MAHASISWA MEMILIKI PERAN PENTING UNTUK GENERASI SELANJUTNYA

Pahlawan0 Dilihat

NAMA : SELVI ISTIYAH WULANDARI
NIM : 20034
TK I A

Begitu banyak wacana yang dibuat pemerintah untuk memotivasi masyarakatnya dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, dengan hari ini kita akan menghadapi bonus demografi yang nantinya memberikan sebuah warna baru bagi berbagai kehidupan yang sedang di alami saat ini.
Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar, yang nantinya akan dialami bangsa indonesia yang di targetkan pada tahun 2030 yang hal ini menjadi target untuk menyongsong Generasi Emas .
Demi terciptanya bonus demografi dengan kualitas tinggi,pemerataan sumber daya manusia harus diperhatikan dengan baik,salah satu contoh pemerataan tersebut pemerintah dapat lebih memfokuskan peran pendidikan diindonesia, dimana Pendidikan Indonesia harus lebih ditingkatkan untuk menopang bonus demografi yang akan dihadapi, dengan kata lain SDM yang begitu banyak di usia produktif harus diimbangi dengan kualitas SDM itu sendiri, hal ini yang nantinya akan berdampak pada majunya negara indonesia,pencapaian generasi emas tidak hanya pada kota kota tertentu saja,tetapi seluruh bagian di indonesia ini.
Lalu bagaimana peran mahasiswa sebagai generasi muda yang berpendidikan?, Mahasiswa sebagai bagian dari stakeholders kampus memiliki peran dan fungsi yang sangat besar dalam aspek moral, sosial dan intelektual.
Dalam aspek moral mahasiswa dianggap sudah dewasa dalam memilih kehidupannya sendiri. Mahasiswa dalam memahami peranan dirinya dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan di Indonesia sepatutnya memiliki kerangka acuan dan penafsiran yang jelas atau lebih sering kita dengar kesadaran ideologi.
Kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan banyak dimiliki mahasiswa, dan pemikiran kritis mereka sangat didambakan masyarakat. Mereka juga motor penggerak kemajuan ketika masyarakat melakukan proses pembangunan.
Tongkat estafet peralihan suatu peradaban terletak di pundak mereka. Baik buruknya nasib umat kelak, bergantung pada kondisi pemuda dan mahasiswa sekarang ini. Mahasiswa saat ini akan menjadi garda terdepan dalam pembangunan nasional. Keberhasilan bangsa Indonesia di masa mendatang ditentukan oleh kualitas sumber daya pemuda Indonesia yang mempunyai moral dan karakter sebagai bangsa Indonesia.
‘Dimasa pandemi ini,mahasiswa/generasi muda ini harus berani mengambil peran yang strategis dalam menciptakan ide-ide kreatif agar dapat membuat lapangan kerja secara mandiri dan berguna untuk masyarakat sekitar.’ soedjani

*refeensi dari Tatang Sutisna (Ketua BEM Universitas Galuh Ciamis)

Tinggalkan Balasan