Penerus Bangsa

Para pemuda saat itu sadar bahwa persoalan kebangsaan tidak dapat diatasi hanya oleh segelintir individu atau kelompok

tetapi harus dilakukan dengan dasar kesatuan dan persatuan yang diwujudkan dalam pekik ikrar yang kemudian menjadi sejarah: Kami Pemuda Indonesia, bersumpah; bertanah air satu: Tanah Air Indonesia; berbangsa satu: Bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan: Bahasa Indonesia.

Waktu pun terus berjalan 89 tahun lamanya, sejak sumpah pemuda dibacakan. Zaman pun telah berubah. Namun persoalan yang dihadapi oleh kita sebagai bangsa tetap sama.

Kita memang telah merdeka, namun masih belum mampu menihilkan ketimpangan sosial dan ekonomi serta rapuhnya kemandirian bangsa, yang apabila tidak disikapi secara cerdas dipastikan akan membuat negara ini terjebak pada kondisi keterjajahan dalam bentuk yang lain.

Kita tidak dapat memungkiri kenyataan, karena masih adanya kesenjangan ini, selain bertentangan dengan cita-cita NKRI serta mengingkari amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, kita juga mewarisi budaya dan semangat juang para pemuda yang sejatinya menjadi modal untuk terus bergerak, bekerja bersama memperbaiki kualitas hidup dan kehidupan demi tegaknya martabat bangsa dan negara.

Oleh karena itu, peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 ini harus selalu dimaknai sebagai penyegaran kembali pemahaman atas nilai-nilai kejuangan pemuda, dengan memadukan segenap potensi tanpa memandang asal-usul suku, agama, ras, dan antar-golongan.

Terlebih, kebangkitan suatu bangsa tidak hanya dinilai dari menguatnya semangat perubahan. Namun juga terkait kemampuan mengolah dan menyelaraskan berbagai potensi demi kepentingan yang lebih luas. Ini penting agar bangsa ini mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari munculnya bonus demografi di tahun 2020 yang akan didominasi oleh para pemuda.

Maka dari itu kita sebagai pemuda indonesia harus ikut serta dalam memperingati hari sumpah pemuda agar kita sebagai penerus bangsa selalu memghormati jasa para pahlawan.

NAMA     : Nabila Septiani

TINGKAT: lB

NIM         : 20065

Tinggalkan Balasan