Saya Suka Senin

  •  I Love Monday
    • Retired Said
    • I Hate All Days
    • Joblessness Said

    Kosa kata menggunakan ungkapan “oh”  pakai tanda seru (!!!) sepertinya mengambarkan keluhan. Benar atau tidak tentu tergantung kepada seseorang bagaimana suasana hati  pada saat itu.

    Senin oh Senin. Kenapa pula dengan hari senin. Kenapa muncul di ungkapan popular dunia I hate Monday. Terjemahan bebasnya “saya benci hari senin.”

    Sebenarnya dari hitungan urutan,  hari senin berada di posisi kedua. Posisi pertama atau hari pertama dalam sepekan adalah minggu. Orang Arab menyebutnya sebagai Ahad. Ahad bermakna satu, isnin dua selanjutnya selasa tsalatsa demikian seterusnya arbaa sama artinya dengan Rebo.

    Oleh karena itu seharusnya hari senin jangan dijadikan kambing hitam sebagai korban. Dikorbankan atau menakutkan beda tipis. Suasana hati galau para pekerja bisa dimaklumi ketika tiba hari senin. Setelah week end rehat serehat rehatnya selama 2 hari rasanya koq beeerraaat sekali berangkat pagi pagi kekantor di hari Senin.

    Pemerintahan Negara Timur Tengah terutama Kerajaan Arab Saudi hari libur ditetapkan pada hari Jum’at. Hari penuh berkah Jum’at sebagai penghulu hari untuk menegakkan shalat pengganti shalat dzhuhur ditambah dengan khutbah. Dengan demikian mungkin bagi penduduk negeri timur tengah itu masuk kerja di hari senin tidak menjadi masalah.

    Baiklah, awak sebenarnya tidak mengeluh bersebab kini dalam posisi retired atawa pangsiunan.  9 tahun berposisi bukan orang kantoran tentu tak masalah dengan hari senin. Tampaknya semua hari bagi purnawirawan sama saja.  Melihat kalender sepertinya setiap tanggal berwarna merah bermkna hari libur.

    Namun pengalaman selama 30 tahun menjadi  abdi Negara hari senin memang agak merisaukan.  Risau tiba dikantor terlambat karena macet. Oleh karena itu berangkat lebih awal sudah menjadi resiko walaupun sedikit berat hati.

    Hari senin semua orang sibuk.  Berkejaran dengan waktu di tengarai transportasi umum bersesakan. Ada absen kantor oh itulah yang menjadi momok sebagai bukti kehadiran tidak telat. Belum lagi wajib berbaris apel pagi khususnya bagi aparat keamanan dan Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Negara.

    Oleh karena itu siap mental berjibaku menghadapi senin akhirnya menjadi sesuatu hal  tidak terhindari. Lama kelamaan hari senin bagi  pegawai senior menjadi hari biasa seperti selasa, rabu, kamis dan jumat.  Jadwal masuk kerja pukul 07.00 WIB tampaknya juga merepotkan anak buah.

    Akhirnya awak hanya bisa berpantun untuk saudara saudaraku. Proses mengubah mind set I Hate Monday menjadi I Love Monday memang perlu waktu.  Seiring berjalannya waktu pola pikir itu akan berubah juga menjadi I Love all days terutama  pada  hari gajian.

    Inilah pantun penghibur untuk kita semua :

    • dari Jambi pergi ke jawa
    • orang jawa terkenal ramah
    • penat badan senin bekerja
    • semoga selamat tiba dirumah

    Salam salaman

    Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan

    5/10/20

    YPTD

Tinggalkan Balasan

1 komentar