Memiliki semangat yang kuat

Pemuda adalah generasi selanjutnya untuk mengembangkan kemajuan Negaranya. seperti semangat persatuan kesatuan, rela berkorban, tanpa pamrih, dan Cinta Tanah Air Indonesia harus terus dimiliki oleh generasi penerus Indonesia tak terkecuali generasi muda.

Generasi Emas merupakan generasi masa depan yang perlu mendapatkan perhatian serius. Generasi Emas inilah yang diharapkan dapat membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dan maju di berbagai bidang sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Karena merupakan generasi penerus bangsa yang pada periode tersebut adalah sangat produktif,sangat berharga dan sangat bernilai, sehingga perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan baik agar berkualitas menjadi insan yang berkarakter, insan yang cerdas, dan insan yang kompetitif, serta menjadi bonus demografi.

Generasi emas memiliki kecerdasan komprehensif, yakni kecerdasan untuk bekerja produktif, inovatif, dan mampu berinteraksi sosial dengan baik, dan berperadaban unggul. Dari sisi kompetensi, pendidikan formal di Indonesia masih jauh dari level ideal menghasilkan lulusan yang mampu bersaing. Berbagai survey lembaga internasional menunjukkan rendahnya peringkat pendidikan di Indonesia. Untuk bersaing dengan sesama negara Asean saja, Indonesia tertinggal

Dalam aspek moral mahasiswa dianggap sudah dewasa dalam memilih kehidupannya sendiri. Mahasiswa dalam memahami peranan dirinya dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan di Indonesia sepatutnya memiliki kerangka acuan dan penafsiran yang jelas atau lebih sering kita dengar kesadaran ideologi. Kesadaran ideologi itu sebagai akibat internalisasi ideologi secara menyeluruh.

Artinya, mengupayakan setiap potensi yang ada untuk menjalankan dan mempertahankan ideologinya. Setiap tingkah laku dari individu atau kelompok ini sebagai tafsir terhadap ideologi. Dengan kematangan jasmani, perasaan dan akalnya, sangat wajar jika mahasiswa memiliki potensi yang besar dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainya.

Maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus memiliki rasa juang untuk Negara sendiri.Agar Negara ini bisa maju seperti Negara-negara lainnya.Jangan sampai kita tertinggal denga mereka.

Tinggalkan Balasan