Kesan negatif itu kini mulai bisa dihapus terutama di Rumah Sakit Polri yang di pimpin oleh Dr Didi Agus Mintadi. Kesan itulah yang saya tangkap ketika berbicara dengan beberapa pasien di Poliklinik Eksekutif. Tidak ada lagi kesan buruk, berupa pelayanan lambat, petugas acuh tak acuh serta tempat kumuh di Rumah Sakit Bhayangkara RS Sukanto.
Ketika para purnawirawan perlu mendapatkan pengobatan lanjutan berupa rawat inap maka di sediakan ruang perawatan VVIP dan VIP. Untuk kesetaraan dan keadilan sebagai penghormatan dan pemuliaan kepada seluruh anggota Polri dan keluarga maka di sediakan ruang perawatan Kelas I. Bangunan Gedung Cendrawasih 4 lantai yang tadinya hanya untuk melayani pasien umum perawatan vip dan kelas satu kini berdasarkan kebijakan Kepala Rumah Sakit di jadikan ruang perawatan khusus bagi seluruh anggota Polri dan keluarga tanpa memandang pangkat lagi. Demikian juga dengan obat obatan serta pemeriksaan penunjang, semua diberikan secara gratis. Kalaupun ada biaya tambahan ketika paket BPJS terlampaui maka Rumah Sakit Polri memberikan subsidi silang.
Semoga upaya memberikan yang terbaik untuk setiap pasien bisa terus ditingkatkan oleh Manajemen RS Bhayangkara. Hal ini mengingat bahwa tingkat kepuasan pasien relatif adanya. Walaupun Petugas sudah melaksanakan pelayanan prima dan sarana serta prasarana telah disediakan cukup memadai diatas standard, tetap saja masih ada komplain. Justru komplain itulah yang dijadikan Dr Didi sebagai masukan berharga guna memacu peningkatan kualitas pelayanan.
https://www.kompasiana.com/thamrindahlan/55757021117b61776969b32c/ini-dia-pelayanan-prima-sesungguhnya?page=all#goog_rewarded
8 Juni 2015 17:36 Diperbarui: 17 Juni 2015 06:10 564 3 2
+
- Salam salaman
- TD
1 komentar