Semangat juang tidak boleh padam

Pahlawan0 Dilihat

Negara kita sudah merdeka 75 tahun, pada tahun 2045 akan menyentuh umur 100 tahun. Dan Indonesia emas 2045 merupakan impian semua rakyat Indonesia untuk membentuk Indonesia bersaing dengan negara maju dan dapat menyelesaikan masalah korupsi dan kemiskinan di tanah air tercinta.

Nilai-nilai juang 45, seperti semangat persatuan, rela berkorban, tanpa pamrih harus dimiliki generasi muda sekarang. Generasi muda memiliki kewajiban untuk meneruskan nilai-nilai juang 45, karena suatu saat generasi muda akan memimpin bangsa ini. Perjuangan saat zaman dulu dan zaman sekarang sangat berbeda, dulu berjuang mengibarkan bendera merah putih dengan darah, keringat dan air mata dan sekarang perjuangan nya membangun bangsa yang adil makmur dan sejahtera.

Mengingat pada tanggal 10 november ditetapkan sebagai hari pahlawan nasional, arek-arek surabaya bertempur habis-habisan melawan penjajah sampai titik darah penghabisan dengan semangat rawe-rawe rantas malang-malang putung. Di masa sekarang, harus menjaga pancasila sebagai ideologi negara dan dasar negara UUD 1945 agar tidak goyah.

Sebagai mahasiswa harus memiliki peran untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang gugur mendahului kita dengan semangat juang 45. Sebagai penerus bangsa, mahasiswa harus berjuang demi kemajuan bangsa melalui pendidikan, menjaga adat dan budaya, menjunjung tinggi persatuan bangsa, dan harus berani membela yang benar.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan berani menggerakkan perubahan positif untuk kemajuan bangsanya. Jangan sampai generasi sekarang terjerumus dalam kegiatan yang tidak baik dan akhirnya menghancurkan masa depannya. Di masa pandemi ini, generasi muda harus berani mengembangkan dan menciptakan ide kreatif agar dapat membuat lapangan pekerjaan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Generasi muda harus memiliki pemikiran yang maju untuk mewujudkan Indonesia emas 2045, karena masa depan ada ditangan para generasi muda sekarang dan perlu ditingkatkan jiwa kepemimpinan dan rasa cinta tanah air melalui pendidikan dan program bela negara.

Jika generasi muda sekarang tidak mau memiliki rasa cinta tanah air, bagaimana nasib Indonesia di masa akan mendatang? Pahlawan mati-matian mempertahankan kemerdekaan, malah generasi sekarang bersikap tidak peduli pada negaranya sendiri. Kalau begini ya indonesia akan mengalami kemunduran dan akan dijajah lagi.

Tinggalkan Balasan