oleh

Shin Tae yong Bersama Timnas Garuda di Piala AFF

-Olahraga-Telah Dibaca : 128 Orang

Shin Tae yong saat ini semakin membuktikan bahwa sentuhan kepelatihannya membuahkan hasil nyata. Sederet pencapaiannya bersama Timnas Garuda patut mendapatkan apresiasi. 

FIFA, Federasi Sepakbola Dunia memberikan ucapan selamat kepada sosok pelatih asal Korea Selatan ini dalam menangani Timnas Garuda dan keberhasilannya membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Pada laman Instagram.com/fifaworldcup (20/9/22) mereka menulis : “Siapa yang sudah tidak sabar melihat kiprah Garuda Nusantara tahun depan di panggung asia dan dunia?”

Langsung beberapa netizen memberikan respon yang positif pada unggahan di laman medsos milik FIFA tersebut.

Saat ini paling tidak sudah ada tiga pencapaian yang mampu Shin Tae yong raih untuk Timnas Garuda.

Pencapaian pertama hasil kerja Shin adalah membawa Timnas Garuda Senior sebagai finalis Piala AFF 2020 di Singapura yang baru berlangsung tahun 2021 karena adanya pandemi covid19.

Kendati saat itu Garuda kalah dari Thailand dalam laga dua leg, tetapi itu  adalah pencapaian yang patut mendapat penghargaan.

Pada ajang Piala AFF tersebut Garuda berada di grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos. Mereka berhasil keluar sebagai juara grup B.

Sebanyak 4 laga diselesaikan dengan menang 4-1 atas Malaysia, 4-2 atas Kamboja, 5-1 atas Laos dan bermain imbang tanpa gol dengan Vietnam.

Pada babak semi final Garuda berhasil menyingkirkan tuan rumah Singapore dengan agregat 5-3 (1-1 dan 4-2) dalam dua leg pertemuan.

Kemenangan ini membawanya lolos ke final berhadapan melawan Thailand yang menyingkirkan Vietnam pada semi finallainnya.

Namun di babak final Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 0-4 dan 2-2 dalam dua leg. Kinerja Timnas selama turnamen tersebut mulai menunjukkan kemajuan berarti.

Selama babak fase grup Garuda berhasil menjaringkan 14 gol dan hanya kebobolan 4 gol. Kinerja dengan produktivitas gol yang cukup menggembirakan.

Turnamen Piala AFF edisi tahun 2022 akan berlangsung pada Desember ini. Timnas Indonesia sudah menyiapkan skuad terbaiknya menghadapi turnamen paling bergengsi di ASEAN tersebut.

Indonesia berada di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam/Timor Leste. Sementara itu di grup B adalah Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos.

Menghadapi Piala AFF 2022 jauh lebih optimis lagai karena skuad asuhan coach Shin lebih lebgkap dengan kedatangan dua pemain naturalisasi asal Belanda yaitu Sandy Walsh dan Jordy Amat.

Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa

Keterangan Foto : Shin Tae yong pelatih Timnas U-20 (Sumber Foto PSSI).

Komentar

Tinggalkan Balasan